Simpan Artikel Ini! Tips Liburan Murah Setelah Wabah Corona.

Selama menjalani karantina mandiri dan bekerja di rumah, beberapa ALovers pasti menginginkan tips liburan murah karena sudah pasti, kamu ingin pergi liburan murah menghilangkan penat tapi nggak bikin kantong merana kan?

Kurang lebih sudah dua bulan masyarakat di Indonesia menjalankan aktivitas seperti bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tidak hanya aktivitas tersebut, berbagai kegiatan rasanya sudah dicoba demi menghilangkan rasa suntuk dan kebosanan yang memuncak akibat adanya peraturan dari pemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Hal tersebut dilakukan demi memutus rantai penyebaran COVID-19. Liburan sepertinya menjadi impian setiap orang untuk ‘kabur’ dari rasa bosan selama di rumah saja. Salah satunya pasti kamu kan, ALovers?

Tenang, tidak ada salahnya kok kamu menyiapkan rencana liburan yang bisa kamu lakukan setelah wabah corona pergi dari muka bumi ini. Liburan murah rasanya jadi solusi yang pas buat kamu yang pendapatannya ikut terdampak akibat Corona. Supaya liburanmu menyenangkan, sepertinya kamu harus memiliki strategi khusus agar rencanamu bisa berjalan lancar mulus dan bebas tanpa hambatan. 

Nah, mau tau gimana tips liburan murah ala Kula? Yuk simak info berikut ini:

1. Pilih Tempat Liburan Sesuai Budget

Kata siapa liburan harus mahal? Ingat ya ALovers, liburan tidak harus mahal tapi menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Survei tempat liburan murah melalui internet merupakan cara yang paling mudah dengan browsing ke berbagai platform atau web travel yang bisa kamu cari di Google. Kalau kamu punya budget pas-pasan kamu bisa liburan murah ke wahana terdekat dengan tempat tinggal kamu, ALovers. Kamu juga bisa mencari tiket murah dengan mencicilnya melalui layanan aplikasi pinjaman online

Bila kamu tinggal di daerah Jakarta, pilihlah tempat wisata di Jakarta yang tidak jauh dari rumah kamu supaya bisa menghemat budget. