strategi pemasaran

Pelajari Dulu 7 Strategi Pemasaran Berikut Sebelum Memulai Usaha! Wajib Perhatikan Pedoman Berikut ALovers!

Kula ingin bertanya, seberapa banyak pengusaha atau produsen yang menerapkan strategi pemasaran  untuk bisnis jualan mereka? Inilah yang akan kita bahas di artikel berikut ini

Jika ALovers ingin memulai bisnis dengan menjual produk, masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, bagaimana tidak? Usaha ini bersifat bebas dan tidak terikat waktu seperti jam kantor. Kamu cukup memiliki kreativitas dan inovasi, sebagai modal utama membuka bisnis penjualan.

Dan disini Kula ingin mengajak diskusi bahwa di luar sana masih banyak juga calon entrepreneur yang ragu-ragu memulainya karena masih ada yang sulit bagaimana strategi pemasaran sebuah produk dengan baik dan benar, dan sebenarnya cara-cara untuk memasarkannya ada banyak, dan ini disebut strategi pemasaran produk yang akan ALovers manfaatkan di tengah majunya teknologi jaman sekarang.

Terus apa saja strategi yang tepat untuk memasarkan sebuah produk? Nah.. Monggo disimak ya karena sebentar lagi Kula bakal jabarin.

Wajib Ditiru Nih! Strategi Pemasaran Untuk Sebuah Produk

Berikut ini beberapa standar sederhana bagaimana memasarkan sebuah produk dengan baik kepada konsumen, dan pastinya ini sudah terbukti ampuh diterapkan karena rata-rata para pebisnis melakukan hal yang serupa.

1. Kenali Dulu Pasar dan Target Market

ALovers mesti mengetahui betul pasar yang cocok buat produk yang mau dijual, dan tentu saja kuasailah target pasarnya, lakukan riset kecil-kecilan siapa yang cocok menjadi target pasar. Jika target pasar mengecil dan spesifik, kamu berpeluang besar mendapatkan keuntungan banyak saat menjualnya. 

Kula ambil contoh, kalau usaha kamu bergerak di bagian pakaian remaja atau dewasa buat pria, maka kamu bisa menargetkan pasar menyesuaikan  produk yang akan diproduksi, seperti buat laki-laki yang berkisar umur 12 hingga 25 tahun.

2. Gunakanlah Social Media

strategi pemasaran

Untuk cara ini, sudah terbukti manjur dan kita pasti setuju karena menggunakan media sosial adalah cara paling banyak digunakan hampir semua orang, dari latar belakang yang berbeda. Contohnya ALovers bisa promosi menggunakan Instagram, Facebook dan Twitter. Dengan media sosial juga, perusahaan bisa menjalin interaksi dengan semua kalangan yang ada, tentu ini dibantu biaya murah, efisiensi dan visibilitas yang jelas. Platform media sosial bisa memberikan perusahaan memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka, pada akhirnya yang akan ditawarkan memiliki peluang besar meraih keuntungan.

Salah satu kelebihan marketing menggunakan media sosial, ALovers bisa bekerja sama dengan influencer buat memasarkan produknya. Ini dilakukan agar follower mereka mengetahui produk kita melalui pemasaran yang dilakukan influencer, sehingga produk kita mendapatkan jangkauan luas. 

3. Tawarkan Produk Tester Gratis Sebagai Uji Coba

Dimana-mana sebuah produk yang ditawarkan gratis pasti sangat sulit untuk ditolak begitu saja, makanya cara yang satu ini dianggap ampuh mendapatkan konsumen untuk menyukai produk kita. Strategi ini sebenarnya cocok untuk seorang customer yang belum pernah membeli produk kita, karena dia sendiri belum pernah mencoba secara langsung.

Sebuah perusahaan akan juga bisa menawarkan sampel dan contoh gratis secara tatap muka untuk calon konsumennya, ambil contoh perusahaan Starbucks, yang tidak malu-malu “menjemput bola” menawarkan produknya untuk konsumen, meskipun dikemas dalam gelas kecil.

4. Pilihlah Tempat Strategis Untuk Berjualan

strategi pemasaran

Mendapatkan tempat strategis adalah salah satu hal yang bisa ALovers pertimbangkan untuk memungkinkan produk kamu dilihat lebih oleh khalayak ramai, dan ini bisa memicu penjualan tinggi dan sukses. Sebelum memilih tempatnya, kamu harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan apakah calon pembeli bisa datang tanpa hambatan. 

Misalnya, kamu berjualan kebutuhan alat tulis, kerajinan dan printer, maka lokasi yang tepat adalah berada di dekat area sekolah atau universitas, dan pastinya produk atau jasa kamu akan laku cepat, karena mahasiswa pasti membutuhkan jasa buat nge-print tugas dan membeli perlengkapan alat tulis buat perkuliahan

5. Buatlah Kemasan Yang Menarik

Dalam dunia pemasaran, frasa “Jangan menilai sesuatu dari kulitnya” sebenarnya tidak efektif-efektif amat, terlebih lagi ALovers harus memperhatikan kemasan produk yang akan dijual, dimana harus eye catching di mata orang.

Tidak hanya dari segi tampilan, tapi kamu memunculkan perasaan takjub dan berkesan saat dijualkan, dan itu akan diingat terus oleh konsumen, dan sudah banyak konsumen lebih mudah mengingat produk karena kemasannya yang unik dan lain dari lain

6. Tawarkan Promo Hemat

Kula berani taruhan, kalau produk kamu diberikan promo potongan harga, pasti akan banyak yang akan membeli, bahkan ALovers bisa menambahkan tambahan produk sebagai promo yang akan kamu iklankan.

Contohnya promo “Buy One, Get One Free”, promo ini terbilang cukup jitu karena bisa menarik khalayak ramai yang awalnya sekedar coba malah menjadi pelanggan setia karena kualitas produk yang diberikan

Tetapi promo seperti ini atau lainnya, harus didasari hitung-hitung untung dan ruginya. Jangan sampai karena keseringan memberikan promo malah membuat kamu bangkrut. Batasi promo yang akan diberikan, dengan dua atau tiga kali dalam sebulan.

7. Jadi Sponsor di Sebuah Acara

Kalau ALovers mendapatkan undangan untuk menjadi sponsor sebuah acara atau kegiatan, jangan ditolak! Soalnya ini cara pemasaran yang efektif dan ini bisa dilakukan secara online dan offline.

Contohnya bisnis kamu bergerak di bahan makanan (contohnya minyak goreng), ketika ada kegiatan atau event lomba memasak, otomatis minyak goreng yang digunakan saat kegiatan berlangsung, adalah produk anda.

Tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi sponsor buat kegiatan lainnya, tidak musti acara lomba memasak.Bagaimana, ALovers? Sudah paham kan contoh strategi pemasaran untuk menjual produk, buat kamu yang lagi bergerak di bidang UMKM atau buka usaha online shop, langsung diterapkan ya. Dijamin usaha kamu makin sukses, dan Kula doain jualan kamu terus mendapatkan keuntungan berlimpah.