Koneksi Wifi

Cara efektif mempercepat koneksi wifi kamu ngebut lagi

Untuk zaman modern saat ini, koneksi internet tanpa kabel seperti WiFi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, akan sangat mengesalkan kalau tiba-tiba lemot. Untuk itu Kula memberikan tips cara mempercepat koneksi WiFi, yang akan Kula jelaskan secara singkat dan jelas di artikel ini.

Kula beri contoh, saat kamu pergi ke kafe atau restoran, yang akan kamu tanyakan pertama kali bukan ingin memesan apa, tapi ada tidak koneksi WiFi disini, bahkan untuk sebuah kost-kostan mahasiswa atau karyawan, orang yang akan menempati kamar kost pasti akan menanyakan, apakah kamarnya sudah disediakan Wifi apa belum. Jadi sudah sangat dibutuhkan sekali bukan bahwa WiFi ini dibutuhkan banyak orang?

Biasanya akan ada kejadian dimana koneksi WiFi menjadi lambat, aktivitas streaming, download hingga pekerjaan bakalan terganggu gara-gara ini, dan sebenarnya untuk mengatasi agar koneksi jadi kencang lagi banyak loh.

Nah.. Kula akan jelaskan di bawah ini, monggo disimak ya cara mempercepat koneksi wifi ALovers.

Cara mempercepat koneksi WiFi
Cara mempercepat koneksi WiFi

Pakai Cara Ini, Biar WiFi Jadi Cepat Lagi

1. Cobalah Lakukan Network Reset dan Flushing DNS

Flush DNS disini gunanya mereset cache DNS komputer yang digunakan untuk menyesuaikan informasi-informasi perubahan yang terjadi di suatu domain, name server, DNS data baru. Kalau ALovers bisa melakukannya, nantinya masalah koneksi internet yang tidak stabil akan teratasi.

Panduang untuk reset network dan flushing DNS :

– Klik Command Prompt, klik kanan dan pilih mode Run As Administrator

– Ketikkan ipconfig/flushdns, kemudian klik keyboard

– Setelah selesai, ketik ipconfig/renew, lalu klik enter

– Close window Command Prompt-nya dan coba akses internet

Mudah-mudahan bisa lancar lagi ya, ALovers.

2. Area Sepi Menentukan Kecepatan WiFi mu

Kalau ingin memakai internet di ruang terbuka seperti kafe atau restoran, ada baiknya ALovers pilih kafe atau restoran yang pengunjungnya tidak membludak agar koneksi internetnya tetap lancar. Karena, ramainya suatu tempat akan sangat berpengaruh ke koneksi internet.

Saran Kula, jika ingin memang ingin fokus WiFi-an tanpa ingin nongkrong dengan teman, sebaiknya kamu datang di kisaran jam 2-3 sore, karena cafe itu biasanya ramai pada jam-jam malam.

3. Antena Router Sudah Pas Atau Belum?

Cara mempercepat koneksi WiFi berikutnya adalah antena router, Arah posisi antena router juga berpengaruh sama kecepatan koneksi internet kamu loh, ALovers. Kula saranin posisi router berdiri tegak, jangan miring ke samping kanan atau ke kiri, ada yang mengatakan router jadi lebih mudah tangkap sinyal dan menyalurkan sinyal ke perangkat yang digunakan.

Pastiin juga kalau kabel router yang kamu gunakan dalam keadaan baik. Jadi kalau kabel putus atau robek pada kulit bagian luar, sebaiknya ALovers perbaiki agar koneksinya tidak lemah.

4. cara mempercepat koneksi WiFi dengan Install WiFi Switcher

Kalau tips yang ini, khusus buat smartphone, jadi ALovers kudu wajib instal WiFi Switcher, kamu bisa cari aplikasinya di Google Play Store, tenang aja, aplikasinya ada yang gratisan kok.

Sudah selesai di-download, langsung pilih menu “Izinkan” agar aplikasinya bisa dijalankan dengan baik, buka aplikasinya dan klik menu yang disediakan agar koneksi WiFi lancar jaya lagi.

5. Periksalah Kecepatan Internet

Hal yang paling dasar ketika kamu mengetahui koneksi WiFi lagi jelek, adalah mengecek kecepatan internet yang ada di WiFi kamu. Apabila koneksi internet kamu terhambat, tetapi di router nya tidak ada masalah sama sekali. Ada kemungkinan masalahnya bukan di WiFi tapi provider penyedia layanan internet.

Kula saranin kamu segera hubungi admin atau petugas provider layanan internet jika saat itu, sedang ada gangguan yang menyebabkan kamu tidak bisa browsing internet.

6. Setelah Itu, Periksa Juga Kekuatan Sinyal WiFi

Jika sudah mengecek kecepatan internet, ALovers langsung cek juga seberapa kuat sinyal yang dipancarkan sama router WiFi kamu. Kalau mau periksa, bisa kok memanfaatkan aplikasi khusus buat cek kekuatan sinyal yang bisa kamu dapatkan di Google.

Sinyal WiFi harus berada di kisaran 60 dBm hingga lebih -50 dBm atau di atasnya. Jika berada di bawah -70 dBm, sinyal pun bisa dibilang terlalu lemah dan tidak mampu memberikan koneksi yang baik.

7. Beli Router Berkualitas Tinggi

Sudah berapa lama usia pemakaian router-mu, ALovers? Jika tergolong lebih dari setahun, kemungkinan usia router punya kamu sering mengalami kerusakan sehingga performanya menurun, atau ALovers menggunakan perangkat berkualitas rendah.

Kalau sudah begitu, lebih baik kamu beli router berkualitas bagus untuk menerapkan cara mempercepat koneksi WiFi ALovers. Tidak apa mengeluarkan sedikit uang lebih untuk router baru kualitas lebih baik, akan sangat membantu kamu untuk memiliki sinyal internet lancar jaya.

8. Letakkan Router WiFI di Tempat Sinyal Yang Kuat

Faktor yang terpenting cara mempercepat konkesi wifi agar lancar jaya mungkin memastikan lokasi router WiFi tidak terhalang oleh benda-benda di sekitarnya. Sebagai contohnya seperti ini nih :

  • Jangan meletakkan router di tempat terhalang tembok atau besi
  • ALovers coba gunakan repeater, alat yang berfungsi menangkap sinyal WiFi kemudian dipancarkan ke gadget kamu, untuk mempercepat koneksi WiFi.
  • Jauhi router kamu dengan peralatan-peralatan yang berhubungan Bluetooth, seperti komputer atau microwave. Banyak kasus lambatnya sinyal WiFi karena terbenturnya sinyal peralatan-peralatan itu

Nah.. Daripada marah-marah nggak jelas gara-gara WiFi Lemot, mungkin ada baiknya energi itu digunakan mencari tahu apa penyebabnya terlebih dahulu. Apakah dari router WiFi nya atau koneksi internet kamu yang bermasalah.