Buat Millennial, Jangan Sedih! Ayo Lihat 8 Tips Membeli Rumah Pertama dan Impian!

Di saat usia masih produktif begini, ingin rasanya memiliki rumah sebagai tempat tinggal kelak bersama keluarga. Nah Kula bakal bagiin tips membeli rumah yang harus ALovers pahami, karena mencari properti perumahan jual beli rumah baru dan rumah bekas masih dilakukan untuk orang perkotaan.

Mari berbicara sedikit tentang statistik, di tahun 2020 ini, Indonesia akan mendapatkan demografi umur paling spesial, karena 90 juta penduduk Indonesia adalah yang termasuk generasi milenial. ALovers yang berada di rentang usia 20-39 tahun dan sedang berada di usia produktif dan juga tulang punggung keuangan dan sangat membutuhkan tips membeli rumah.

Di tips membeli rumah ini, Kula akan memberikan panduan bagaimana kamu bisa memiliki rumah sendri, dan itu bukan angan-angan lagi, asal serius dikerjakan.

Monggo disimak ya, ALovers :

Tips Membeli rumah untuk Millenials Yang Ingin Memiliki Rumah Impian Dengan Cara Mudah.

  1. Rumah Yang Ingin Dibeli, Harus Sesuai Kebutuhantips membeli rumah sesuai kebutuhan

tips membeli rumah yang pertama adalah harus sesuai dengan kebutuhan. Lokasi sebuah rumah jika semakin strategis dan ukurannya besar, maka harganya bakalan mahal. Kalau ALovers memiliki budget terbatas, lebih baik pilihlah rumah kecil yang sesuai kebutuhan saja.

Apalagi buat ALovers yang belum menikah, seharusnya tidak ada masalah kalau beli rumah-rumah berukuran kecil, jika ditempati hanya buat kamu seorang dulu.

Ada tiga tipe rumah yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli, seperti rumah tipe 21 atau 36.

Sebenarnya isi sama saja, tapi tipe 36 dilengkapi satu tambahan kamar tidur. Masalah harga? Harga masih terjangkau buat millenial.

2. Carilah Biaya DP nya yang Bisa Dicicil

Nilai uang muka atau down payment (DP) rumah saat ini cukup besar juga ini salah satu batu sandungan milenial untuk memiliki rumah impian. Adanya kompetisi perang harga antar developer rumah akan memunculkan harga promo-promo “ajaib”, seperti DP dicicil hingga jangka waktu tertentu.

Program cicilan DP ini sebenarnya akan membantu ALovers yang dananya terbatas, namun harus diingat ada beberapa hal diperhatikan seperti kerugian yang akan terjadi kedepannya.

Skenarionya dalam tips membeli rumah ini, harga beli rumah yang dibeli bakalan lebih mahal, karena jumlah DP yang dicicil akan membengkak besar daripada DP yang nggak dicicil. Selain itu, ALovers gagal menyelesaikan cicilan atau KPR tidak disetujui bank, maka uang cicilan yang sudah dibayar akan hangus.

Silahkan ALovers pikirkan matang-matang dulu, dari segi finansial.

3. Pilih Tenor KPR Paling Panjang

Sudah selesai masalah DP, ALovers harus mempertimbangkan durasi jangka waktu cicilan atau biasa disebut tenor KPR yang diajukan. Jangan sampai besaran cicilannya lebih besar atau pas banget sama penghasilan bulanan kamu.

Dengan pertimbangan pendapatan millenial banyak yang masih terbatas, generasi millenial masih membayar cicilan rumah dalam jumlah kecil.

Jika sudah begini, ALovers pilih saja tenor KPR cukup panjang biar cicilannya rendah.

4. Tabung Deposito atau Emas

tips membeli rumah dengan tabungan emas

Ini sebenarnya salah satu upaya yang disarankan jika ingin membeli rumah, dan beberapa orang sudah melakukannya.

Sewaktu ingin membeli rumah, kamu harus digenjot untuk rajin menabung untuk bayar uang muka KPR yang nominalnya besar. Kalau ALovers kesulitan sulit menabung walaupun sudah membagi dua rekening bank, ada baiknya membuka tabungan berjangka, deposito atau mungkin reksadana.

Bisa juga ALovers beli emas dan disimpan untuk jadi tabungan.

Cara ini tergolong aman karena kamu sendiri tidak bisa bebas memakai uangnya. Kalau sudah mendapat rumah yang pas untuk dibayar DP, kamu cukup cairkan seketika.

5. Dikontrakkan Dahulu, Dipakai Kemudian

Masih juga mengalami kesulitan selama mencicil rumah, coba ALovers kontrakkan terlebih dahulu kepada orang lain. Jadinya kamu tidak menghuni langsung. Sembari mengumpulkan uang untuk mencukupi pembayaran DP rumah.

Cara ini memang membutuhkan kesabaran ekstra, tapi bukankah tergolong sebuah langkah jenius kalau rumah yang ALovers, ternyata menghasilkan perputaran uang, apalagi kalau dapat lebih dari biaya sewa kontrak.

6. Kurangi Jadwal Nongkrong

Salah satu hobi milenial adalah makan di luar nongkrong bersama teman-teman. Jika sudah dilakukan rutin, pengeluaran pun menjadi boros dan tidak karuan. Padahal kalau kebiasaan ini dibatasi, ALovers bisa memiliki rumah.

Bayangin aja uang yang habis buat ngumpul-ngumpul bareng teman setiap bulan, jika dikalkulasikan bisa untuk biaya membeli sebuah rumah.

Jadi kurangilah jadwal nongkrong atau makan di luar, cukup sebulan dua kali saja nongkrong bersama teman dalam menerapkan tips membeli rumah ini.

Kalau memang ingin nongkrong, bukankah ada teknologi Video Call?

7. Manfaatkan Program Privilege Pegawai Untuk Cicil Rumah

Perusahaan di Indonesia banyak yang memberikan bantuan untuk para pegawainya yang ingin membeli rumah dengan sistem cicilan KPR.

Nah.. Kula udah kasih tahu nih, coba tanyakan informasi ini di tempat kerja kamu, dan tanyakan sedetil-detilnya jika perusahaan kamu memberikan program cicilan ini.

Biasanya pegawai negeri sipil lebih mudah mendapatkan persetujuan dari pihak bank, karena gaji dan tunjangannya aman untuk cicilan rumah, atau ALovers sudah tidak sabaran ingin memiliki rumah, silahkan cari tempat kerja yang memang terkenal memberikan fasilitas KPR rumah kepada karyawannya.

8. Harus Dipastikan Sertifikat Rumah Kamu Legal.

Untuk tips membeli rumah yang satu ini, ALovers wajib waspada soalnya banyak kasus penipuan yang berkedok menjual rumah murah, yang harganya ratusan juta rupiah saja. Kejadian ini membuat kita menjadi khawatir dan sering mengurungkan niat buat beli rumah.

Kamu wajib menggali lebih dalam apakah pengembang rumah memiliki sertifikat serta izin yang legal, agar bisa menghindar dari kasus penipuan. Jangan lupa tanya rekam jejak pengembang di dunia properti apakah pernah bermasalah atau nggak.

Itu tadi delapan tips membeli rumah yang wajib dicoba buat milenial yang memiliki budget terbatas

Kula doakan jika kamu benar-benar menerapkan tips ini, kamu bisa langsung mendapatkan rumah impian serta pembayarannya lancar-lancar saja. Semoga sukses, ALovers!