Tips Membeli Apartemen

ALovers berminat beli apartemen? Yuk Lihat 5 Tips Membeli Apartemen Singkatnya Disini!

Bagi ALovers yang tinggal di kawasan perkotaan atau bahkan pinggiran kota, memiliki hunian pribadi kerap menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Selain harganya yang sangat tinggi, ketersediaan rumah tapak juga memang terbilang sangat minim, terutama di kawasan perkotaan. Untuk mengatasi hal ini, memilih dan tips membeli apartemen tentu sangat layak untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Selain lebih nyaman, harga apartemen memang jauh lebih terjangkau, bukan?

Tips membeli apartemen saat ini, ada banyak pengembang yang menyediakan berbagai pilihan harga apartemen. Mulai dari yang standar hingga eksklusif, sehingga ALovers bisa memiliki lebih banyak pilihan. Maka pembeliannya pun tidak boleh sembarang, berbagai hal perlu dipertimbangkan dengan sangat baik dan teliti. Sebab, sebagaimana pembelian aset berharga lainnya, apartemen juga ditujukan sebagai investasi serta untung rugi investasi apartemen.

Rumah susun (rusun) atau apartemen saat ini menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan hunian dasar di kota besar. Namun kini masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan ketika memutuskan untuk membeli unit rusun atau apartemen. 

Namun bagi masyarakat yang ingin membeli satuan rumah susun (sarusun) sebaiknya memeriksa sertifikat hak atas tanah bersama. Selain itu, periksa pula izin lokasinya, sertifikat layak fungsi, termasuk izin mendirikan bangunan (IMB). Tak hanya itu, masyarakat juga perlu memeriksa sertifikat hak milik (SHM) serta periksa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) PPPSRS jika sudah terbentuk. 

Selain tips ada pula aspek perizinan dan kepemilikan pada rusun dan tips membeli apartemen , yang meliputi: Pembuatan proposal pembangunan rumah susun dan dokumen pendukungnya, serta rencana gambar dan uraian pertelaan Penerbitan Izin Lokasi atau/Izin Prinsip Penerbitan Sertifikat Hak Atas Tanah Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Penerbitan Pembangunan Fisik Penyerahan fasilitas umum dan fasilitas sosial ke Pemda (jika ada) Penerbitan Sertifikat Layak Fungsi (SLF) Pembuatan dan Pengesahan Akta Pemisahan serta gambar dan uraian pertelaan Pendaftaran Akta Pemisahan serta Gambar dan Uraian Pertelaan ke Kantor Pertanahan Penerbitan SHM Sarusun atas nama pengembang Pembuatan Akta Jual Beli PPAT Peralihan SHM Sarusun kepada pembeli.

Hal tersebut penting dilakukan, apalagi jika melakukan pembelian apartemen secara kredit dengan mengajukan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Selain pertimbangan kondisi keuangan, ada tips membeli apartemen untuk pemula yang wajib ALovers perhatikan , di antarnya:

1. Pilih Lokasi yang Strategis dan Tepat

Tips Membeli Apartemen

Lokasi yang strategis sebuah apartemen menjadi pertimbangan yang paling utama. Bila tempat tinggal dekat dengan kantor, tempat perbelanjaan dan sebagainya, tentu bisa beraktifitas dengan leluasa. Jika ternyata lokasi beberapa apartemen yang menjadi perbandingan memiliki jarak jauh ke kantor atau ke tempat lain hampir sama, pilihlah apartemen yang mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus, stasiun kereta dan sebagainya.

2. Fasilitas yang Tersedia

tips membeli aoartemen

Perhatikan juga berbagai fasilitas yang akan ALovers dapatkan dari pengembang apartemen, sehingga ALovers bisa memiliki gambaran mengenai kenyamanan ketika nanti sudah tinggal di sana. Selain itu, pastikan ALovers meluangkan waktu untuk mencari tahu mengenai fasilitas umum yang terdapat di sekitar apartemen, seperti: sekolah, klinik kesehatan atau rumah sakit, bank, dan yang lainnya. Hal ini sangat penting, demi mendukungnya segala aktivitas keseharian ALovers.

3. Keamanan

Meski akan tinggal di dalam apartemen, kondisi keamanan di sekitar lingkungan apartemen tersebut tetap perlu menjadi pertimbangan. Jangan lupa untuk mengetahui layanan keamanan yang akan ALovers dapatkan selama tinggal di apartemen, sebab hal ini akan sangat berhubungan dengan tingkat kenyamanan ALovers selama tinggal di sana. Selain layanan petugas keamanan, pada umumnya apartemen akan dilengkapi dengan CCTV yang dapat memantau kondisi keamanan dan lingkungan di sekitarnya.

4.Lahan Parkir

Lahan parkir juga menjadi hal lainnya yang tak bisa ALovers abaikan, terutama jika ALovers dan pasangan memiliki kendaraan masing-masing. Jangan sampai ALovers memilih apartemen yang tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Bukan hanya merepotkan, kondisi yang seperti ini juga akan sangat menyulitkan ALovers untuk beraktifitas selama tinggal di sana.

5. Cari Developer Terbaik

Jika semua hal di atas telah terpenuhi dengan baik, jangan lupa untuk selalu cermat dalam memilih developer. Pastikan hanya memilih developer terbaik dan telah memiliki reputasi yang jelas sejak awal. Hal ini penting, untuk menjamin keamanan transaksi pembelian apartemen yang akan dilakukan. Akulaku juga izin dan juga hal lainnya yang dianggap penting terkait dengan pembelian unit apartemen. Jangan sampai kelak ALovers mengalami berbagai masalah, hanya karena salah dalam memilih developer ini sejak awal.

Tips membeli apartemen atau rumah dengan teliti ALovers!

Membeli apartemen kerap menjadi pilihan banyak orang, termasuk ALovers yang memang mengalami kendala dalam membeli rumah petak. Luangkan waktu ALovers untuk memilih dan menemukan apartemen atau rumah terbaik

Tentunya ALovers harus lakukan dan pikirkan berbagai pertimbangan yang matang dan perhatikan tips membeli apartemen dari segala aspek, sehingga ALovers bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama tinggal di sana!