Interview kerja ini bikin saya sukses dan senang

Kali ini kita akan membahas tips interview kerja yang mudah diterapkan, khususnya bagi pekerja yang belum berpengalaman dan bisa juga buat ALovers yang berstatus Fresh Graduate.

Sangat wajar sekali buat yang belum memiliki pengalaman di-interview HRD sebuah perusahaan, akan menimbulkan perasaan grogi. Boleh saja merasa khawatir, karena ini akan menjadi pengalaman pertama tetapi jika ALovers sudah memiliki persiapan matang, pasti kamu bisa menghadapi segala momen yang akan terjadi.

Tanpa basa-basi lagi, berikut Kula kasih deh apa saja yang harus kamu persiapkan saat dipanggil wawancara kerja, biar HRD nya klepek-klepek liat kamu.

Fresh Graduate Wajib Baca Ini!

1. Semua Diawali Oleh Kepribadian Kamu

ALovers harus tahu kalau pengalaman kerja bukanlah salah satu faktor utama ketika akan mendapatkan kerja, melainkan kepribadian kamulah yang akan diperhatikan HRD.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan platform pencarian kerja, dikatakan kepribadian pelamar kerja bakal mempengaruhi 70 persen penilaian perusahaan, setelah kriteria skill keterampilan dan pengalaman kerja, pendidikan? Cuma 18 persen saja.

Asal kamu tahu, kepribadian yang sangat dihindari oleh HRD dan perusahaan adalah sifat arogan, congkak, berbohong dan berpikiran sempit.

2. Interview Kerja Tatap Muka

ALovers kudu ingat tips-tips sederhana ini, yang sangat wajib diingat dan latih di rumah. Kalau perlu memang sampai dihafal, karena pertanyaan ini sangat sering ditanyakan oleh HRD :

–  Ceritakan kemampuan kamu dengan pembawaan penuh antusias dan percaya diri saat menyampaikan

– To The Point, penjelasan berbelit-belit akan membuat HRD pusing, dan parahnya kamu bisa langsung dicoret di tempat

– Yang terpenting, kamu adalah The Team Player, mampu bekerja bersama tim dan tidak individualis

3. Interview Kerja Secara Online

Dalam keadaan seperti ini, sangat memungkinkan wawancara dilakukan dengan online seperti video call, karena demi efisiensi dan kepraktisan.

Kalau sudah janji buat interview via video call, apa yang harus kamu lakukan? Berikut nih ada sedikit tips dari kita.

– Periksa dulu laptop atau perlengkapan gadget yang digunakan, apakah berfungsi dengan baik atau tidak, karena ini menghindari kesan tidak baik dan imager yang buruk

– Tatap mata kamera webcam yang ada di laptop, jangan gambar yang ada di layar ada. Kamu harus menjaga kontak mata dengan HRD

– Berpenampilan sopan dan resmi, walaupun kamu tidak berhadapan langsung, sebisa mungkin timbulkan kesan kalau HRD tahu kamu serius untuk interview ini.

4. Pertanyaan Apa Yang Sering Muncul Saat Interview?

Ketika interview kerja, seringkali pewawancara melontarkan pertanyaan yang sebenarnya sering diulang berkali-kali dan jawabannya itu semua tergantung sama ALovers. Nah biar nggak bingung, berikut pertanyaan interview yang sering muncul saat interview kerja. 

  • “Ceritakan tentang diri anda”

Jika pertanyaan ini muncul, ini saatnya kamu mendeskripsikan tentang diri kamu, tidak melulu ditanya kepribadian dan kesesuaian karakter kamu dengan perusahaan yang ingin diketahui HRD atau pewawancara.

Pertanyaan ini fungsinya mengukur kemampuan berkomunikasi kamu. Jadinya kamu harus jawab dengan tenang tanpa gugup sekalipun. Biar makin keren, kamu bisa menceritakan apa yang belum ada di resume atau CV. Kemampuan kamu mempresentasikan diri sangat diperhatikan.

  • “Kenapa kamu tertarik kerja di sini?”

Disini, pewawancara pengen tau kamu serius nggak bergabung di perusahaan. Ada baiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan tentang profil perusahaan dan posisi yang kamu apply.

  • “Jelasin kelemahan kamu dong”

Pertanyaan ini sebenarnya menilai apakah kamu seorang yang jujur dan terbuka akan kemampuan diri sendiri, sangat tidak disarankan menjawab tidak memiliki kelemahan, karena memberikan kesan sombong dan tidak jujur.

Biar aman, ALovers cari satu skill yang kamu nggak jago-jago amat, tetapi juga bukan kelemahan fatal, sertakan juga solusi untuk menanggulangi kelemahan tersebut.

5. Tetapi Ada Juga Pertanyaan Menjebak

Disaat ada pertanyaan template atau diulang secara terus menerus, ada juga pewawancara akan memberikan pertanyaan yang agak mengernyitkan dahi untuk kandidat karyawan.

  • “Apa passion kamu?”

Passion kandidat karyawan bisa jadi faktor penting yang mengantarkannya pada sukses, kalau kamu berpikir lama buat menjawab pertanyaan ini, kamu akan dinilai tidak terlalu bagus di mata pewawancara, jadi siapkan jawaban masuk akal tentang apa passion kamu.

  • “Apa pencapaian kamu yang paling besar?

Tujuan dari pertanyaan ini untuk mengukur kejujuran kandidat tentang prestasinya selama ini. Kemudian, pewawancara akan menarik kesimpulan seperti kelebihan dan kekurangan si kandidat.

6. Persiapkan Psikologi Kamu Untuk Interview

Trik yang satu ini membuat diri kamu saat interview nanti menjadi tenang, dan yang terpenting ALovers akan memiliki kadar percaya diri yang tinggi.

  • Lakukan kontak mata saat bertatap muka.

Begitu sampai di ruang interview, mohon sampingkan rasa jengah dan langsung tatap mata pewawancara saat pertama kali bertatap muka atau jabat tangan. Selain itu, tetap fokus pada pembicaraan sambil terus kontak mata, selama sesi wawancara berlangsung.

  • Berbicaralah ekspresif.

Kalau ingin menarik perhatian pewawancara dan memberikan kesan pintar, janganlah kamu bicara dengan nada monoton. Jika ada momen menjelaskan informasi kurang penting, bicaralah dengan nada cepat dan saat memberikan penjelasan tentang konsep atau informasi yang mungkin pewawancara belum tahun, gunakanlah nada bicara pelan. Selama pembicaraan, sah-sah saja menggerakkan tangan tapi jangan berlebihan. 

Simpel sekali kan, ALovers? Demikian tips interview kerja kali ini, Kula sih berharap kisi-kisi yang sudah dikasih tahu di atas, bakal berguna banget buat kamu, apalagi buat baru lulus wisuda dan menyandang status Fresh Graduate.