listrik mahal

Tagihan Listrik Mahal? Cari Tahu Penyebabnya Biar Tidak Boros.

Beberapa bulan ini, selama Work From Home (WFH) tentunya, kita semua dikagetkan dengan tagihan listrik mahal. Padahal saat ini masyarakat Indonesia pasti sangat membutuhkan pasokan listrik sebagai kebutuhan dasar mempermudah aktivitas sehari-hari, tetapi kita semua suka lalai atau kaget saat melihat tagihan bulan ini mengapa jadi mahal banget.

Maka dari itu, ALovers, sebagai pengguna listrik, harus paham dulu faktor apa saja yang membuat tagihan listrik bulan ini dan kedepannya, di rumah, menjadi mahal.

Beberapa Faktor Kecil Mengapa Tagihan Listrik Mahal!

1. Lupa Mencabut Colokan Listrik

Kula yakin banget ini kebiasaan ALovers yang membiarkan colokan listrik masih tersambung, padahal tidak dipakai. Kamu harus tahu nih colokan alat elektronik seperti charger atau kabel apapun yang masih tertancap di stop kontak, bakal masih menyedot daya listrik

Rugi banget, kan? Ayo langsung cek setiap sudut rumah kamu apakah masih ada yang tertancap apa tidak, jika ada, langsung cabut semua colokan benda elektroniknya jika tidak digunakan lagi.

Terkesan sepele, tapi ini akan berefek besar buat tagihan listrik kamu dan bikin tagihan listrik ALovers menjadi tagihan Listrik mahal.

2. Pakai Lampu Di Siang Hari

Beberapa kebiasaan orang Indonesia yang membuat tagihan listrik mahal lainya adalah saat berada dirumah banyak dari ALovers yang menyalakan lampu di rumah, padahal bisa mendapat pencahayaan terang lewat jendela, atau kamu menyalakan lampu juga karena rumah kamu minim cahaya yang masuk ke rumah.

Serba salah memang, tapi harus kita akui kalau di siang hari saja memakai sudah memakai lampu, pemakaian kamu sudah tergolong boros, mana lagi kamu akan menyalakan lampu itu juga di malam hari, sampai pagi subuh.

Kalau sudah begini, ALovers harus melakukan penghematan jika tidak menginginkan tagihan listrik mahal. Jika masih ada sumber cahaya yang masuk, segera matikan dan bukalah jendela. Buat ALovers yang tidak ada sumber pencahayaan, renovasi lah sedikit di beberapa sudut rumah untuk dibangun ventilasi.

Jika ventilasi di rumah banyak, maka sumber cahaya yang masuk pun akan akan terserap banyak ke dalam rumah, namun jika masih gelap juga, ALovers boleh menyalakan lampu.

3. Memakai Lampu LED

Apakah lampu di rumah ALovers masih menggunakan lampu biasa konvensional? 

Mungkin saatnya kamu beralih ke lampu LED. Banyak banget loh keuntungan memakai Lampu LED, diantaranya ramah di mata, ramah lingkungan dan yang lebih penting hemat konsumsi listrik 80% hinga 90%

Keren banget kan, ALovers? Jadi ganti segera bohlam di rumah kamu, menggunakan lampu LED!

4. Dispenser Hidup Seharian

Mencolok dispenser berjam-jam hingga satu harian pun sebenarnya berpengaruh pada lonjakan tagihan listik loh, ALovers. Tagihan listrik mahal ALovers bisa jadi disebabkab oleh kebiasaan yang satu ini.

Memang salah satu mencolok dispenser agar bisa menikmati air dingin atau panas saat diinginkan, tanpa harus melalui proses pendinginan atau pemanasan air untuk diminum. Padahal kebiasaan seperti ini, bisa membuat tagihan listrik bengkak.

Daya listrik yang diserap dispenser yang menyala bisa mencapai 450 watt. Tenaga listrik yang cukup banyak bukan, ALovers?

