Nggak Jaman Pakai Kabel Lagi! Yuk Intip 11 Ciri-Ciri Wireless Charger Mantap Pilihan Kula!

Tentunys tidak sulit menemukan produk terbaik apabila ALovers tahu ciri ciri wireless charger untuk semua hp yang bagus. Produk yang mampu memberikan fungsionalitas sesuai kebutuhan dan tahan lama.

Bagi sebagian orang, wireless charger nirkabel memang sesuatu yang baru. Maka tak heran bila banyak yang bertanya-tanya tentang cara memilih produk terbaiknya. Masalahnya, tidak banyak yang paham dengan teknologi ini sehingga bisa dibilang masih meraba-raba dan menebak-nebak saat akan membeli.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli wireless charger, ada baiknya ALovers mengenali konsep dasar dari teknologi yang disematkan pada perangkat ini.

Tujuannya adalah ALovers mengerti poin-poin apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli barang.Jika sudah tahu konsep dasarnya tapi masih juga merasa kesulitan untuk memilih, maka tenang.

Dalam kesempatan kali ini Kula akan memberikan ulasan ringkas mengenai poin yang perlu dipertimbangkan sebagai karakteristik terbaik. Karakteristik inilah yang harus ada dalam sebuah wireless charger.

Ciri ciri wireless charger yang bagus secara lengkap 

Berikut ini adalah ciri-ciri penting yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat pengisi daya tanpa kabel :

Pengisian standar

Ada beberapa jenis konsep pengisian standar yang dimiliki oleh wireless charger, seperti Qi dan PMA. Cara kerja wireless charger dengan Qi standar tidak bisa digunakan pada smartphone yang dibekali dengan PMA. Begitu pun sebaliknya.

Maka dari itu, sebelum membeli charger, baiknya ALovers mengenali spesifikasi smartphone ALovers dengan baik. Apakah pakai Qi atau PMA.

Cara sederhana untuk mengetahui spesifikasi stALoversr yang dimiliki oleh smartphone, apakah Qi atau PMA. Tinggal lihat saja tahun pembuatannya.

Ponsel yang dibuat sebelum tahun 2018 menggunakan PMA. Sedangkan teknologi yang disematkan pada ponsel pintar tahun 2018 ke atas sudah hampir dipastikan mengusung konsep Qi standards.

Kecepatan pengisian daya wireless charger

Kecepatan pengisian daya sangat penting untuk mendukung aktivitas pengguna ponsel. Secara umum, kecepatan pengisian ini tergantung dayanya. Semakin kecil, semakin lambat. Sebaliknya, semakin besar, kecepatannya semakin tinggi.

Kalau di pasaran, saat ini yang tersedia mulai 5 W sampai 15 W. Dari daya terendah dan tertinggi ini perbedaan kecepatannya cukup signifikan, karena memang jumlahnya 3 kali lipat.

Yang menarik, apabila charger tersebut memiliki output yang tinggi sementara ponsel ALovers tidak memiliki input yang sama atau lebih rendah. Charger dengan standar Qi bisa menyelaraskannya dengan baik.

Sertifikasi Qi

Ciri ciri charger yang bagus selanjutnya adalah memiliki sertifikasi Qi Biasanya ini ditunjukkan dengan adanya logo Qi pada kemasan produk tersebut. Sertifikasi ini sangat penting buat pembeli.

Karena dengan sertifikasi, pembeli akan jauh lebih aman dalam membeli produk. Bagaimanapun, membeli produk dengan Qi Standar yang tidak bersertifikat memiliki kemungkinan buruk, di antaranya adalah:

Charger boros energi dan cepat panas.

Efisiensi daya tidak baik dan bisa berpotensi merusak ponsel.

Ada kemungkinan charger tidak akan kompatibel dengan ponsel sama sekali meski diklaim berstALoversr Qi.

Untuk meminimalkan terjadinya pembelian produk yang salah, sebaiknya beli produk dari perusahaan ternama dan terpercaya.

Kabel dan colokan

Yang paling mencolok dari dalam paket produk wireless charger adalah ada atau tidaknya kabel dan colokan yang menyertainya. Apabila dalam satu perangkat tidak ada kabel dan colokan yang menyertai, bisa jadi ALovers harus membelinya terpisah.

Artinya, ALovers harus menyediakan uang tambahan untuk membeli kabel tersebut secara terpisah.

Kalau ALovers sudah pernah beli sebelumnya maka membeli produk yang tidak ada colokannya tidak akan jadi masalah.

Yang akan jadi masalah bila produk yang ALovers beli memiliki jenis colokan unik yang tidak sama dengan wireless charger yang sudah dibeli sebelumnya.

Maka dari itu, untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya cari produk yang sudah sepaket dengan colokan atau kabelnya. Kalaupun tidak ada kabelnya, pastikan membeli produk yang colokannya sudah umum. Bukan yang unik.

Ukuran, desain, dan estetikanya

Desain dan estetika wireless charger memang kebebasan masing-masing orang untuk menilai. Tergantung selera dan sifatnya tidak bisa dipaksakan. Namun soal ukuran, tetap harus diperhitungkan.

Membeli produk dengan bantalan yang luas bisa menjadi pilihan yang pas sehingga bisa menampung seluruh dimensi ponsel. Apalagi jika produk tersebut ditambah dengan fitur pengaman supaya tidak mudah jatuh.

Fungsionalitas

Kenali dengan baik fungsionalitas yang ditawarkan pada produk dan cara menggunakan wireless charger. Lihat dengan lebih detail tata letak dan fungsi masing-masing fitur yang melekat pada produk tersebut. Apalagi sekarang banyak produk yang multifungsi, ALovers bisa mempertimbangkannya dengan baik. 

Koil

Medan elektromagnetik akan tercipta bila koil antara ponsel dan charger nirkabel bisa sejajar dengan sempurna. Untuk membuat hal ini terjadi, salah satu cara yang dilakukan oleh produsen adalah memproduksi multi coil.

Dengan begini, terjadinya ketidakselarasan koil bisa dihindari dengan mudah. Sehingga pengecasan bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa kendala.

Warna lampu LED nya

Untuk menunjukkan status pengisian daya, biasanya produk charger nirkabel dilengkapi dengan lampu LED. ALovers bisa memilih LED aneka warna, terang, atau redup sesuai kebutuhan.

Kalau memang kebutuhannya adalah agar tidur tak terganggu saat pengecasan dilakukan di malam hari, maka pilihlah yang cahayanya redup.

Jarak pengisian

Charger nirkabel bisa melakukan pengisian daya dalam jarak tertentu, tak harus bersentuhan langsung. Umumnya, kriteria jarak yang harus terpenuhi adalah sekitar 2-8 mm. Dalam penghitungan jarak jangan lupa perhitungkan juga ketebalan casing HP jika ALovers menggunakannya.

Harga

ALovers harus pastikan bahwa harga wireless charger terjangkau. Jadi, pembelian ini tidak akan merusak rancangan keuangan dan anggaran bulanan yang sudah disiapkan. Banyak pula yang jual wireless charger secara online

 

Jika ingin membeli wireless charger iphone , ALovers tinggal pesan melalui marketplace Akulaku.com. Anda bisa memilih warna hitam, putih, atau rosegold. Di marketplace ini, ALovers juga bisa sekalian melihat spesifikasi charger nirkabel lain dari Recci.

Demikian informasi tentang ciri ciri wireless charger terbaik yang bisa ALovers terapkan saat hendak memilih pengisi daya otomatis tanpa kabel untuk smartphone kesayangan.