Cek 7 Tips Hemat Anak Kost Saat Work From Home!

Terhitung sejak pertengahan September 2020 kemarin, Pemerintah sudah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) alias kerja dari rumah kepada semua lapisan masyarakat. Kebijakan yang dirilis bersamaan dengan PSBB Jilid II ini ditujukan menekan penyebaran virus COVID-19 (Corona). 

Kebijakan Work From Home ini sudah banyak diberlakukan pada rata-rata perusahaan atau instansi pemerintah, agar tetap bisa menggerakkan roda bisnis dan kebijakan perusahaan, walaupun terjadi pergeseran makna, kalau pekerjaan kantor akan menjadi salah satu kewajiban di rumah, walaupun hanya sementara saja, ALovers. 

Namun bagi perantau dan anak kost hal ini tentu berat dijalani. Terlebih mereka perlu berhemat untuk memenuhi kebutuhan mereka saat work from home. Maka dari itu Kula akan jabarkan 7 tips hemat anak kost saat work from home, Yuk simak ALovers!

1. Mencatat Cashflow Keuangan

Ini hal yang sangat penting sebagai tips hemat anak kost dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran memang terdengar sedikit merepotkan, apalagi untuk ALovers yang sebelumnya tidak terbiasa melakukan hal ini secara rutin. Akan tetapi, coba ingat-ingat kembali, seberapa sering ALovers merasa uangmu hilang entah kemana. Saat ALovers membuka dompet uang, tiba-tiba uangmu berkurang dalam jumlah yang banyak, tidak hanya anak kos kosan , kejadian ini juga seringkali dialami oleh beberapa orang. Dengan mencatat semua pengeluaranmu, ALovers bisa mengetahui kemana perginya uang bulanan ALovers, selain itu ALovers juga bisa mengevaluasi diri, dari catatatn tersebut ALovers bisa melihat apakah ALovers mengeluarkan uang untuk hal-hal yang ALovers butuhkan atau hanya untuk yang ALovers inginkan.

Sebaiknya ALovers mencatat pengeluaranmu setiap hari saat ALovers telah selesai melakukan aktifitas atau sedang bersantai agar ALovers lebih fokus dalam mengingat kegiatan hari itu. Catatlah semua pengeluaranmu secara perlahan dan teliti agar tidak ada yang terlewat. Catatan ini juga berguna agar ALovers bisa memikirkan hal apa yang ALovers butuhkan dan harus ALovers penuhi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan anggaran yang ALovers dapatkan setiap hari atau bulan ya! Karena itu merupakan salah satu tips hemat anak kost yang wajib.

2. Sedia Makanan Cepat Saji

Kedua yang terpenting sebagai tips hemat anak kost dengan menyediakan makanan cepat saji dan memasak tentunya. Beberapa dari ALovers pasti tidak akan berpikir bahwa makanan cepat saji seperti sosis, kornet, nugget, dan makanan anak kost makanan olahan lainnya dapat membantu ALovers dalam menghemat pengeluaran bukan? Nyatanya agar ALovers bisa lebih berhemat, coba untuk menyediakan makanan olahan di kulkas tempat kost ALovers, dengan begitu ALovers tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memesan makanan melalui ojek online atau membeli makan di luar. Saat menerapkan tips hemat anak kost yang satu ini, jangan lupa untuk tetap mengimbangi dengan konsumsi sayur dan buah ya, agar tubuh ALovers tetap sehat karena ini merupakan makanan anak kost yang tepat dan murah. 

3. Memasak sendiri 

Memasak adalah salah satu tips hemat anak kost yang bisa ALovers lakukan. Cobalah untuk memasak makananmu sendiri, ALovers bisa menghemat pengeluaranmu atau bahkan ALovers bisa tidak mengeluarkan sepeser pun apabila ALovers memasak makanan olahan yang ALovers simpan. Bayangkan, idealnya ALovers akan makan sebanyak 3 kali dalam sehari, apabila harga satu porsi yang ALovers makan adalah 15.000 maka ALovers dalam satu hari harus mengeluarkan uang sebanyak kurang lebih 45.000 rupiah. Apabila ALovers memasak, ALovers hanya perlu membeli bahan-bahan pokok yang harganya jauh lebih murah. Pokoknya, yang pasti ALovers bisa lebih hemat dan lebih sehat.

