Kopi banyak manfaatnya bisa bahagia dan sehat

ALovers bisa menyebutkan nggak apa manfaat kopi untuk tubuh kamu? Nah.. Disini Kula akan membahas dengan lengkap, manfaat serta efek apa saja yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi kopi.

Kopi saat ini seperti sudah menjadi ritual minuman bagi sebagian orang. Rasanya yang pahit membuat candu bagi para pecinta kopi. Meski awalnya minuman kopi hanya digemari oleh orang-orang yang sudah berumur (contohnya umur 30an keatas). Namun pada perjalanannya, kopi sekarang mulai digemari oleh anak muda khususnya kaum milenial dan generasi Z. Berkat inovasi rasa yang bermunculan membuat orang-orang semakin tertarik untuk mencoba varian kopi. 

Tren “ngopi” saat ini sudah menjamur di kota-kota besar lainya di Indonesia, salah satunya di Jakarta. Banyak kaum muda-mudi yang menghabiskan waktunya untuk nongkrong, meeting, ataupun kerja di tempat kopi. Pasti ALovers juga salah satu yang sering ngopi setiap harinya kan? Hal ini terjadi karena banyaknya kedai kopi yang memberikan fasilitas terbilang cukup nyaman dan “pewe” buat sebagian orang. Sehingga rela berjam-jam di kedai kopi dan senang mencicipi varian kopi, seperti Robusta dan Arabica. Walaupun sudah bukan rahasia umum lagi, kalau semua jenis kopi mengandung kafein dan mengakibatkan efek samping seperti insomnia ataupun sakit perut bagi kamu yang belum terbiasa minum kopi.

Ada info penting dari Kula buat kamu ALovers. Indonesia menjadi salah satu negara produsen kopi nomor empat di dunia, lho! Pasalnya, banyak jenis-jenis kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Nah.. Kula kasih tau nih jenis jenis kopi lokal yang cukup terkenal seperti: Kopi Aceh Gayo, Kopi Luwak, Kopi Kintamani Bali, dan Kopi Flores. 

Pasti kamu pengen tahu kan, apa aja sih manfaat kopi bagi tubuh kamu? Kula sudah mengumpulkan dan meringkas beberapa manfaat kopi dari berbagai sumber buat kamu. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

ALovers Anak Ngopi? Wajib Tahu Manfaat Dari Kopi!

1. Membantu Mengurangi Stres

Setiap orang pasti memiliki beragam permasalahan yang berbeda-beda. Pastinyal terkadang membuat kamu stres, pusing atau depresi dalam menghadapinya. Mulai dari masalah deadline tugas kuliah atau pekerjaan kantor yang tiap hari makin menumpuk. Menurut Michael Lucas, seorang peneliti menjelaskan bahwa secangkir kopi dapat membantu mengurangi stres. Hal ini diungkapkan karena secangkir kopi akan memberikan efek segar dan rileks bagi pikiran. Tuh.. Kalau merasa gundah gulana, ALovers udah tahu kan harus minum apa biar jadi ceria lagi? 

2. Meningkatkan Antioksidan

Kamu harus tau nih, ALovers. Antioksidan tidak hanya di dapat dari sayuran atau buah-buahan saja. Dalam penelitian, kopi ternyata bisa membantu meningkatkan antioksidan di dalam tubuh kamu. Manfaat antioksidan bagi tubuh kamu yaitu untuk melindungi sekaligus menangkal sel-sel tubuh dari radikal bebas atau racun-racun yang ada di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Stamina Produktivitas

Seperti yang kita ketahui bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Sudah tidak heran jika kopi dianggap sebagai jimat bagi sebagian orang untuk membantu meningkatkan stamina produktivitas kerja mereka, khususnya bagi mereka yang kerja di malam hari untuk menghilangkan rasa kantuk.

4. Melindungi Dari Penyakit Parkinson

Parkinson merupakan penyakit saraf yang disebabkan karena adanya gangguan otak, khususnya di sistem saraf pusat otak. Hal ini mengakibatkan kemunduran atau keterlambatan manusia dalam melakukan gerakan tubuh. Biasanya penderita mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan tubuh, bicara, hingga berjalan. Berdasarkan hal itu lah, kopi dinilai dapat membantu melindungi diri dari resiko penyakit Parkinson.

5. Menjaga Berat Tubuh Ideal

Kopi hitam tanpa gula dan jenis sirup pemanis lainnya ternyata dapat membantu menjaga berat tubuh ideal karena memiliki kadar kalori yang cukup rendah. Biasakan kalau kamu ke kedai kopi atau coffee shop minta lah kepada barista untuk mengurangi gula agar kamu tetap dapat menjaga berat badan saat kamu mengonsumsi kopi.

6. Mengurangi Wajah Kusam

Buat kamu yang merasa kurang percaya diri karena wajah kusam. Wajib banget nih, cobain masker wajah dari kopi. Tidak hanya bisa untuk dikonsumsi, tapi juga bisa membantu mengurangi sekaligus mencerahkan wajah kamu dari kulit yang kusam, lho. Pasti yang perempuan sudah banyak melihat produk kecantikan yang menggunakan bahan kopi karena mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas yang menempel di wajah.

7. Menyamarkan Bekas Jerawat

Paling jengkel, kalau habis jerawatan muncul bekasnya yang susah buat dihilangkan. Kula punya solusi buat kamu. Buatlah scrub wajah yang terbuat dari kopi dan pijat perlahan ke wajah kamu, kemudian bilas dengan air hangat. 

8. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Dalam penelitian Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa dalam tiap satu cangkir kopi dapat memberikan manfaat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7%. Kandungan Klorogenik dan Alkaloid Trigonelin yang terdapat dalam kopi khususnya kopi tanpa gula dapat mengurangi kadar Glukosa dan Insulin dalam tubuh manusia. Berdasarkan hal tersebut, kopi dinilai dapat mengurangi risiko diabetes. 

Itu tadi 8 manfaat kopi bagi tubuh yang belum kamu ketahui. Ternyata tidak hanya ada efek samping kopi, namun juga banyak manfaat kopi yang bagus untuk kesehatan tubuh. 

Walaupun banyak manfaatnya, tapi kamu jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi kopi ya, ALovers!