Peluang Bisnis Online

Dari Internet Berubah Menjadi Uang! Mulai Bisnis Online Kamu Hanya #DiRumahAj

Kenapa ya bisnis model seperti ini diminati banyak orang? Alasannya simpel nih, ALovers :

– Di mana saja bisa dilakukan, tidak mesti berada di satu tempat

– Memiliki modal kecil juga bisa berbisnis online

– Ada jaminan menguntungkan

Selain itu, bisnis online saat ini menjadi pilihan peluang bisnis online buat kamu yang ingin mendapatkan uang, istilahnya ini sebagai usaha sampingan kamu

Sebenarnya apa sih yang dibutuhkan buat bisa bisnis online? Mudah banget loh, ALovers. Kamu wajib memiliki koneksi internet dan keseriusan menjalankan usaha ini, dan pilihan untuk apa yang akan kita jual sebenarnya menjadi peluang bisnis buat kamu 

Nih coba lihat-lihat dulu, cara bisnis online apa yang cocok dengan kamu.

Rekomendasi Usaha Online Buat Kamu Yang Punya Modal Kecil Sekalipun

1. Blogger

Bisnis untuk pemula yang satu ini, cocok banget buat ALovers yang suka menulis cerita pendek atau diary harian. Nah.. Ini kesempatan yang bagus buat kamu  yang dulunya pas kecil suka menulis kisah-kisah manis dan pahit di buku harian (diary), sekarang kamu bisa bercerita di platform blog.

Kalau tulisanmu menarik, tentu mendatangkan pembaca, dan tahu nggak? Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari situ, seperti memasang iklan baris online dari Google Adsense atau jual jasa review sebuah produk.

Buat ALovers yang memiliki bakat terpendamnya sebagai penulis, mungkin ini bisa menjadi peluang bisnis online yang oke banget.

2. Affiliate Market

Bagi yang belum tahu, profesi ini seperti broker atau makelar

Awalnya kamu akan memasarkan dan menjualkan produk/jasa punya orang lain, dengan atas nama pemilik produk atau jasa, jika terjadi kesepakatan transaksi penjualan, kamu bakal “kecipratan” komisi dari yang sudah disepakati. Enak banget kan, ALovers?

Affiliate marketing masih menjadi profesi menjanjikan selama ada banyak pihak yang ingin fokus pada produk dan layanan purna jualnya. Jadi urusan pemasaran dan penjualan sebagian besar bisa diberikan pada seorang affiliate marketer.

Tertarik pada profesi ini? Maka kamu wajib menyediakan platform berikut untuk memulai sebagai affiliate marketer :

– Website/landing page

– akun di affiliate network misalnya JVZoo, Clickbank, Idaff dan lainnya

– akun Facebook ads

– akun Google Ads

– beberapa uang buat beriklan

Jika sudah siap, kamu harus pilih produk yang di affiliate network, untuk landing page di website atau blog, lalu kamu iklankan di Facebook Ads dan Google Ads.

3. Influencer

Pengertian Influencer ini, dia adalah orang yang memiliki cukup banyak followers dan memiliki pengaruh bersama basis followersnya.

Influencer ini bisa seperti Youtuber, Selebgram bahkan Selebtwit. Kalau punya banyak follower di Twitter atau Instagram, kamu bisa memanfaatkan momen ini menjadi influencer.

Followers masih dibawah ribuan? ALovers bisa kok membuat netizen Indonesia follow akun-akun media sosial kamu, syaratnya kamu harus membuat konten yang berkualitas dan penjadwalan konten di jam yang tepat.

Bisnis online sebagai influencer ini, kamu bakal mendapatkan uang dari perusahaan atau vendor yang memakai jasa kamu, karena sudah dibantu memasarkan produk atau layanan via postingan feed atau bisa juga stories.

4. Dropshipping

Kalau ide bisnis ini, caranya mirip dengan affiliate marketing, bedanya kalau dropshipping ini yang dikirimkan adalah produk fisik dan ini tidak ada komisinya. Nah, kamu bisa juga menggunakan bisnis online ini melalui salah satu platform e-commerce untuk memasarkannya. 

Lalu profitnya dari mana? Dari keuntungan selisih harga jual kamu dengan harga beli dari para supplier. Keunggulan lainnya, kamu nggak usah nyetok produk dan pikir bagaimana cara pengirimannya. Kamu cukup berpikir bagaimana memasarkan produk saja.

5. Translator

Saat ini perusahaan banyak membutuhkan posisi pekerjaan yang dimana memiliki kemampuan berbahasa asing, ini dikarenakan perusahaan sekarang, seperti startup, banyak bekerja sama dengan perusahaan asing dan ekspatriat. Karena itu, perusahaan ini juga tak memiliki seseorang yang bisa menerjemahkan bahasa mereka secara fasih.

Jika kamu fasih dan mengerti kosa kata bahasa asing secara fasih, kamu bisa banget menjadi pekerja lepas khusus penerjemah, atau kamu bisa “menjemput bola” dengan menawarkan jasa kepada teman atau kerabat dekat.

Bahkan kamu bisa mengerjakan ini di mana saja, seperti bekerja di rumah atau di kafe sekalipun.

6. Admin Media Sosial

Berterima kasihlah dengan perkembangan teknologi saat ini karena profesi satu ini berkaitan erat dengan media sosial. Perusahaan pun mulai menggeliat memperkenalkan platform jualan mereka di media sosial, bisa home production atau minta bantuan kepada agensi vendor.

Akun media sosial ini nantinya akan dipercayakan kepada satu orang untuk diberikan beban tugas, seperti membuat konten, balas komen dan lain-lain, mau tidak mau perusahaan akan membuka lowongan bahwa mereka sedang mencari posisi admin media sosial.

Profesi admin media sosial juga akan terus berkembang, bisa dikerjakan secara full time atau freelance dan brand awareness perusahaan di platform media sosial menjadi tanggung jawab kamu sepenuhnya, apakah akan naik atau menjadi turun?

7. Vlogger Profesional

Bagaimana dengan profesi Vlogger?

ALovers bisa mengulas beberapa video ulasan, mulai dari kehidupan pribadi, review kuliner di kota tempat tinggal kamu, saat jalan-jalan keluar kota dan lainnya, dan profesi ini digandrungi beberapa generasi milenial hingga generasi Z.

Kalau kamu lihai memanfaatkan peluang, pekerjaan vlogger ini bisa mendatangkan rejeki yang banyak. Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan kamera smartphone kamu sebagai modal awal menjadi vlogger, kalau sudah ada rejeki, barulah membeli kamera

Dan modal untuk menjadi vlogger sejati, cuma tiga saja kok :

– Percaya Diri 

– Kreatif

– Punya kemampuan mengedit video

Bagaimana, ALovers? Kira-kira dari semua bisnis online yang sudah Kula saranin kamu jadi ingin mendalami yang mana nih?

Kalau sudah dapat pilihannya, jangan gampang menyerah ya, saat kamu gagal atau belum dapat klien.