biaya gedung pernikahan

Yuk ALovers Mulai Nabung dari Sekarang Untuk Biaya Gedung Pernikahan! Intip 7 Rekomendasi Gedung Di Jakarta

Ketika ALovers memutuskan untuk menggelar resepsi pernikahan di gedung, artinya kita sudah siap akan biaya gedung pernikahan lebih yang harus dikeluarkan serta rencana untuk tempat tinggal kedepan. Supaya biaya tak membengkak, pilih gedung yang harga sewanya sesuai bujet.

Dalam melakukan ”persiapan pernikahan” memilih venue atau tempat pernikahan adalah hal yang harus dilakukan calon pengantin dari jauh-jauh hari. Sebab, beberapa gedung pernikahan terutama yang terletak di pusat kota seperti Jakarta, sudah penuh dipesan hingga setahun ke depan oleh calon pengantin lain. Bahkan masih banyak yang harus masuk ke dalam daftar antrian untuk bisa memesan tempat.

Biasanya pihak pengelola gedung akan mendahulukan orang yang paling cepat memberi uang tanda jadi. Semakin lama kita mengambil keputusan soal tempat resepsi, terkait biaya resepsi dan biaya gedung pernikahan maka akan semakin terbatas juga pilihan yang tersedia.

Agar bisa menemukan tempat resepsi sesuai keinginan, berikut referensi serta estimasi biaya pernikahan di gedung dan paket pernikahan di Jakarta. Dari gedung pemerintah, hingga hotel bintang lima, mulai yang termurah hingga termahal.

biaya gedung pernikahan

Rincian biaya gedung pernikahan dan aula dengan harga sewa di bawah Rp50 juta

Ternyata masih banyak biaya gedung pernikahan di Jakarta yang menawarkan tarif sewa terjangkau bahkan di bawah Rp 50 juta. Berikut  beberapa informasi yang sudah Kula dapatkan.

1. Gedung Departemen Pertanian

Gedung Departemen Pertanian jadi salah satu gedung pernikahan favorit di Jakarta Selatan. Bukan hanya bisa menampung tamu undangan dalam kapasitas besar hingga 2000 orang, harga sewa Gedung Deptan juga tergolong murah yaitu hanya sekitar Rp20 juta.

Kalau tak mau didahului calon pengantin lain, sebaiknya lakukan pemesanan gedung setahun sebelum tanggal pernikahan jika mau mengadakan resepsi di sini.

2. Gedung Graha Elnusa

Gedung Graha Elnusa yang terletak di Jalan TB. Simatupang ini juga banyak diincar oleh calon pengantin. Lokasinya yang strategis akan memudahkan akses tamu undangan menuju lokasi pernikahan. Dengan harga sewa sebesar Rp30 juta, gedung ini bisa menampung hingga 800 tamu undangan.

3. Gedung Departemen Sosial

Bergeser ke pusat Jakarta, terdapat pula Gedung Departemen Sosial yang memiliki area parkir sangat luas. Kapasitas Gedung Depsos bisa menampung hingga 2000 orang. Harga sewanya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp25 juta. Tapi, siap-siap bersaing dengan calon pengantin lain karena gedung ini hampir selalu fully booked setiap tahunnya.

4. Aula Sudirman Makodam Jaya

Berlokasi di Cawang UKI, gedung Makodam Jaya menjadi favorit banyak calon pengantin yang bertempat tinggal di Jakarta Timur. Selain letaknya yang strategis, harga sewanya pun tak menghabiskan tabungan. Siapkan kocek Rp20 juta jika resepsi diadakan di siang hari, dan Rp 25 juta untuk resepsi malam hari. Gedung ini bisa menampung hingga 1000 tamu undangan.

5. Azilla Villa

Bagi calon pengantin yang mendambakan konsep pernikahan semi-outdoor, gedung pernikahan yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur ini bisa jadi pilihan. Tak hanya berbentuk aula seperti gedung kebanyakan, Azilla Villa juga memiliki kolam renang dan kebun yang cukup lebar, cocok untuk pengantin yang ingin lebih dekat dengan tamu undangan.

Gedung ini memang ditujukan untuk biaya gedung pernikahan yang intim. Sebab, kapasitas tamu undangan yang bisa ditampung hanya sekitar 400 orang. Harga sewa gedung pernikahan ini mulai dari Rp25 juta.

Mungkin beberapa dari kita tidak begitu familiar dengan nama-nama gedung serbaguna di atas. Beberapa calon pengantin pasti ingin menggelar pernikahan di gedung yang lebih intim.

Selain karena lokasi yang strategis, hampir semua orang tahu akan keberadaan gedung tersebut sehingga tamu undangan tak akan kepusingan lagi saat mencari lokasi. Memang kocek yang diperlukan akan lebih besar. Namun jika bujet mencukupi, berikut gedung pernikahan populer yang bisa dipilih.

6. Sasana Kriya Taman Mini

Terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, tempat ini cocok untuk resepsi pernikahan dengan jumlah tamu undangan yang banyak. Selain aula yang besar, lahan parkirnya pun sangat luas.

Sasana Kriya memiliki tiga gedung dengan kapasitas berbeda-beda, mulai dari 800 hingga 3000 orang. Khusus untuk menyewa gedung saja, Sasana Kriya mematok harga mulai dari Rp35 juta.

7. Gedung Arsip Nasional RI

Sejak konsep garden party diganderungi oleh pasangan muda, biaya gedung pernikahan ini menjadi salah satu pilihan favorit calon pengantin yang mau mengadakan pernikahan dengan konsep pernikahan outdoor dan indoor. 

Uniknya, selain memiliki kebun yang bisa menampung sekitar 1.500 orang, terdapat pula area indoor yang bisa menampung hingga 500 orang. Jadi, gedung ini adalah pilihan aman untuk mengantisipasi terjadinya hujan di resepsi pernikahan kita.

Sebenarnya, harga sewa gedung ini dimulai dari Rp 35 juta. Namun sayangnya kita hanya boleh menggunakan vendor rekanan gedung sehingga biaya paket yang dibayarkan sudah termasuk biaya catering. Paket yang ditawarkan mulai dari Rp 95 juta untuk 500 orang.

Nah itu dia beberapa rekomendasi biaya gedung pernikahan yang terjangkau bagi pasangan kaula muda yang sedang merintis harus menghitung total biaya pernikahan di gedung, keseluruhan vendor yang dibutuhkan bahkan sampai biaya bulan madu! Selain itu terdapat paket biaya gedung pernikahan di Jakarta yang disediakan oleh Weeding Organizer dan Event Organizer yang handal dan terpercaya! Yuk cek disini ALovers.