buat rumahmu senyaman mungkin layaknya di surga

Saat ini di kota-kota besar seperti Jakarta, masih banyak masyarakat yang memilih dekor rumah dengan konsep minimalis. Hal ini terjadi karena ketersediaan dan yang sangat terbatas. Gak heran, kaum milenial saat ini banyak juga yang memilih untuk tinggal di apartemen dengan ukuran yang bisa dibilang ‘mungil’ karena harganya yang masih dibilang cukup terjangkau. Walaupun dengan keterbatasan lahan, bukan berarti akan membuat penghuninya tidak nyaman berada di dalam rumah, lho.

Memiliki hunian yang nyaman tidak harus memiliki rumah yang mewah kok, ALovers. Hunian minimalis pun bisa kamu buat menjadi nyaman kalau kamu pintar dalam mendekorasi ruangan. Konsep dekor rumah minimalis sepertinya bukan pekerjaan yang mudah, alias susah-susah gampang. Sebetulnya banyak banget cara buat menciptakan atau mengakali supaya rumah di lahan yang sempit menjadi luas, sehingga bisa memberikan kesan nyaman buat kamu. Tidak hanya itu, faktor kebersihan rumah juga jadi elemen penting yang gak boleh dilupain. Belum lagi isi perabotan rumah seperti furniture yang tetap harus disesuaikan dengan fungsi dan estetikanya agar tidak terlihat berantakan.

Jangan khawatir ALovers, buat kamu yang masih bingung dan mau ngisi waktu luang. Ini waktu yang pas buat dekor rumah kamu biar makin kece dan buat kamu nyaman di rumah seharian. Simak informasi tips berikut ya!

1. Warna Cat

Kamu tahu nggak sih? Warna cat rumah menjadi elemen utama yang bisa membuat rumah kamu makin nyaman lho, ALovers. Saran dari Kula, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah atau warna netral seperti putih, abu-abu muda, dan krem. Warna tersebut bisa memberikan efek cahaya ke barang furniture yang ada di dalam rumah, sekaligus memberikan kesan mewah dan juga bersih. 

Yang harus kamu tahu, saat ini ada jenis cat tembok yang memiliki formulasi cat anti noda, hal ini untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu dinding rumah kamu terkena cairan minuman berwarna yang bisa menimbulkan bekas dan bisa mengurangi kebersihan rumah.

2. Pilih Furniture yang Sederhana

Banyak furniture gak menjadi rumah kamu menjadi nyaman. Pemilihan furniture harus disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan kamu di rumah. Saat dekor rumah minimalis, pilihlah furniture yang tidak terlalu besar agar tidak memakan tempat supaya rumah kamu tidak menjadi sempit. Pilih sofa atau tempat duduk kecil  yang terlihat kakinya, jangan yang tertutup agar mudah dibersihkan dan memberikan kesan luas. Kamu bisa mencari dan melengkapi perabotan rumah yang sesuai dengan hunian minimalis di Ikea furniture. 

3. Lampu Sebagai Dekorasi Rumah

Lampu menjadi elemen penting buat rumah kamu, untuk memberikan cahaya dan menerangi ruangan agar kamu tetap bisa melakukan aktivitas di malam hari. Letakkan lampu pada sudut ruangan yang kiranya membutuhkan penerangan yang cukup. Hindari pemasangan lampu yang berlebihan, untuk menghemat listrik di rumah kamu. Selain untuk penerangan, lampu juga bisa kamu gunakan sebagai alat dekorasi. 

Pilihlah lampu gantung minimalis yang memberikan keindahan estetika dan membuat kamu makin merasa nyaman berada di rumah. Jangan lupa, usahakan memasang lampu di tempat yang sesuai agar ruangan rumah kamu bisa terlihat terang seisi ruangan.

4. Karpet Motif

Supaya rumah kamu makin kece, kamu bisa mencoba dekorasi dengan memanfaatkan motif-motif karpet yang lucu dan unik agar rumah kamu terlihat rapi. Gak lupa juga, tipsnya pilih karpet yang memiliki motif senada dengan warna cat ruangan atau nuansa interior rumah kamu. Pilihlah karpet dengan ukuran yang agak besar, tidak lupa pilih bahan yang lembut untuk menambah kenyamanan di ruang tamu maupun di ruang keluarga. 

5. Gunakan Cermin Sebagai Ilusi

Penggunaan cermin di sudut ruangan rumah minimalis bisa membantu memberikan efek rumah yang luas lho, ALovers. Pasang cermin di dinding bisa dengan vertikal ataupun horizontal. Usahakan memasang cerminnya jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak berbahaya.

6. Percantik Dengan Tanaman Hias

Gak perlu jauh-jauh keluar rumah cari cafe dan spot foto yang bagus. Saatnya kamu membuat sendiri spot foto dengan menggunakan aneka tanaman hias yang bisa kamu pajang di dalam rumah

Pilihlah tanaman yang tidak memerlukan air yang begitu banyak seperti pohon kaktus, lidah mertua, dan Epipremnum Aureum. Selain berfungsi untuk keindahan estetika, adanya tanaman di dalam rumah juga memberikan efek kesegaran dan kesejukan bagi penghuni rumah. Tidak hanya itu, tanaman juga bisa membuat kesan lebih hidup dan tidak gersang.

7. Pajang Lukisan dan Aksesoris Dinding

Biar tampilan dinding rumah kamu tidak terlihat polos dan kurang menarik. Kamu bisa menambahkan lukisan atau foto di dinding rumah kamu, ALovers. Sebelum memilih lukisan yang ingin dipajang, pastikan antara warna dinding dan lukisan memiliki tema yang sama agar terlihat keserasiannya. Pilihlah foto atau lukisan menggunakan bingkai atau frame yang unik supaya tampilannya tidak terkesan monoton. Selain dengan lukisan atau foto, kamu bisa menggunakan aksesoris dinding lainnya yang bisa menambah keindahan dan kecantikan ruang di rumah kamu.

Adanya ambalan di ruangan bisa digunakan untuk menyimpan barang atau memajang aneka benda seperti miniatur action figure ataupun buku agar bisa lebih menghemat tempat. Tidak hanya itu, biar rumah makin kece dan kekinian, Kula saranin kamu bisa menggunakan pajangan quotes atau kata-kata motivasi yang biasa dijual dengan bentuk poster kayu. 

Gimana ALovers? Kurang lebih, itulah beberapa informasi yang bisa Kula berikan mengenai dekor rumah untuk kamu dan bisa kamu praktekkan juga supaya rumah kamu makin kece dan nyaman.