Pernikahan

Berencana Untuk Menikah, ALovers? Cek Dulu Estimasi Biaya Pernikahan Di Sini.

Berencana menikah dengan sang kekasih adalah rencana mulia, tetapi ALovers wajib tahu biaya pernikahan kalian nanti

Membahas biaya pernikahan kepada pasangan dan keluarga kedua belah pihak adalah hal terpenting yang perlu dipersiapkan sebelum mengikat janji di pelaminan. Kula berani jamin nih, kamu memerlukan budget yang mencukupi, rincian teliti dan perkiraan akurat. Pasti kamu nggak bakal pingin kan buang-buang uang terlalu banyak di hari pernikahan nanti?

Teruntuk ALovers yang memiliki plan menikah di tahun ini atau tahun depan dengan sang kekasih, ada baiknya kamu menghitung dan mempersiapkan berapa banyak biaya pernikahan yang wajib dibayar. Yuk kita kulik bareng bagaimana mengatur budget biaya pernikahan dengan bijak dan tepat sasaran.

Yang Wajib Kamu Keluarkan

1. Biaya Administrasi & Daftar Pernikahan

Sebelum menikah, kamu wajib mempersiapkan administrasi pendaftaran pernikahan. Buat ALovers beragama islam, yang wajib diurus pertama kali adalah biaya pendaftaran pernikahan di kantor urusan agama (KUA) di tempat kamu melangsungkan pernikahan. Ini juga berlaku pada pernikahan beda agama dan keyakinan. Datangi dulu Kantor Catatan Sipil buat pendaftaran pernikahan ini dan jika tidak, kamu dianggap tidak sah sebagai suami – istri oleh negara. Wah.. Wajib diikuti nih tips pernikahan jitu ini, ALovers.

 2. Biaya Sewa Gedung

Setelah mengurus persiapan pendaftaran sewa gedung untuk pernikahan, ALovers mungkin bisa mempersiapkan biaya sewa gedung, jika memungkinkan memiliki budget untuk sewa gedung di hari penikahan. ALovers termasuk orang yang mampu dan memiliki budget cukup banyak, kamu bisa sewa gedung yang bisa memuat banyak seperti aula serbaguna, konferensi hingga aula masjid. 

Bisa juga melangsungkan pernikahan di lapangan atau taman yang bertema outdoor, tetapi kamu wajib waspada dulu, apakah sedang musim hujan atau tidak.

3. Biaya Prasmanan atau Katering

biaya catering dalam pernikahan

ALovers mungkin belum tahu kalau biaya makanan untuk pernikahan biasanya paling terbesar, dan kamu wajib mencari tahu usaha katering terbaik dan berkualitas untuk pesta pernikahan nanti (Untuk ALovers yang menggunakan jasa wedding organizer, mereka ada menawarkan paket katering biasanya). 

ALovers bisa juga menentukan jenis menu dan banyaknya tamu supaya bisa memperkirakan biaya katering pernikahan dengan tepat. Jika dirasa kamu memiliki kenalan yang bisa meracik makanan banyak dan enak, bisa juga menyewa tukang masak buat penyajian makanan hidangan pernikahan kamu nanti, bedanya disini kamu wajib mengeluarkan budget bahan-bahan makanan yang buat dimasak nanti.

4. Biaya Rias dan Make Up Artist

Estimasi biaya sewa atau beli gaun, beserta makeup buat pengantin juga tidak kalah penting di pernikahan. Carilah Make-Up Artist yang berkualitas bagus untuk hari sakral pernikahanmu nanti. Bisa lain juga ceritanya kalau pernikahan kamu menggunakan prosesi adat.

Sudah tersedia juga paket rias pengantin atau make up yang juga memberikan gaun mempelai pria dan wanita. Tergantung ALovers memilih mana yang lebih menghemat pengeluaran kamu dan pasangan.

5. Biaya Dokumentasi

biaya dokumentasi pernikahan
biaya dokumentasi pernikahan

Tidak sreg rasanya kalau pernikahan tidak ada jasa foto dan video, ini bisa masuk ke dalam perencanaan biaya pernikahan kamu nanti, jika seorang penyedia jasa dokumentasi pernikahan memiliki portofolio yang bagus, bakalan semakin tinggi lah harga sewa nya. Jadi ALovers menambah budget untuk yang satu ini.

6. Biaya Dekorasi

biaya dekorasi pernikahan
biaya dekorasi pernikahan

Perlu juga dong seseorang yang bisa mendekorasi ruangan pernikahan kamu nanti. Sudah terbayangkah bagaimana konsed dekorasi yang akan ditampilkan nanti? Biasanya jika kamu menyewa jasa wedding organizer, mereka akan membantu proses pra-produksi hingga acara selesai untuk dekorasi pernikahan, tentu ini dibantu oleh lokasi gedung yang kamu pilih, sehingga mereka bisa menyesuaikan dekorasi apa nantinya kamu inginkan ALovers.

7. Biaya Seragam Bridesmaid dan Seragam Keluarga

Untuk yang satu ini, sifatnya tidaklah terlalu wajib. ALovers bisa membicarakan kepada orang tua kedua belah pihak, apakah perlu dibuatkan baju keluarga seperti seragam atau bridesmaid dan groomsmen dalam pernikahan. Jika kamu memiliki budget yang mencukupi, silahkan dibuat. Namun jika dirasa bersifat boros, lebih baik tidak usah pusing dengan pernikahan. 

Bagaimana, ALovers? Setidaknya kamu sudah bisa menentukan sikap soal biaya pernikahan kamu nanti. Untuk suasana seperti ini, terutama masa pandemi. Ada baiknya tidak usah melangsungkan pernikahan yang meriah, dan lebih baik pesta dan undangannya terbatas dan tidak usah terlalu ramai namun berkesan. 

Demikianlah penjabaran biaya pernikahan dari Kula, buat kamu yang bakalan melangsungkan pernikahan, Kula doakan semoga lancar terus dan dimudahkan jalannya untuk membina rumah tangga atau ALovers bisa mengajukan dana pinjaman untuk tetap bisa melaksanakan pesta pernikahan di sini