Dari Rumah Bisa Mendatangkan Uang! Cobain Yuk Bisnis Rumahan Berikut Ini.

 ALovers pasti saat ini membutuhkan banyak pemasukan, pernah terpikirkan nggal memulai usaha bisnis rumahan untuk menambah pundi-pundi keuangan agar ekonomi tetap stabil?

Nah.. Kula yakin banget di saat masa pandemi ini, ada suatu hal yang pastinya mengganggu stabilitas pemasukan ekonomi kamu, contohnya ALovers terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau pemotongan gaji hingga 50% oleh perusahaan, ini jelas keadaan yang memusingkan kepala.

Ditambah lagi kebutuhan harian seperti rumah tangga, transportasi dan lain-lain rasanya tidak akan cukup jika mengandalkan gaji bulanan, harus ada cara lain agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Cara itu adalah ALovers mulai memikirkan pilihan ide bisnis sampingan dan terlihat menjanjikan, bersyukurlah kamu hidup di jaman sekarang, karena majunya teknologi digital memberikan kemudahan untuk memulai bisnis, walaupun dari smartphone sekalipun.

Buat ALovers yang mau mencari dana pemasukan, berikut ini Kula pilih beberapa ide bisnis usaha rumahan menjanjikan yang bisa kamu praktekkan untuk saat ini

1. Usaha Katering

Suka masak memasak dan punya antusiasme penuh di bidang kuliner? Kayaknya ALovers bisa coba bisnis katering rumahan sebagai pilihan bisnis di rumah.

Tidak usah khawatir kalau bisnis katering akan redup, soalnya saat ini sudah banyak bisnis katering sudah menjadi besar, bahkan menjadi perusahaan, yang awalnya dari rumahan. Segalanya memang membutuhkan proses dan di bisnis ini, kamu sebenarnya wajib memiliki skill memasak dan kepiawaian dalam meracik bumbu dan makanan untuk menjadi masakan yang lezat.

Kamu bisa membuat katering untuk bekal sekolahan dan karyawan, bisa juga katering untuk rumah tangga di sekitar rumah hingga pilihan menu sehat tanpa garam dan kalori rendah untuk ALovers yang diet

2. Warung Makan

Jika rumah ALovers terletak di kawasan lalu lalang yang ramai, mungkin bisa mempertimbangkan membuka warung makan sebagai bisnis sampingan di rumah.

Untuk pemilihan menu, ALovers jangan mematok harga yang tinggi dan menu yang terlihat “asing” untuk pengunjung warung makan, yang pastinya rata-rata warga sekitar. Ada baiknya kamu menyajikan masakan dan makanan rumahan, dijamin deh kalau warung makanan kamu ramai, pasti keuntungannya bisa berlipat ganda.

3. Menulis Blog

Untuk bisnis yang satu ini adalah usaha tanpa modal yang banyak, ALovers cukup membutuhkan skill menulis saja, bisnis rumahan blogger writer ini bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, apalagi kalau konten kamu dikemas dalam penulisan yang ramah, sesuai dengan kriteria SEO.

Jika beruntung, website blog kamu akan diminati beberapa pihak untuk dipasang iklan, bisa juga kamu mendapatkan endorse untuk sebuah campaign atau promosi sebuah produk.

Tertarik mencobanya, ALovers?

4. Kios Makan Take Away dan Delivery

Pengen buka warung makan tapi modal kamu nggak cukup menyanggupi biaya kebersihan dan pelayanan layaknya sebuah restoran? Kamu mungkin bisa mencoba bisnis warung makan take away dan delivery.

Untuk pengalokasian biaya, ALovers cukup fokus dalam penyajian makanannya (harus variatif, jangan menu yang itu-itu saja) dan transportasi delivery apa yang akan dipakai. Jika memakai sepeda kayuh, mungkin jaraknya hanya sekitar komplek rumah, atau jika menggunakan motor, kamu bisa mengirim hingga jarak jauh, tapi wajib diperhatikan jarak maksimumnya. Jangan sampai ada pelanggan yang memesan, jaraknya hingga 20 km ke atas.

5. Fotografer

Punya skill fotografi, terus di rumah kamu ada ruangan kosong tidak terpakai? Kamu bisa memulai bisnis fotografi, dengan menjadikan ruangan kosong tadi sebagai kantor atau studio.

Bisnis ini sebenarnya tidak 100% membuat kamu berada di rumah, karena pelanggan kamu, atau biasa dipanggil klien, pasti memiliki request foto konsep pemandangan outdoor, dan tidak selamanya di studio.

Jangan lupa kalau ingin  membuka usaha bisnis ini, kamu harus melengkapi alat-alat fotografi-nya terlebih dahulu

6. Kios Gadget

Jika rumah kamu tepat berada di depan jalan raya, otomatis suasananya akan ramai dan akan dilalui banyak orang, kalau tempatnya mencukupi, coba mulai usaha jual beli gadget sebagai usaha sampingan ALovers.

Gadget nya pun harus beragam, mulai dari smartphone, tablet hingga konsol game, yang siap dijual dari rumah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Akulaku untuk dijual secara online, jadinya usaha kamu akan mendapatkan perhatian banyak dari orang-orang diluar.

7. Desainer Grafis

Profesi yang satu ini merupakan bisnis rumahan usaha kreatif yang waktunya fleksibel, mau dikerjakan secar full time atau paruh waktu juga bisa. Bisnis desain grafis ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi bisnis rumahan.

ALovers bisa daftarkan diri di situs pencari freelance, untuk bisa terkoneksi dengan beberapa klien yang ingin menggunakan jasa desain grafis, atau kamu bisa ikutan sayembara berhadiah di sering diadakan perusahaan swasta maupun pemerintahan. Kalau hasilnya bagus, kamu bakal mendapatkan hadiah, kalau belum, hitung-hitung anggap aja ini portfolio design.

8. Rental Game

Bisnis yang satu ini akan berjalan sukses jika iklim pasar di sekitaran rumah kamu, banyak remaja daripada usia matang. Bisnis rumahan rental game juga salah satu bisnis yang bisa diaplikasikan di rumah.

9. Laundry 

Dikarenakan banyak orang bekerja dari pagi maupun sampai malam, ALovers tidak sempat melakukan tugas rumah tangga yang dibiarkan, seperti halnya urusan cuci mencuci.

Ide bisnis Laundry ini sebenarnya cukup menjanjikan, apalagi kalau kamu tinggal di kawasan ramai sama kosan mahasiswa dan pegawai, karena biasanya mereka tidak punya waktu, tenaga hingga niat mencuci karena sudah lelah menjalani aktivitas.

10. Cuci Mobil atau Motor

Bisnis pencucian mobil dan motor ini salah satu jenis usaha yang banyak diminati pelanggan, karena hampir setiap pemilik kendaraan selalu ingin terlihat bersih dan kinclong buat kendaraannya, tetapi mereka tidak punya waktu atau malas mencuci.

Usaha ini dianjurkan buat kamu yang memiliki pekarangan rumah yang cukup besar, sebagai lapak tempat usaha.

Nah.. Sudah mulai punya gambaran bisnis rumahan apa yang ingin ditekuni? Yang pasti, kalau pilihan kamu sudah matang ingin berusaha apa, Kula doain semoga bisnis rumahan kamu sukses dan bisa membantu pemasukan saat masa-masa pandemi ini.