Cara Mengelola Uang

Yuk, Perhatikan 8 Cara Mengelola Uang Agar Dapat Berkembang ALovers !

Biasanya Kebanyakan orang akan menghabiskan uang yang dihasilkan secara foya-foya pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat akhir bulan dengan cara mengelola uang gaji. Di saat akhir bulan, pengeluaran akan berusaha sangat di hemat karena uang gaji yang diterima mungkin sudah habis saat berada di masa akhir bulan.

Sebelumnya apakah ALovers mengalami hal yang sama dalam cara mengelola uang ? Jika ya, tentunya hal itu sangat tidak nyaman-kan? ALovers harus menunggu sampai awal bulan jika ingin melakukan sesuatu, dengan alasan karena ALovers tidak memiliki uang lagi.

Pastinya, ALovers tentu tidak ingin terus-menerus merasakan hal seperti ini. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, berikut adalah 8 Cara mengelola uang agar berkembang yang akan membuat ALovers tidak pernah merasa kehabisan uang:

1. Mencatat pendapatan dan pengeluaran

Sering kali kita tak peduli dengan pengeluaran. Pergi ke mana saja gaji sebulan kita? Melacak pendapatan dan pengeluaran bisa dilakukan dengan membuat pembukuan sederhana.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, sehabis gajian selalu bikin pos-pos pengeluaran. Daftar pengeluaran ini harus dipatuhi agar tidak kelimpungan menjelang akhir bulan.

Dalam satu bulan, buat list apa saja pengeluaran rutin bulananmu. Mulai dari kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, dan tempat tinggal. Kemudian, pembayaran rutin bulanan seperti asuransi kesehatan dan angsuran.

Jika sudah dikelompokkan, kita bisa melihat pengeluaran per kategori setiap minggu hingga setiap bulannya. Dengan begitu, kita bisa melihat pos pengeluaran yang melebihi budget. 

Hal ini tentu memudahkan ALovers dalam mengatur keuangan secara rutin. 

2. Rajin menabung sebagai perwujudan cara mengatur keuangan

Kebiasaan menabung memang perlu dipupuk sejak dini. Tapi, tak ada kata terlambat untuk ALovers yang tidak terbiasa melakukan bagaimana cara mengelola uang dengan baik.

Sisihkan 20 persen dari gajimu untuk menabung dan berinvestasi. Tabungan penting dimiliki untuk dana cadangan atau dana masa depan.

Namun, yang harus dicatat, bunga yang diberikan bank untuk tabungan terbilang kecil. Misalnya, ALovers harus punya tabungan minimal sebesar Rp25 juta.

Itu berarti selama ALovers menabung ke angka Rp25 juta, nilainya tergerus setiap bulannya untuk bayar biaya administrasi.

3. Cara mengelola uang dengan berinvestasi

Berpikir panjang, dan ke depan. Menginvestasikan danamu itu termasuk contoh berpikir panjang. Artinya, dengan berinvestasi, ALovers sedang menyiapkan masa depanmu.

Selain menabung uang, berinvestasi lah di saham, emas, obligasi, atau reksa dana. Dengan berinvestasi di saham, ALovers bisa dapat return hingga 20 persen setahun. Jauh lebih besar daripada investasi di deposito.

4. Cara mengelola uang lainnya ialah bijak memanfaatkan KTA online

Menggunakan KTA Online sama saja berutang yang dikenakan bunga. Kalau dibiarkan terus, gak menutup kemungkinan bisa gagal bayar nanti yang ujung-ujungnya terlilit utang.

Kalau digunakan dengan bijak, KTA Online justru memudahkan hidup. Belanja bulanan dan beli tiket bakal lebih mudah. Tak jarang KTA Online yang menawarkan promo, point rewards, dan cash back.

Menyeleksi kebutuhan yang bakal dibelanjakan dengan KTA Online penting dilakukan. Misalnya, ALovers pengin beli smartphone karena smartphone yang sekarang sudah gak bisa buat WhatsApp lagi.

Agar gak terlalu membebani bujet pengeluaran, lebih baik pembelian smartphone dilakukan dengan cicilan KTA Online. Biar hemat, pilihlah merchant yang menawarkan cicilan bunga 0 persen. Terus hindari pembayaran minimum agar bunganya tetap 0 persen.

Intinya, gunakan KTA Online buat hal-hal yang benar-benar dibutuhkan kalau pengin jadi orang kaya. Bukan pakai KTA Online untuk tujuan konsumtif semata.

5. Cara mengelola uang dengan memanfaatkan internet

Sudah nggak zaman mengantre di bank cuma untuk transfer, membayar tagihan ini itu, atau membayar online shop. Kini waktunya untuk memanfaatkan e-banking.

Apalagi, kalau kita mau membandingkan dan mengajukan produk perbankan kayak kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan motor, KTA Online, dan lainnya.

Dengan internet, ALovers sudah tak perlu keliling bank cuma untuk mencari informasi. Kemudahan era digital ini pun menjadi bagian dari cara mengelola uang untuk membuat masa depan cerah.

6. Cara mengelola uang dengan rajin cek tagihan

Terbiasa mengecek tagihan yang menjadi pengeluaran rutin wajib dibayarkan tepat waktu, sangat penting dilakukan.

Mulai dari struk belanja, sampai tagihan KTA Online. Hal ini penting dilakukan agar kita tidak menemukan biaya siluman di situ.

Jangan ragu untuk selalu mengecek dan mengawasi tagihan-tagihan tersebut. Selain itu, biasakan untuk selalu membayar tagihan-tagihan tersebut tepat waktu untuk menghindari denda yang justru akan menambah jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

7. Bayar utang secara rutin

Jika ALovers punya utang atau cicilan yang harus dibayar setiap bulan, jangan pernah menundanya. Menunda membayar utang hingga lewat jatuh tempo hanya akan membuatmu dikenakan bunga tambahan. Akibatnya, beban utang pun akan semakin berat.

Bagi ALovers yang punya beberapa utang di institusi keuangan yang berbeda, ALovers perlu pintar-pintar mengaturnya. Buatlah daftar nominal cicilan dan besaran bunganya.

Setelah itu, pilih utang dengan bunga tertinggi untuk dilunasi terlebih dahulu.

Sebelum berutang, ALovers juga bisa memilih cicilan dengan bunga nol persen agar beban bulananmu menjadi lebih ringan.

8. Cara mengelola uang dengan selalu pasang target

Ada prinsip dalam hidup, yaitu let it flow. Prinsip ini tak ada salahnya. Tapi, memasang target dalam hidup bakal jauh lebih baik. Misalnya, saat menginjak usia 30 tahun harus sudah punya rumah. Usia 35 tahun harus punya usaha sendiri.

Hanya saja, jangan cuma pasang target kosong. Pegang teguh target itu, dan berusaha memenuhinya.

Nah itulah pilihan bagi ALovers, jika ALovers ingin menikmati hidup, dan tidak ingin merasa kesusahan karena harus berhemat maka cara lain yang dapat ALovers lakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan dengan cara mengelola uang bulanan.

Semakin besar penghasilan yang ALovers dapatkan, semakin besar pula uang yang dapat ALovers nikmati dalam memenuhi biaya hidup.

Untuk mencari penghasilan tambahan, biasanya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari mencari pekerjaan tambahan, membuka bisnis, berjualan online, maupun berinvestasi.

Tetap semangat ALovers! Dan pilihlah cara mengalola uang yang tepat akan membuat ALovers tidak pernah merasa kehabisan uang. Terlebih jika ALovers sudah berkeluarga, tentu berbeda pula cara mengelola uang dalam rumah tangga