Untuk bisa menikmati air dingin atau panas, solusinya cukup memasak air saat butuh air panas dan jika membutuhkan air dingin, ALovers cukup memasukkan air putih yang sudah ada di botol ke kulkas atau bisa menambahkan es batu jika tidak ingin lama.

Dengan begitu, kamu jadi hemat listrik.

5. Rice Cooker Terus-Terusan Menyala

Orang Indonesia suka menyantap nasi dalam keadaan hangat, hingga mereka membiarkan rice cooker menyala hingga seharian. Selain bisa membuat nasi tetap hangat, ada juga yang bisa dibuat untuk memasak.

Masalahnya rice cooker yang menyala satu harian bisa membuat tagihan listrik mahal, karena rice cooker jaman sekarang ini banyak menyedot daya listrik, yang cukup besar.

Suatu rice cooker hasil produksi pabrikan jaman sekarang bisa memakan daya listrik hingga 400 watt saat memasak nasi, setelah masak, kamu butuh 77 watt saat menghangatkan nasi. Boros banget kan, ALovers? 

Langsung aja terapkan solusi cabut rice cooker jika selesai memasak nasi dan colokkan kembali sekitar 30 menit sebelum makan, buat menghangatkan nasi.

6. Lupa Mematikan TV Saat Tidur.

kebiasan lain yang membuat tagihan listrik mahal adalah lupa mematikan Tv. Apakah kamu salah satu orang yang memiliki kebiasaan tidak mematikan TV saat tidur, ALovers? Ini sebenarnya situasi cukup menggelikan karena akhirnya TV yang menonton kita hingga besok pagi.

Diusahakan jangan lupa mematikan TV, ALovers. Soalnya ini salah satu faktor membengkaknya tagihan listrik bulanan, jadi kalau ALovers sudah merasa mengantuk, langsung saja matikan TV-nya

ALovers juga bisa mengganti TV biasa dengan TV LED, karena konsumsi listriknya jauh lebih rendah dari TV model tabung.

7. Membayar Denda Karena Telat Membayar Tagihan Listrik

Kesibukan duniawi dan pekerjaan, bisa membuat kita lupa buat bayar tagihan listrik. Salah satu resiko kalau terlambat, maka ALovers harus membayar denda yang jumlahnya cukup “wah”

Salah satu faktor kita lupa membayar tagihan listrik biar bisa tepat waktu, karena jarak loket pembayaran tagihan listrik tidak dekat alias jauh dari rumah kita.

Sebenarnya kamu bisa memanfaatkan layanan pembayaran tagihan listrik melalui online, contohnya melalui aplikasi Akulaku, dimana kamu bisa membayar tagihan listrik di “Layanan Virtual”. Yuk segera download Akulaku biar bayar tagihan listrik gak telat lagi!

8. Cek Meteran Kwh di Rumah Setiap Minggunya

Biar ALovers tahu kenapa terjadi pembengkakan tagihan listrik di rumah adalah melakukan pengecekan pada meteran kWh setiap bulannya. cek juga 1 kWh berapa rupiah di link ini.

Tinggi angka kWh, tinggi juga  biaya tagihan yang harus kita bayarkan. Mana lagi ada kenaikan tagihan listrik pada masa pandemi, yang artinya angka kWh meter di penggunaan perangkat gadget dan elektronik akan meningkat juga, jangan lupa juga cek tarif PLN setiap bulannya untuk perbandingan.

Sudah saatnya kita semua hemat listrik dan pakailah listrik seperlunya saja

Demikian penjelasan singkat tentang faktor-faktor apa saja kenapa tagihan listrik mahal di rumah ALovers, terkesan sepele sekali kan? Tetapi efek yang ditimbulkan cukup mengerikan, yaitu tagihan listrik PLN bisa membengkak.

Untuk yang tidak boleh dilupakan, selalu ingat untuk cek listrik, mulai dari tanggal jatuh tempo pembayaran hingga pemakaian.

Yuk ubah kebiasaan pemakaian listrik ALovers biar tagihan listrik mahal ALovers menjadi lebih murah dan hemat!