4. Stock Cemilan yang Bisa Bertahan Lama

Seperti yang kita tahu saat menjalankan Work From Home atau bekerja dari rumah tentunya tak luput dari cemilan yang menemani ALovers saat bekerja. Apabila ALovers adalah tipe orang yang terbiasa mengemil dan tidak kuat untuk tidak jajan maka tips hidup hemat anak kost yang satu ini adalah cara yang efektif. ALovers tidak usah takut cara ini akan menyuruh ALovers untuk berhenti mengemil, tidak, ALovers tetap bisa mengemil kok hanya saja ALovers harus merubah sedikit cemilanmu. Belilah makanan kecil yang mengenyangkan dan bisa bertahan lama, seperti biskuit atau crackers. Hindari makanan kecil yang tidak bisa bertahan lama dan tidak mengenyangkan karena hal itu bisa membuat ALovers membeli cemilan secara terus menerus dan akhirnya membuat ALovers boros.

5. Cuci Baju Sendiri

Saat menjadi anak kost, ALovers akan sulit untuk menemukan pelayanan gratis. Maka perlu tips hemat anak kost untuk hidup dalam kost. Tidak seperti di rumah, ALovers harus melakukan segalanya sendiri. Salah satu kegiatan yang harus ALovers lakukan sendiri adalah mencuci baju. Apabila ALovers tidak ingin mencuci bajumu sendiri, ALovers harus membayar biaya laundry. Nah, kalau dipikir-pikir, apabila ALovers melakukan laundry secara terus-menerus maka biaya laundry ALovers pun akan membengkak. Untuk menghemat biaya laundry, ALovers bisa cuci bajumu sendiri. 

Tenang, tips hemat ala anak kost yang satu ini tidak menyuruh ALovers untuk mencuci semua bajumu. ALovers bisa tetap menaruh bajumu di laundry namun untuk mengurangi biaya, akan lebih baik bila ALovers mencuci baju yang bisa ALovers cuci sendiri seperti kaus rumah, celana rumah, dan pakaian dalam.

6. Menabung

Menabung merupakan tips hemat anak kost yang wajib dilakukan dan hal yang harus ALovers biasakan, hal ini tidak hanya berlaku untuk ALovers yang telah menjadi anak kost saja, namun berlaku juga untuk ALovers yang tidak nge-kost. ALovers bisa melakukannya dengan menyisihkan sedikit uangmu setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Pisahkan uang tabunganmu dengan uang yang akan ALovers pakai nantinya agar tidak tercampur. ALovers dapat menyimpannya di tempat rahasia atau di rekening ALovers.

7. Cari Diskonan dan Gunakan Aplikasi Pemberi Promo

Nah, tips hemat anak kost yang lain adalah dengan cara mencari diskon saat pergi ke tempat makan. ALovers tidak usah malu untuk menjadi discount hunter, dijamin teman-teman ALovers juga pasti akan sangat senang untuk pergi dan makan enak sambil mendapatkan diskon. Selain itu, ALovers juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti aplikasi pemberi pinjaman dan belanja online yang pasti akan membantu ALovers untuk menghemat pengeluaran.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebagai anak kost ALovers dituntut untuk mengatur segala urusanmu sendiri. Anak kost sering sekali menghadapi masalah dan salah satunya adalah masalah keuangan, namun saat ini ada tips hemat anak kost yang telah hadir aplikasi pinjaman dan belanja online yang bisa ALovers gunakan setiap hari. Aplikasi Akulaku kini hadir agar ALovers tetap bisa pergi dan berbelanja setiap hari. Hal ini tentunya merupakan tips hemat anak kost yang sangat jitu!

ALovers akan mendapatkan promo dan diskon langsung tanpa harus menunggu dan tanpa minimal transaksi, menarik sekali bukan? Ini salah satu tips hemat anak kost juga loh. Karena discount yang ALovers dapatkan bisa langsung ALovers gunakan untuk kunjungan atau pembelian selanjutnya. Saat ini aplikasi Akulaku saat ini telah bekerja sama dengan beberapa Merchant. Merchant akan selalu bertambah lho! Jadi jangan lupa untuk mendownload aplikasi Akulaku dan daftar sekarang juga!