tips gagal mudik bikin kaya

Gagal Mudik Ke Kampung Halaman? Ini Cara Memanfaatkan Dana Mudik Supaya Gak Habis Dalam Sekejap!

Mudik, satu kata berjuta makna. Mudik bisa diibaratkan sebagai salah satu tradisi atau kebiasaan yang lumrah dilakukan oleh para pendatang, perantau, dengan cara orang-orang akan pulang ke kampung halamannya menjelang hari raya idul fitri atau biasa disebut lebaran Idul Fitri.

Tapi ada pemandangan yang berbeda, tidak biasa dan menyedihkan tahun ini, rutinitas kegiatan mudik, lalu lintas padatnya arus mudik, dan menikmati layanan mudik gratis,  rasanya cuma jadi angan dan mimpi belaka buat tahun ini, ALovers. Kira-kira tau nggak kenapa? Yup, betul! Karena saat ini, di beberapa kota Indonesia sedang memberlakukan kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Hal ini merupakan bentuk upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran wabah Virus COVID-19 (Virus Corona), sehingga mudik lebaran tahun ini wajib ditiadakan, baik dari segi transportasi hingga pelayanan publik.

Bisa dibilang kali ini akan menjadi lebaran tersuram yang pernah ada, karena merayakan lebaran tanpa mudik sangatlah aneh, apalagi buat perantau dan anak kost yang harus wajib legowo merayakan lebaran jauh dari orangtua, dan ini pukulan telak bagi umat muslim di seluruh Indonesia. Sudah jangan membayangkan hal yang sedih dan miris dulu, ternyata hal tersebut gak cuma baik karena kesehatan kamu terjaga karena PSBB, tapi ada baiknya juga bagi finansial kamu lho! 

Dana mudik yang sudah kamu persiapkan bisa juga kamu manfaatkan ke hal lain, mau tau gimana cara manfaatin dana mudik? Yuk segera kita lihat tips mudik “mendadak” ini buat kamu yang nggak bisa pulang kampung

1. Berbagi Ke Yang Membutuhkan

Di situasi ekonomi yang kurang bersahabat ini, rasanya berbagi dan beramal terhadap sesama jadi salah satu cara yang pas untuk memanfaatkan dana mudik kamu yang tidak terpakai. Selain menambah pahala, ternyata ada kepuasan batin juga lho, membantu terhadap sesama, terutama bagi pedagang kaki lima yang kehilangan pelanggan karena PSBB dan mereka yang terkena pemutusan status karyawan (pengangguran). Berapapun uang yang kamu keluarkan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. 

2. Dana Asuransi atau Kesehatan

Ini salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Sales atau agen asuransi memang kadang menjual produknya dengan menakuti kita terhadap segala hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi di hidup kita. Tidak ada yang salah dengan hal itu, tapi mungkin ada benarnya juga. 

Apalagi di situasi saat ini yang penuh dengan ketidakpastian kapan COVID19 berakhir.. Udah saatnya kita jadi lebih peduli dengan mengalokasikan dana yang tadinya buat mudik, untuk invest di asuransi kesehatan, seperti BPJS Kesehatan atau menambah asuransi lainnya, untuk jaga-jaga kalau suatu saat nanti kamu sakit tanpa harus mengeluarkan biaya pengobatan dan rumah sakit yang sudah pasti mahal.

3. Ditabung

Rasanya aktivitas menabung udah jadi hukum yang sangat wajib bagi kamu yang punya uang lebih dan bingung mau ditaruh di mana. Terdengar klise ya, ALovers? Menabung gak cuma untuk masa depan kamu lho, tapi penting juga sebagai dana darurat yang sifatnya tidak terduga. Kita gak akan pernah bisa membayangkan kapan situasi pandemi ini akan segera berakhir. 

Semua lini bidang profesi sepertinya ikut terkena dampak dari COVID-19, mulai dari ojek online, pedagang kaki lima, pengusaha pakaian, pengusaha restoran, pekerja harian lepas hingga perusahaan besar juga turut kena imbasnya. Mulai dari omset yang menurun, pengurangan karyawan atau bahkan terpaksa harus gulung tikar. Dijamin bakal pusing tujuh keliling kalau kita gak punya persediaan tabungan, maka dari itu biasakan mempunyai prinsip menabung menjadi hal yang super wajib.

Alovers jika saat ini masih berkerja dan mendapatkan gaji utuh, mungkin saatnya sisihkan uang sebanyak 20% buat tabungan, terlepas uang mudik kamu tahun ini juga bisa buat penambahan.

4. Modal Usaha

Tidak ketinggalan juga, kamu bisa memanfaatkan dana mudik kamu untuk modal memulai usaha setelah pandemi ini berakhir. Lumayan banget ya, ALovers bisa menambah uang tambahan. Kalau saran dari Kula, kamu bisa memulai usaha sesuai dengan modal yang kamu miliki. Apalagi saat ini peluang usaha bisa dari mana saja. Dengan adanya teknologi memudahkan kita untuk melakukan bisnis melalui online, tanpa harus keluar biaya yang banyak. Untuk tips usaha apa yang cocok menurut ALovers, silahkan klik link ini

5. Bayar Hutang dan Tagihan Kredit

Gapapa telat asal dibayar, nah mungkin kalimat tersebut cocok buat ALovers yang punya kendala melunasi hutang atau tagihan kredit. Ini nih waktu yang pas untuk buat membayar hutang-hutang kamu. Ingat ya, jangan menyepelekan hutang apalagi kalau sampai tidak dibayar. Silahkan ingat-ingat kembali, kemarin Alovers adakah hutang atau tagihan yang masih ditunggak

6. Incarlah Sertifikasi Keahlian

Buat ALovers yang masih memiliki usia muda dan kemungkinan meraih karir yang panjang, coba asa dan upgrade skill kamu yang belum maksimal. 

Jika permasalahannya tidak bisa mengikuti karena dana nya nggak cukup, ini adalah saat yang tepat karena kamu bis memanfaatkan dana mudik untuk ikut online course atau sertifikasi keahlian yang ALovers inginkan. Buat yang berminat, langsung aja cek di link ini untuk pilihan online course-nya

Gimana ALovers? Udah tau kan sekarang gimana cara memanfaatkan dana mudik kamu yang tidak terpakai supaya lebih efisien dan gak habis dalam sekejap. Ingat ya, bijaklah dalam mengatur keuangan kamu. 

Jangan lupa untuk sebarkan informasi menarik lainnya ke teman terdekat ALovers agar lebih banyak yang tahu mengenai informasi informasi menarik lainya serta ajak lebih banyak teman kalian untuk mendowload AKulaku disini.