perawatan wajah

wajah makin cantik dan menawan berkat 8 tips ini

Wajah cantik, kulit mulus, dan tidak kusam sepertinya sudah menjadi impian semua perempuan. Saat ini banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan produknya dengan iklan yang menampilkan kecantikan perempuan yang  nyaris sempurna. Tidak heran setiap perempuan memiliki budget khusus hingga merogoh kocek yang cukup mahal untuk membeli skincare atau perawatan wajah untuk menunjang penampilan mereka sekaligus agar meningkatkan rasa percaya diri.

Dalam praktiknya, tidak semua produk perawatan wajah bisa cocok ke kulit wajah seseorang, hal itu lah yang kadang malah menambah masalah baru bagi wajah, seperti berjerawat hingga alergi. Belum lagi faktor lingkungan dan paparan sinar matahari yang juga mempengaruhi kinerja produk perawatan wajah yang tidak tidak maksimal dalam memberikan efek yang diharapkan. Sebagian orang yang memiliki aktivitas cukup padat, salon sudah menjadi salah satu tempat yang pas untuk melakukan perawatan wajah. Namun, di masa karantina saat ini, ke salon menjadi hal yang mustahil dilakukan. 

Nah, supaya kamu bisa tetap cantik dari luar dan dalam, yuk simak tips kecantikan dari Kula cara perawatan wajah dari rumah!

1. Cuci Muka Dengan Sabun Sesuai Jenis Kulit

Ini langkah awal yang paling simpel dan bisa kamu lakukan, yaitu dengan mencuci wajah dengan sabun. Biasakan untuk rutin mencuci wajah minimal sehari 2 kali, untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel di wajah. Oiya, pastikan kamu memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi wajah kamu supaya gak nambah masalah baru. Saat sedang mencuci wajah, jangan lupa untuk melakukan pijat perlahan ke seluruh bagian wajah. Tidak cuma itu, kamu juga bisa melakukan double cleansing untuk memastikan seluruh wajah kamu bersih dari kotoran. Balik lagi, semua tergantung kebutuhan dan kondisi kulit kamu, ALovers.

2. Masker Wajah Alami

Cuci muka saja tidak cukup menghilangkan wajah kusam. Kamu bisa melakukan perawatan ekstra dengan menggunakan masker wajah. Buat kamu yang stock maskernya sudah mulai habis dan belum bisa keluar rumah, jangan sedih ALovers, kamu bisa menggunakan masker alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah kamu, lho. Kula menyarankan kamu menggunakan bahan seperti telur, madu, dan lemon.

Belum tahu gimana cara membuatnya? Tenang, caranya gampang banget, ALovers. Kamu bisa ambil 1 butir telur pisahkan kuning dan putihnya, kamu cukup gunakan bagian putihnya saja. Kemudian, campurkan putih telur dengan madu dan diaduk-aduk hingga muncul busa. Lalu, kamu bisa mengaplikasikan ke seluruh wajah kamu selama 20 menit. Setelah mengering semua, kamu bisa langsung membersihkan wajah secara dibilas dengan air hangat hingga bersih. 

Lalu, begini cara membuat masker alami dari buah lemon. Ambil 1 buah lemon, lalu peras lemon tersebut dan oleskan air dari perasan lemon ke seluruh wajah. Setelah mengering, segera bilas wajah hingga bersih. Namun, perlu diperhatikan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif untuk berhati-hati dan secukupnya, karena dapat menimbulkan efek iritasi. 

3. Istirahat yang Cukup

Faktor pendukung dalam perawatan wajah kamu yang tidak kalah penting yaitu dengan istirahat yang cukup. Usahakan kamu memiliki kualitas tidur yang baik minimal 6 jam per hari. Saat tidur, biasanya kulit bekerja dengan meregenerasi sel kulit. Pastikan tidak terlalu banyak begadang supaya kulit wajah kamu tetap sehat dan cerah.

4. Minum Vitamin Kulit

Perawatan wajah supaya tetap cantik tidak hanya dilakukan dari luar, tapi kamu juga bisa melakukannya dari dalam dengan mengonsumsi vitamin kulit. Tidak hanya tubuh yang perlu vitamin, namun kulit juga membutuhkan Vitamin A dan Vitamin C untuk memperbaiki jaringan sel kulit dan juga melindungi kulit dari penuaan dini. Pasti kamu nggak mau dong, wajahnya terlihat tua? Yuk, biasakan konsumsi vitamin.

5. Olahraga Rutin

Tidak hanya untuk hidup sehat, olahraga juga berperan penting bagi kesehatan kulit khususnya wajah. Saat kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan cairan melalui pori-pori keringat. Olahraga tidak harus keluar rumah kok, ALovers. Kamu bisa melakukan berolahraga di rumah seperti senam, treadmill, ataupun naik turun tangga. 

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain mengonsumsi vitamin kulit, cara lain untuk perawatan wajah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Kurangi olahan makanan berminyak untuk menghindari kulit berjerawat. Selain itu, kamu harus rutin minum air putih minimal 8 gelas sehari. Supaya kulit kamu tidak terhidrasi. 

7. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Walaupun kamu sedang dalam masa karantina, bukan berarti tangan kamu bersih dan terhindar dari kuman lho, ALovers. Rasanya sulit memang mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, namun tanpa disadari hal itu bisa menjadi salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan dari rumah. Kalau ingin memegang wajah, usahakan tangan kamu sudah dalam keadaan bersih ya, supaya tidak menimbulkan masalah di wajah kamu.

8. Gunakan Serum Wajah

Ini nih, yang tidak kalah penting. Kamu wajib banget pake serum wajah. Mau tau gak kenapa penting? Serum wajah berguna untuk melembabkan kulit sekaligus menghidrasi kulit supaya kulit kamu tidak terasa kering. Pastikan kamu pilih pelembab yang sesuai jenis kulit kamu ya, ALovers. 

Nah, gimana ALovers mudah banget, kan? Jangan lupa ya terapkan tips perawatan wajah dari Kula, supaya wajah kamu makin cantik dan cetar membahana!