menu sarapan

5 Tips bikin Menu Sarapan Pagi yang Sehat Sebelum Berangkat Kerja yang bikin harimu menyenangkan

Hai ALovers! Pasti ALovers sudah sarapan kan hari ini? menu sarapan apa yang ALovers makan pagi ini? Hampir dari semua ALovers tentunya mengerti dan paham akan betapa pentingnya sarapan pagi buat ALovers dimana juga sarapan tersebut sangat mempunyai peran signifikan demi mempertahankan kualitas Kesehatan ALovers. Setelah aktivitas di malam hari, tubuh ALovers juga tentunya memerlukan asupan terbaik di pagi hari sesegera mungkin. Sangat disayangkan banyak di antara ALovers yang mengabaikan menu sarapan sehat pagi ALovers sendiri.

Kita lupa memperhatikan apa yang kita makan berdasarkan apa yang dibutuhkan tubuh. Kita lebih terbiasa makan apa yang kita suka dan buat perut kenyang. Padahal tak semua makanan bisa jadi menu sarapan pagi sehat.

Menus sarapan pagi yang sehat adalah menu sarapan yang mengandung cukup karbohidrat, mineral serta protein. Sarapan pagi bukan soal ALovers harus makan sekenyang mungkin, tetapi lebih baik bila ALovers memperhatikan apa yang dikonsumsi. Untuk lebih mudahnya, berikut tips dalam memilih menu sarapan pagi yang sehat :

1. Menu Sarapan Tinggi proteinmenu sarapan protein tinggi

Banyak studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membantu penderita obesitas dan penderita diabetes tipe 2 untuk menurunkan berat badan. Hal ini akan jauh lebih baik bila asupan protein tinggi diberikan pada pagi hari.

Protein dapat mengatur kinerja otak serta metabolisme selama seharian ALovers bekerja. Selain itu, protein juga dapat mengatur kadar gula darah serta membantu mempertahankan rasa kenyang sehingga pada waktu makan berikutnya ALovers tidak perlu makan berlebih. Itulah mengapa menu sarapan pagi tinggi protein dianjurkan untuk ALovers yang sedang dalam masa diet dan sering disebut dengan menu sarapan pagi untuk diet sehat. Pas banget nih buat ALovers yang sedang merencanakan untuk melakukan diet selama psbb ini, ALovers dapat menerapkan menu sarapan sehat dengan memperbanyak protein dalam menu sarapan ALovers. 

2. Karbohidrat sehat

Mungkin sebagian dari ALovers belum memahami apa itu karbohidrat sehat. Karbohidrat sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat tetapi mengandung rendah gula. Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang disukai oleh tubuh.

Karbohidrat sehat bisa ALovers dapatkan dari gandum, buah atau kacang – kacangan. Makanan tersebut memiliki gula yang rendah tetapi tinggi karbohidrat, jadi sangat baik untuk tubuh. Untuk nasi sebenarnya kurang begitu dianjurkan dalam menu sarapan sehat ALovers. Karena pada dasarnya nasi merupakan bahan makanan yang mengandung gula yang cukup tinggi. ALovers dapat menggantikan nasi dengan bahan makanan yang mengandung karbohidrat sehat dalam resep menu sarapan pagi ALovers.

3. Lemak sehat

menu sarapan lemak sehat

Konsumsi lemak memang sebisa mungkin dihindari, tetapi ingat bahwa lemak merupakan zat penting bagi tubuh. Untuk menu sarapan pagi yang sehat, ALovers tidak harus menghindari lemak, tetapi pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat.

Lemak sehat mengandung vitamin A, D, serta  yang membantu mengatur gula darah dan nafsu makan. ALovers bisa menambahkan makanan seperti yogurt dan alpukat pada menu sarapan ALovers untuk mendapat lemak sehat yang dibutuhkan. Dan juga dengan menerapkan sarapan sehat dengan menggunakan menu lemak yang sehat ALovers dapat menjadikan menu sarapan ALovers menjadi menu sarapan simple. 

4. Kualitas bukan kuantitas

Sebagian orang berpikir bahwa sarapan harus kenyang. Nyatanya, sarapan yang sehat bukan berarti ALovers harus makan hingga merasa sangat kenyang. Sarapan sehat adalah sarapan dengan menu yang sehat dan dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Sangat tidak baik bila ALovers hanya mementingkan kuantitas bukan kualitas.

Jika ALovers sarapan pagi hingga kekenyangan, hal tersebut justru akan menghambat aktivitas ALovers ketika di kantor. Kekenyangan bisa menyebabkan malas bergerak, atau bahkan mengantuk. Oleh karena itu pilihlah sarapan dengan memikirkan kualitas bukan kuantitas. 

Meski sarapan dianggap penting, tapi pastikan porsi makan tidak melebihi kebutuhan kalori harian. Kebutuhan energi orang berbeda-beda. Jumlah kalori yang direkomendasikan oleh American College of Sports Medicine, adalah minimum 1.200 kalori per hari untuk wanita dan 1.800 per hari untuk pria, yang terbagi dalam tiga makan besar dan tiga makan ringan. Maka untuk sarapan, rata-rata jumlah kalori yang disarankan adalah sekitar 300-500 kalori.

Sarapan dengan jumlah kalori yang tepat selain dapat menjaga Kesehatan ALovers dalam jangka panjang. Dengan mengkonsumsi sarapan besar, ALovers dapat menjaga pola makan dan terhindar dari ngemil tidak sehat. Selain itu juga sarapan besar mengurangi porsi makan malam nantinya. Sehingga bermanfaat dalam mengelola keseimbangan glukosa sepanjang hari, membantu turunkan berat badan dan membantu tubuh beraktivitas lebih optimal.

5. Mengandung serat 

Serat pada makanan akan membantu menjaga dan memelihara kesehatan organ pencernaan ALovers. Selain itu, makanan yang tinggi serat akan dapat mempertahankan rasa kenyang ALovers lebih lama.

ALovers akan dapat bekerja dengan baik dan menjalani segala aktivitas tanpa gangguan rasa lapar. Makanan tinggi serat juga sangat berguna bagi ALovers yang sedang menjalani program penurunan berat badan karena dapat membantu ALovers menahan rasa lapar. Jadi kalua ALovers berniat untuk melakukan diet tidak ada salahnya ALovers lebih memperhatikan dari kualitas menu sarapan ALovers.