mengantuk

Mau Tahu Kenapa ALovers Sering Mengantuk Sepanjang Hari? Ini Dia 7 Penyebabnya

Saat ALovers sudah menunjukkan rasa letih dan lelah, biasanya akan mengantuk dan ingin segera tidur untuk mengisi energi kembali, tetapi kelelahan dan kantuk itu sebenarnya hal yang berbeda.

Kesehatan tentunya sangat penting bagi ALovers. Karena dengan menjaga kesehatan tetap fit, ALovers bisa melakukan kegiatan dengan baik dan maksimal. Jika dirasa mengantuk, ALovers akan mengeluarkan segenap tenaga agar tetap terjaga demi produktivitas, kalau lagi kelelahan, kesadaran masih terjaga tapi capeknya masih kerasa. Kelelahan ini bisa disebabkan melakukan aktivitas fisik berlebihan dan kerja keras bagai kuda dan olahraga intens. Tetapi jika sudah mengantuk, obatnya hanya satu : Tidur!

Kenapa Aku Sering Mengantuk Ya?

Rasa kantuk itu sebenarnya sah-sah saja, ini bisa jadi karena kondisi tubuh kamu memang jadwalnya sudah harus tidur, atau bisa jadi memang ALovers-nya kurang tidur. Jika Kula telaah lebih lanjut, seringnya kamu mengantuk itu bisa diindikasikan waktu jam tidur atau ada gejala penyakit tertentu. 

Kula bakal kasih tahu deh kenapa kamu sering mengantuk.

1. Apakah Gaya Hidup Kamu?

Penyebab ngantuk ada kaitannya sama gaya hidup kamu, seperti kerja terus menerus, lembur setiap hari atau karyawan yang bekerja di shift malam. Kasus seperti ini dikarenakan ada adaptasi pada tubuh kamu, dan pasti perlahan-lahan berkurang jika tubuh sudah terbiasa dengan jadwal baru kamu.

2. Apakah Kesehatan Mental Kamu?

Mental yang goyah juga berperan menyebabkan sering terjadi kantuk. Sering merasakan ngantuk juga dapat dialami sama orang yang memiliki kondisi mental yang goyah dan emosian, seperti depresi, tingginya tingkat stres dan sering cemas. Kebosanan dan jemu pun bisa sebabkan rasa kantuk berlebihan.

Ketika ALovers mengalami salah satu gangguan depresi akan membuat kamu sulit untuk mengatur jam tidur.  Untuk masalah ini, ALovers lebih baik periksa ke psikiater, atas apa yang terjadi. Semoga keadaan kamu yang mengalami gejala ini, lekas sembuh dan baik-baik saja.

3. Kondisi Kesehatan Ternyata Berpengaruh Besar

Untuk ALovers yang terkena diabetes, hipotiroid, dan lain-lain, mungkin sering terkena gejala sering mengantuk. Kondisi kesehatan kamu juga berperan besar sebenarnya, sehingga ini mempengaruhi metabolisme tubuh dan kondisi mental.

4. Tergantung Pada Obat-Obatan

Obat-obatan yang seperti antihistamin, penenang sampai obat tidur juga pemicu kenapa kamu menjadi sering merasa ngantuk. Obat-obat ini sudah diberitahukan kalau mengkonsumsinya harus sesuai resep dokter atau baca lengkap di kemasannya. Jadinya tidak disarankan buat dikonsumsi saat melakukan aktivitas. Beritahukan kepada dokter kalau kamu masih merasa ngantuk jika penggunaan obat sudah berhenti.

5. Gangguan Pada Tidur

Sering mengantuk juga bisa disebabkan ALovers mengalami gangguan tidur. Jenis-jenis gangguan tidur itu ada dua :

  • Insomnia

Salah satu gejala gangguan tidur yang satu ini karena kualitas tidur nya tidak baik, sehingga ALovers bisa merasa tidak segar dan malah pengen tidur lagi setelah bangun.

  • Sleep Apnea

Untuk yang satu ini dikarenakan penderitanya suka mendengkur keras, nafas berhenti sebentar-sebentar, suaranya tersedak dan suka terbangun mendadak. ALovers yang merasakan ini biasanya berulang kali henti napas sepanjang tidur, kenapa sering begini? Karena pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga sepanjang hari jadinya mengantuk terus. 

6. Restless Leg Syndrome (RLS)

Biasanya ini dilakukan oleh ALovers tanpa disadari, RLS ini seperti kamu refleks menggerakkan kaki selama berbaring. Ini disebabkan adanya sensasi panas, nyeri di kaki dan merayap. Sensasi ini juga menyebabkan ingin seperti menendang sesuatu.

Karena gejala ini, tidur pun tidak nyenyak dan kondisi badan masih terasa pegal saat terbangun.

  • Parasomnia

Kalau yang ini kondisi dimana saat ALovers lagi tidur, sering berperilaku tidak normal, seperti tidur sambil berjalan bahkah bisa ngigau atau bicara saat tidur. Gejala-gejala lainnya yang bisa kejadian adalah memukul hingga berteriak. ALovers ada yang mengalami ini? Segera cek ke dokter jika memang ada gejala.

  • Narkolepsi

Gejala yang satu ini disebabkan ALovers kebanyakan tidur di siang hari atau sering mendadak terkena kantuk di siang hari sehingga kamu yang sedang melakukan aktivitas ringan bisa tertidur pulas tiba-tiba. Pengidap Narkolepsi akan mengalami “Ketindihan” di mana kamu bisa tidak bergerak saat tidur, bahkan saat mau bangun sekalipun. 

7. Seringnya Minum Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol bisa sewaktu-waktu membuat kamu mengantuk. Tapi bisa-bisa di kemudian hari mengacaukan pola tidur dan membuat seseorang sering mengantuk karena kualitas dan jam tidurnya diganggu. Keseringan minum alkohol bisa membuat waktu tidur jadi singkat, tidak nyenyak dan cenderung tidak segar saat bangun-bangun nanti. Selain itu, minuman beralkohol juga menyebabkan perut menjadi buncit yang tentunya dapat mengganggu produktivitas dan kegiatan kamu ALovers. 

Sebenarnya Jam Tidur Kita Maksimal Berapa Jam Sih?

Semakin bertambah usia ALovers, jam tidur kamu akan bervariasi. Seperti Kula kutip di beberapa studi medis, kebutuhan tidur kamu bisa direkomendasikan di klasifikasi berikut.

  • Dewasa : Usia 65 tahun ke atas butuh 7-8 Jam
  • Remaja : Usia 18-64 tahun membutuhkan 7-9 Jam
  • Anak Sekolah : Usia 6-17 tahun membutuhkan 9-11 Jam
  • Usia Pra-Sekolah : Usia 3-5 tahun, membutuhkan 10-13 Jam
  • Balita : 1-2 Tahun, membutuhkan 11-14 Jam
  • Bayi : 4-11 Bulan, membutuhkan 12-15 Jam
  • Baru Lahir : 3 Bulan, membutuhkan 14-17 Jam

Gimana, ALovers? Jika membaca penjelasan Kula tentang penyakit tidur kamu, kira-kira apakah sudah terjawab dengan membaca artikel tentang mengantuk di atas? Kalau ada yang pas dan gejalanya ada yang sama, agar lebih cepat penanganan, langsung saja cuss periksa ke dokter biar sakitnya nggak berlarut-larut lagi dan tidur kamu menjadi berkualitas lagi.