Buat Yang Belajar Masak, Beberapa Peralatan Ini Wajib Ada Di Dapur Kamu.

Ternyata Kula sadar akan satu hal, kalau masakan kita mau rasanya enak banget, kita wajib punya peralatan dapur yang lengkap dan tepat.

Kegiatan memasak itu sangat menyenangkan buat yang bisa melakukannya, ini semacam kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti menggoreng, merebus bahkan memanggang makanan. Dari tingkat kesulitannya ada yang mudah hingga sulit, tentu saja kegiatan masak memasak ini kamu wajib punya peralatan dapur lebih dari satu.

Buat ALovers yang punya hobi masak, Kula yakin peralatan dapur kamu pasti sudah lengkap di lemari, tapi di artikel ini, Kula mau mengajak ALovers yang masih pemula untuk mengenal lebih dalam apa-apa saja peralatan yang wajib ada di dapur kamu, pas banget buat ALovers yang baru saja pindah ke kosan atau rumah sendiri, yang masih bingung mau isi apa di lemari dapurnya.

Jadi langsung saja yuk, daftar alat masak yang udah Kula siapin buat kamu! 

1. Kamu Harus Memiliki Kompor

Pastinya ya kalau memasak di dapur, ALovers wajib punya satu set kompor terlebih dahulu. Kalau nggak ada kompor? Tentu kamu bakal kesulitan untuk meracik suatu makanan. 

Jangan lupa setelah membeli kompor, kamu juga wajib membeli tabung gas supaya bisa digunakan, tetapi jika ingin memakai kompor listrik, kamu wajib menyiapkan daya listrik yang cukup besar di kosan atau rumah kamu. Buat kamu yang ingin membeli kompor dalam waktu dekat ini, silahkan cek pilihannya di aplikasi Akulaku, harganya murah dan terjangkau! Kualitasnya? Pastinya bagus dong.

2. Gunakan Panci Dan Wajan Buat Masak

Ketika ALovers sudah memiliki kompor, peralatan masak yang wajib ada berikutnya adalah panci dan wajan, dengan wajan yang berfungsi memasak dan menumis racikan masakan dan panci yang bisa digunakan buat merebus air hingga buat sup. Jangan lupa kalau beli wajan, pilih yang anti lengket, agar saat memasak bahan makanan tertentu, tidak sulit untuk dibersihkan.

3. Bakalan Susah Sih Kalau Nggak Ada Spatula atau Sutil

Peralatan yang satu ini wajib banget ada di dapur ALovers sekalian. Soalnya kalau nggak ada spatula atau sutil buat masak, kamu bakalan bingung mau pakai apa buat mengaduk masakan, nggak mungkin dong pakai doa hahaha 😀

Jika ingin membeli spatula atau sutil, pilih yang memiliki kualitas bagus dan tidak mudah patah. Kalau salah-salah beli, katanya bisa menyebabkan kanker loh, ALovers.

4. Beli Pisau dan Talenan Untuk Memotong Bahan Makanan

Dengan bahan-bahan makanan seperti sayur, daging dan lainnya, ALovers pasti membutuhkan pisau untuk memotong dan talenan sebagai wadahnya. Kamu jangan lupa untuk rajin-rajin membersihkan pisau biar tidak berkarat, dan diasah supaya tidak tumpul.

5. Jangan Lupa Beli Baskom

Kalau mau merebus buat mie atau bihun atau cuci sayuran, ALovers wajib punya baskom yang kualitas bagus dan nggak bakal pecah kalau misalnya tidak sengaja terjatuh. Pastinya ALovers nggak akan repot lagi buat siapin bahan-bahan makanan.

6. Wajib Punya Ulekan Kalau Mau Buat Sambal

Makanan khas Indonesia ini banyak ragamnya, tetapi apapun makanannya, wajib ada sambal sebagai “teman” lauk saat makan, karena rata-rata orang Indonesia, suka dengan cita rasa yang pedas. Nah.. Kalau ALovers suka dengan sambal tradisional, kamu bakal butuh yang namanya tatanan ulekan dari batu untuk menghaluskan cabai, yang kemudian diproses menjadi sambal.

7. Alat Parut Buat Memotong Makanan Kecil

Buat kamu yang mau masak Spaghetti, Lasagna atau masakan yang membutuhkan bahan keju batangan, ALovers pasti wajib memiliki alat parutan untuk memotong hingga ukuran paling kecil. Soalnya, kalau memakai pisau sekalipun, salah-salah tangan bisa luka dan bakal memakan waktu yang lama.

Jadi sangat dianjurkan memiliki alat parutan kalau ingin memproses bahan makanan sampai ke ukuran kecil sekalipun dalam jumlah banyak.

8. Masak Nasi Nggak Pakai Lama? Beli Rice Cooker

Jaman dahulu, kalau mau memasak nasi pasti memakai baskom atau wadah yang besar dengan cara merebus dan dipindahkan ke alat pengukus. Sekarang ALovers nggak perlu melakukan itu lagi, cukup beli rice cooker berkualitas baik, nggak sampai satu jam, nasi pun sudah matang.

Prosesnya sangat mudah kok, dengan bermodal googling, ALovers pasti bisa. Cukup mencuci beras hingga bersih kemudian nyalakan tombol masak. 

Jangan lupa kalau mau beli Rice Cooker, pilih lah yang sesuai dengan daya listrik tempat tinggal kamu saat ini

9. Masih Suka Bingung Buat Kadar Bahan Makanan? Pakai Timbangan.

Memiliki timbangan saat memasak sebenarnya nggak perlu-perlu amat untuk melengkapi peralatan dapur, tetapi Kula tetap memasukkan agar membantu para pemasak pemula agar menghitung takaran yang tepat buat bahan makanan saat memasak. Jika sudah memiliki timbangan, ALovers pasti serasa chef profesional.

10. Jika Memiliki Dana Yang Cukup, Mengapa Tidak Coba Membeli Mesin Cuci Piring Otomatis?

Setelah membeli semua peralatan yang sudah Kula sebutkan diatas, ternyata ALovers masih menyediakan uang yang terbilang masih banyak. Kalau tidak ada halangan atau hambatan, mungkin kamu bisa membeli mesin cuci piring otomatis.

Mesin dan alat dapur yang terbilang masih jarang ada di kebanyakan dapur orang Indonesia ini, sebenarnya memberikan efisiensi loh.. Kamu bakal banyak menghemat waktu untuk membersihkan piring dari jenis kotoran manapun. ALovers cukup memasukkan piring atau mangkok ke dalam mesin, tekan tombol cuci, bilas, keringkan dan Voila! Piring nya sudah bersih dan bisa dipakai kembali.

Nah.. Bagaimana, ALovers? Kula udah ngasih tahu 10 peralatan dapur yang wajib atau bisa kamu tambahkan sebagai salah satu penunjang kamu untuk memasak makanan yang lezat. 

Semoga rekomendasi dari Kula bermanfaat dan jangan lupa bagiin sedikit buat Kula ya kalau masakan kamu sudah jadi. Kula yakin pasti rasanya enak!