Dana Darurat

Gak Punya Dana Darurat di Saat Pandemi? Pakai 3 Cara Ini

Sedia payung sebelum hujan. Peribahasa itu menjadi cerminan dari fungsi dana darurat. Dana darurat ini ibarat payung yang akan melindungi kita dari air hujan yang turun membasahi bumi. 

Sebelumnya, ALovers sudah tau kah apa yang dimaksud dengan dana darurat?

Dana darurat adalah salah satu solusi dalam menghadapi situasi genting. Sebab, tidak semua kondisi darurat yang membutuhkan dana darurat bisa diselesaikan dengan mudah, khususnya berkaitan dengan uang. 

Perlu diketahui juga, bahwa dana darurat berbeda dengan tabungan dan investasi. Tabungan dana darurat lebih spesifik pada anggaran yang dipersiapkan saat kondisi darurat, semisal bencana alam, kebakaran, dan musibah lainnya yang tidak terduga. Gadai atau jual emas bisa jadi pilihan untuk mendapatkan dana darurat.

Ketika kamu belum mempersiapkan tabungan saat situasi genting seperti di PHK, sehingga menjadi sulit mendapatkan pekerjaan baru. Padahal, kebutuhan hidup semakin meningkat. PHK memang sesuatu yang tidak bisa dihindari, terutama di tengah pandemi yang membuat perputaran ekonomi menjadi tidak stabil secara keseluruhan. Meski begitu, jangan sampai PHK justru membuatmu menjadi putus asa.

Ketika sudah dirumahkan, tapi terlanjur tidak punya dana darurat, termasuk tabungan. Mana suasananya lagi gak boleh ke mana-mana. Pasti pusing tujuh keliling. 

Nah dalam keadaan seperti ini, ada beberapa cara yang bisa ALovers lakukan untuk mendapatkan dana darurat dan menolongmu segera keluar dari kesulitan keuangan:

1. Gadai atau Jual Harta Benda untuk Dana Darurat

apa yang dimaksud dengan dana daruratJangan panik, coba ALovers sisir aset atau harta apa ALovers punya dan bisa dijual atau digadai. Misalnya saja perhiasan, entah itu milik sendiri atau warisan orangtua. ALovers bisa putuskan apakah ingin menggadaikan saja atau menjualnya.

Jika itu perhiasan atau aset warisan orangtua, sebaiknya digadai saja dulu. Siapa tahu saat ALovers punya penghasilan lagi, bisa menebusnya. Setidaknya ALovers bisa mendapat uang tunai agar dapur tetap ngepul. Namun jika aset itu punyamu, sah-sah saja sih menjualnya. Nominal uang yang akan diperoleh pun akan lebih banyak dibanding gadai.

Tapi ingat, setelah dapat ‘suntikan’ dana darurat segar dari jual atau gadai harta bendamu, kelola uang dengan baik. Jangan dihambur-hamburkan dan tetap berhemat untuk melengkapi dana darurat dikemudian hari.

2. Cari Penghasilan dari Rumah untuk Dana Darurat

fungsi dana daruratDalam masa-masa sulit ini, bukan waktunya berpangku tangan. Apalagi kondisimu tidak punya cadangan dana darurat . Jadi sebaiknya, putar otak untuk mencari penghasilan dari rumah karena imbauan di rumah aja masih dan PSBB Jilid II yang mulai diberlakukan kembali. 

ALovers bisa jadi reseller bisnis jualan online. Gunakan kekuatan media sosial (Facebook, Instagram, YouTube) atau memanfaatkan e-commerce untuk jualan online. Apa saja usahanya, mulai dari baju, sepatu, tas, atau apapun. Yang penting menghasilkan uang.

Jika punya hobi menulis, bisa bekerja sebagai freelance penulis lepas. Sekarang tentu banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan. Bayarannya lumayan per artikel atau per project. Kalau satu artikelnya dihargai Rp30 ribu untuk pengiriman 40 artikel, berarti ALovers bisa mengantongi Rp1,2 juta.

Dalam sehari, katakanlah sanggup mengerjakan 4-5 artikel, maka 40 artikel dapat ALovers selesaikan dalam waktu 8-10 hari. Dalam sebulan, ALovers bisa mengerjakan 80 artikel lebih dan mendapatkan penghasilan lebih dari Rp2,4 juta bisa kamu gunakan untuk tabungan dana darurat. Lumayan kan ALovers?

3. Cari Pinjaman yang Terjamin dan Tenor Panjang untuk Dana Darurat

tabungan dana daruratPinjaman dana darurat salah satunya melalui pinjaman online ALovers, KTA merupakan salah satu pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Seperti namanya, pinjaman ini memperbolehkan ALovers untuk meminjam dalam jumlah tertentu tanpa harus menyerahkan aset sebagai jaminannya. KTA dicap menguntungkan, karena tanpa jaminan apapun, pinjaman dapat dicairkan untuk memenuhi kegiatan bisnis maupun usaha ALovers loh ALovers. Namun saat ini terdapat KTA online, salah satunya Akulaku yaitu aplikasi yang menyedikan kredit tanpa agunan. 

KTA bisa dikatakan cukup aman karena sudah dijamin langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk jumlah plafonnya sendiri bisa mencapai ratusan juta, tergantung dari kreditur mana yang menyediakan pinjaman. Apabila dokumen yang diserahkan sesuai dengan syarat, maka pinjaman cepat tanpa agunan dapat menjadi solusi ketika ALovers butuh dana darurat dan dapat langsung cair dalam waktu tiga hari kerja.

Namun, sebaiknya ALovers jangan memaksakan diri untuk mengambil cicilan yang terlalu banyak, jangan memaksakan kehendak dan mengedepankan keinginan jika ALovers tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Mesikipun ALovers sangat menginginkan elektronik tersebut. Ketika ALovers sedang proses mencicil, sebaiknya ALovers menghindari cicilan baru meskipun situs online tersebut memungkinkan akan hal tersebut.

Kula sarankan cobalah fokus dahulu untuk menyelesaikan cicilan yang diawal, agar keuangan ALovers tidak terbebani dengan banyaknya tagihan cicilan-cicilan disetiap bulannya. Karena hal tersebut dapat menghindarkan ALovers dari permasalahan kredit yang mencekik di kemudian hari dan bisa menyimpan dana darurat ALovers..

 

Dana darurat sangat penting agar ALovers lebih tenang menghadapi kemungkinan terburuk dan masa-masa sulit keuangan seperti saat pandemi Covid-19 ini. Caranya dengan menyisihkan minimal 10% dari pendapatan untuk dana darurat. Saldo dana darurat idealnya setara dengan 4-6 kali pengeluaran rutin tentunya. 

Tempatkan dana darurat di rekening terpisah, dan jangan dipakai atau diambil untuk kebutuhan lain bila tak ada kebutuhan penting dan mendesak. Ketika kamu sudah mempersiapkan dana darurat yang memadai, keuanganmu dijamin selamat. Itulah guna dan manfaat dana darurat yang sudah kamu persiapkan!