bisnis anak muda

Siapa Bilang Bisnis Anak Muda Tidak Menyenangkan? Kula Kasih Nih 6 Rekomendasi Buat ALovers!

Saat ini, banyak anak muda yang takut untuk memulai bisnis. Memulai bisnis merupakan satu tantangan berat dan terdengar menakutkan. Ide bisnis anak muda pun tidak datang dengan mudah dan kadang belum sesuai dengan keadaan maupun modal yang ALovers inginkan.

Terhitung sejak pertengahan September 2020 pemerintah mulai menerapkan kebijakan psbb Jilid II yang ditujukan untuk menekan penyebaran virus COVID-19. Namun, tidak sedikit pula karyawan yang mendapatkan imbas kehilangan pekerjaan atau dirumahkan dengan kejadian ini. 

Bagi ALovers yang sedang mengalami kebingungan tersebut, jangan khawatir! Yuk simak 6 ide kreatif bisnis anak muda dengan modal dibawah Rp1 Juta! Siapa tahu ide bisnis anak muda yang menjanjikan di bawah ini bisa ALovers jalani, meski saat ini ALovers tidak mempunyai banyak penghasilan karena di PHK.

6 Contoh Bisnis Anak Muda dengan Modal dibawah 1 Juta :

1. Preloved Barang-Barang yang Sudah Tidak Terpakai 

Punya barang dan pakaian yang sudah tidak terpakai? Atau baju dan buku-buku sekolah maupun kuliah yang sudah tidak dibaca lagi? Saatnya ALovers manfaatkan kelebihan barang-barang tersebut.

Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, ALovers dapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone ALovers, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang ALovers ke tempat jasa pengiriman.

Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak ALovers gunakan. Manfaatkan handphone ALovers untuk memotret produk ALovers dengan baik. ALovers bisa buat akun media sosial maupun situs khusus seperti carousell dan sebagainya. 

2. Jasa Dropship Barang

Dropship merupakan salah satu ide bisnis anak muda modal kecil. Bisnis dropship bisa dibilang juga bisnis tanpa modal. Dengan menjalani bisnis ini, ALovers hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Modal utama dalam usaha ini adalah kemampuan ALovers dalam memasarkan suatu produk. Namun, jenis usaha ini juga tidak boleh disepelekan.

Untuk menjadi dropshipper yang baik, ALovers harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan cermat dalam memilih supplier yang terpercaya. Dengan menguasai kemampuan tersebut, ALovers bisa terus meningkatkan reputasi ALovers sebagai dropshipper.

3. Jual Makanan dari Rumah

bisnis anak muda yang menjanjikan

Dari anak sekolah hingga pekerja, tentunya butuh yang namanya asupan makanan. Terlebih disaat work from home dan sekolah online mulai diterapkan. Semakin banyak orang yang membutuhkan asupan ketika dirumah. Namun, tak sedikit juga yang tidak sempat menyediakan makanan tersebut.

Kesempatan ini bisa ALovers manfaatkan untuk membuka bisnis aneka menu sarapan seperti bubur, nasi uduk, dan lontong sayur atau bisa kamu sediakan cemilan dan frozen food siap saji yang bisa kamu siapkan setiap harinya dirumah. Untuk tempat jual beli, ALovers cukup menata meja dan makanan di halaman rumah atau melalui social media online ALovers.

Modal untuk memulai usaha ini, untuk bahan baku makanannya sendiri bisa membutuhkan paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur ALovers sudah lengkap.

Untuk menjaga efektivitas penggunaan dana, usahakan untuk survei bahan baku dengan harga paling terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baik.

Tertarik menjalani ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini?

4. Jasa Ketik

Jika ALovers memiliki laptop dan internet yang memadai di rumah, ALovers bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan membuka jasa pengetikan. Apalagi jika tempat tinggal ALovers berada di lingkungan kampus maupun sekolah, dijamin jasa ALovers akan banyak dibutuhkan oleh murid dan mahasiswa di sekitar ALovers.

Untuk memulai bisnis ini, sangat memungkinkan untuk mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta, terutama bagi ALovers yang sudah memiliki laptop atau notebook yang memadai.

Jika ALovers belum memiliki keduanya, ALovers bisa coba survei harga laptop second atau notebook murah dengan harga dibawah Rp1 juta dan membelinya untuk memulai usaha ALovers.

5. Jasa Freelance Copy Writer 

Punya hobi menulis namun tidak punya waktu untuk aktif posting artikel blog? ALovers bisa jadikan kemampuan menulis ALovers dengan jadi penulis lepas atau freelance copy writer.

Penggunaan artikel blog atau website dalam mempromosikan bisnis yang semakin tinggi dan membuat usaha penulis lepas memiliki peluang yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini, jika ALovers sudah memiliki gadget dan internet yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan sepeserpun.

Namun, ALovers perlu memiliki keahlian menulis dan memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). Pendapatan yang akan ALovers hasilkan juga cukup menjanjikan. Untuk pembuatan artikel web, menurut institutpenulis.id, ALovers bisa mematok harga sekiranya Rp330 per kata.

6. Budidaya Bibit Tanaman

Menjual tanaman merupakan ide bisnis anak muda yang menjanjikan. Jika bisnis di atas belum ada yang cocok? Bagaimana dengan yang satu ini? Ya, tentu dengan budidaya tanaman bibit.

Budidaya bibit tanaman memiliki potensi usaha yang baik untuk dijalankan. Bibit yang bisa ALovers tanam di antaranya aneka jenis cabe, tomat, terong, dan aneka sayuran, bumbu dapur, dan jenis buah lainnya.

Modal yang ALovers butuhkan untuk usaha ini masih berkisar dalam harga 1 juta rupiah. Optimalkan modal ALovers dengan memilih bibit, pupuk, serta pot dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

Nah, itulah 6  ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal minim yang bisa ALovers coba! Selain ide bisnis kreatif dan memanfaatkan peluang dengan baik, pengetahuan dalam menyusun strategi dengan ikut serta komunitas bisnis anak muda yang menjanjikan dan ikut serta setiap webinar maupun pelatihan yang diadakannya, serta keuangan bisnis juga tidak kalah penting ALovers….