Investasi

Pemasukan Pas-Pasan Tetap Bisa Investasi? Coba Dulu 5 Investasi Berikut. Para Pemula Wajib Baca!

Banyak yang mengatakan, jika ingin membuka tabungan investasi, kita harus memiliki uang yang mencukupi, dalam arti kata ALovers sudah mencapai taraf mapan. Padahal, ini sebenarnya tidak perlu karena mulai sejak dini kamu perlu memperhitungkan investasi agar dimasa depan dan yang akan datang kamu bisa menikmati hidup di masa tua. 

Di zaman modern era globalisasi ini, sungguh sangat disayangkan jika ALovers masih menganggap investasi hanya sebuah angan-angan saja, investasi itu penting, ini dilakukan supaya menghindari nilai uang kamu turun akibat inflasi, dan juga bekal ALovers di masa tua yang tidak akan bisa produktif.

Percaya nggak kalau sekarang, seorang mahasiswa, bahkan pelajar sekalipun, bisa melakukan investasi? Ehh.. Harap diingat nih, ALovers. Investasi yang akan kita kenalkan bisa untuk semua kalangan dari kelas menengah sekalipun . Yang penting kamu menyisihkan beberapa uang bulanan untuk dijadikan modal investasi.

1. Investasi Emas

investasi emas

 

Investasi emas memiliki sifat likuid dan harga tetap stabil membuat tabungan investasi yang favorit di kalangan kelas menengah. Buat para pemula, investasi emas masi termasuk aman dan risikonya rendah, bahkan demi mengikuti perkembangan jaman, kamu bisa investasi emas lewat website-website investasi online.

Investasi emas dengan cara online ini, ALovers akan membeli emas berbentuk virtual, untuk ingin memiliki fisik emasnya kamu harus order cetak, dan itu juga ada biayanya. Jika tertarik investasi emas dengan cara online, silahkan klik link ini untuk info lebih lengkap tentang investasi emas online

2. Investasi Saham Online

investasi saham

Pada zaman dahulu, investasi saham selalu identik dengan para businessman berdasi akan meletakkan saham investasi dengan modal besar jutaan rupiah, namun sekarang sudah tidak seperti itu lagi, ALovers. Sekarang kamu bisa invest Rp 1 juta saja di investasi saham online dengan harga Rp 1000 per lembar, jadi kalau 1000 lembar investasi saham, kamu akan mendapatkan 10 lot. Untuk informasi bagaimana cara investasi saham, sudah banyak sekali di internet.

Silahkan ALovers pilih perusahaan sekuritas terpercaya yang menyediakan aplikasi atau fasilitas trading investasi saham secara online. Untuk melihat list perusahaannya, silahkan klik link ini

3. Investasi Reksadana Online

investasi reksadana

 

Dengan teknologi yang sudah maju, membuat banyak perusahaan keuangan dan investasi menawarkan produk-produk tabungan beragam, salah satunya investasi reksa dana online. Jika ALovers benar-benar berminat untuk jenis investasi ini, sangat wajib mencari informasi perusahaan aman dan legal. Info lengkapnya kamu bisa cari di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk memastikan perusahannya terpercaya identitasnya.

Beberapa perusahaan atau lembaga menawarkan modal kecil untuk investasi reksadana, ada yang memulai dari Rp 50 ribu malahan. Salah satu fitur investasi reksadana adalah modal yang ditanam bisa kamu kelola sendiri atau diserahkan ke sang manajer investasi yang bertugas di perusahaan sekuritas. Cocok banget kan buat investor pemula?

4. Investasi Peer to Peer Lending (P2P) 

investasi online

Salah satu investasi online yang direkomendasikan adalah Peer to Peer Lending (P2P). Di skema P2P lending, kamu sebagai pemberi pinjaman (investor) akan dipertemukan dengan perusahaan dan para pencari pinjaman. Di P2P ini, orang yang punya dana simpanan dan memiliki niat mengembangkannya namun tidak dapat menemukan instrumen investasi tepat yang bisa memilih untuk jadi penyedia dana atau Lender, dan mendapatkan keuntungan seperti bunga. Besaran bunga nantinya akan sesuai sama besarnya risiko yang ditanggung.

Bunga yang diberikan sama investor cukup tinggi loh, ALovers, sehingga bisa memiliki potensi risiko besar (ingat asas “High Risk, High Return”), jadi sebelum melakukan investasi ini, kamu harus melakukan screening mendalam kepada profil calon peminjam dan carilah solusi dan kebijakan bersama andai mendapat skenario gagal pembayaran serta laporkan juga hasil investasinya

 

 

5. Investasi SUN (Surat Utang Negara)

cara investasi saham

Investasi model ini sudah dijamin keamanannya oleh Pemerintah, dan pengertian dari Investasi Surat Utang Negara (SUN) adalah sebuah investasi yang diedarkan oleh pemerintah, yang bertugas di sini adalah Kementerian Keuangan, untuk memberik kesempatan pada masyarakat turut partisipasi memberikan biaya pembangunan dalam negeri sebagai investor.

Nantinya investasi ini bernama Savings Bond Ritel (SBR), yang nantinya berbentuk surat tanpa bukti pinjaman negara kepada investor yang nilai investasinya terjangkau. Untuk mengikuti Investasi SUN ini hanya perorangan dan badan usaha, dan wajib berkebangsaan Indonesia.

Terus apa keuntungan kalau mengikuti investasi model ini ya, ALovers? Keuntungannya bunga pinjaman atau kupon bernilai lebih tinggi dibandingkan produk deposito. Keuntungan dari investasi ini walau jangka waktunya tahunan tapi profit yang di dapat bisa setiap bulannya. Investasi ini juga dijamin pemerintah, jadinya tidak ada skenario gagal bayar. Pembayaran kupon seluruh investor dan dana pinjaman saat jatuh tempo, sudah disediakan dalam APBN, ALovers juga bisa pilih Sukuk Ritel yang berdasarkan aturan hukum yang berlaku dengan imbal hasil cukup besar.

 

Nah.. Sudah mendapatkan referensi investasi yang pas, ALovers? Kula menyarankan investasi di masa kini bisa dilakukan sangat mudah, terutama untuk mendapatkan informasi dan keuntungan apa yang didapatkan dari investasi tersebut. ALovers harus memastikan memilih lembaga investasi terpercaya yang sudah legal demi menghindari adanya kerugian dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Selagi ALovers masih dalam masa muda dan masih bersemangat bekerja, Lakukanlah investasi dengan rajin dan konsisten setiap bulan, jangan tergoda untuk melakukan aktivitas menghambur-hamburkan uang seperti membeli barang-barang yang tidak perlu.