Work From Home

Work From Home jadi Makin Produktif dan Semangat, Karena 7 Tips Ampuh ini!

Terhitung sejak akhir Maret 2020 kemarin, Pemerintah sudah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) alias kerja dari rumah kepada semua lapisan masyarakat. Kebijakan yang dirilis bersamaan dengan PSBB ini ditujukan menekan penyebaran virus COVID-19 (Corona).

Kebijakan Work From Home ini sudah banyak diberlakukan pada rata-rata perusahaan atau instansi pemerintah, agar tetap bisa menggerakkan roda bisnis dan kebijakan perusahaan, walaupun terjadi pergeseran makna, kalau pekerjaan kantor akan menjadi salah satu kewajiban di rumah, walaupun hanya sementara saja, ALovers.

Tetapi, ALovers. Setelah Kula teliti lebih dalam, bekerja di rumah itu tidak membuat semua orang nyaman dan sebagian merasa risih karena biasanya berada di rumah kamu berkonsentrasi untuk melakukan kegiatan menyenangkan, seperti bermain game atau rebahan, kali ini kamu harus kerja selama 8 jam dengan peraturan kantor dan jika ini berlangsung lama, tentu ALovers akan merasa bosan to the max.

Sejatinya salah satu definisi kerja itu kamu mengeluarkan sesuatu, bisa jasa atau bakat untuk sebuah instansi atau orang sebagai profesi untuk mendapatkan penghasilan yang banyak, kerja juga harus menyenangkan dan tidak ada gangguan untuk mendapatkan penghasilan yang banyak. 

Untuk mendapatkan mood yang baik, yang akan diikuti meningkatnya produktivitas dan terjaga, Kula udah siapin tips-tips Work From Home yang wajib banget kamu terapin, siapa tahu di tengah masa pandemi ini, kamu mendapatkan kenaikan jabatan atau naik gaji. 

Silahkan disimak tips-nya, ALovers.

1. Sebelum bekerja, ada baiknya mandi dulu

Saat memulai pekerjaan, ALovers wajib mengondisikan tubuh dalam keadaan segar dan pikiran fresh, salah satunya kamu wajib mandi sebelum bekerja. Jangan lupa gunakan baju kerja yang nyaman, buatlah ALovers seperti pergi ke tempat kerja

2. Sarapan dahulu, kerja kemudian.

Terkecuali untuk ALovers yang sedang berpuasa, kamu harus menyantap sarapan bergizi dulu untuk menjalankan work from home. Sarapan bergizi disini seperti roti lapis, buah-buahan atau bubur oats, jangan langsung makan makanan berat seperti nasi warteg atau nasi padang.

Jangan lupa juga minum susu dan air putih yang banyak, dengan begitu kamu sudah menyimpan nutrisi cukup untuk memulai pekerjaan sebanyak mungkin.

3. Buat suasana nyaman untuk meja kerja kamu

Produktif artinya kamu akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, salah satu faktor agar tetap produktif saat bekerja adalah meja kerja nyaman dan tentram saat kerja di rumah, jadi segera rapikan atau tata sebaik mungkin meja kerja buat kerja dari rumah. Tujuannya supaya ALovers tidak bosan kerja. Tidak lupa juga gunakan aksesoris penunjang, seperti menggunakan kursi kerja yang empuk, dan jika kamu bekerja duduk lesehan? Usahakan menggunakan alas untuk duduk, agar pantat tidak sakit.

Biar suasana ramai, kamu bisa memainkan musik-musik penyemangat untuk bekerja, supaya hasil maksimal, koneksikan dengan speaker bluetooth. Dijamin kamu pasti nggak mau rebahan!

4. Apakah Laptop Kamu Berjalan Dengan Baik?

Coba cek kembali laptop kamu buat kerja, pastiin dulu kinerjanya normal dan tidak ada gangguan/kendala. Jangan mencampurkan laptop pribadi dengan laptop punya kantor, ALovers. Akan sangat ribet kita kamu mau menyimpan dokumen atau pekerjaan, malah tercampur aduk dengan file pribadi.

Jika ALovers yang pekerjaannya menggunakan komputer desktop, mintalah izin kepada orang kantor untuk membawa komputer atau CPU untuk dibawa ke rumah, jika kamu tidak memiliki laptop atau komputer pribadi di rumah.

5. Buat Target Supaya Tidak Bablas Bekerja

Ada sebuah pengalaman unik nih, ALovers. Salah satu teman Kula bekerja seperti biasa saat WFH, namun karena tidak beraturan dan kelabakan, akhirnya dia bekerja tidak maksimal, dan karena tidak terjadwal, dia menjadi malas-malasan dan pusing. 

Ini tidak bisa dibiarkan ya, ALovers. Untuk sistem Work From Home ini, kamu wajib mencatat target pekerjaan apa yang ingin diselesaikan hari itu, jangan langsung melahap semua pekerjaan yang diberikan.

Sekedar saran juga, kamu boleh banget loh memberitahu atasan kamu bahwa di atas jam 6 atau 7, kamu sudah tidak bisa diganggu lagi. ALovers wajib menjunjung tinggi profesionalitas, sekalipun sedang bekerja di rumah.

6. Jangan Lupa Sapa Teman Kantor mu.

Hal yang paling dirindukan selama work from home, adalah teman-teman di kantor. Nah.. sebelum memulai kerja, berkomunikasilah kepada rekan kerja, karena komunikasi akan menjadi suatu hal yang penting untuk produktivitas work from home. 

Jadi saran Kula, aturlah pertemuan tatap muka melalui conference video sebelum memulai kerja, bisa melalui Zoom atau Skype, kemudian diskusi atau ngobrol tentang kejadian apa yang sedang hangat atau bercanda ringan pada teman. Pasti kamu jadi lebih semangat untuk bekerja di rumah.

7. Bawa Diri Kamu Untuk Tidak Seperti Terisolasi

Masa Pandemi memang membuat semua orang merasa hampa, kesepian dan terisolasi karena tidak boleh pergi jauh-jauh. Memang menyebalkan situasi ini, tapi ALovers harus sadar ini dilakukan biar penyebaran virus Corona cepat selesai, agar tidak merasa bosan, ALovers mungkin bisa keluar dari kamar atau ruang kerja, untuk menyapa orang-orang rumah. Jika kamu anak kost, sapalah teman kamar sebelah mu.

Jika sudah sore, ALovers bisa melakukan workout atau olahraga ringan menggunakan treadmill yang bisa kamu cicil menggunakan salah satu aplikasi cicilan online untuk melepaskan perasaan stres, dengan begitu kamu tetap bahagia saat kerja di rumah. 

Bagaimana, ALovers? Tertarik kan mencoba tips produktif work from home dari Akulaku? Kula berharap kamu tetap merasa bahagia dan produktif saat masa-masa pandemi ini, semoga tips ini berguna buat kamu, dan tak lupa juga work from home itu tanggung jawab pekerjaan, jangan malas-malasan dengan memanfaatkan waktu luang untuk tidur siang.

Langsung dipraktekkan ya, ALovers!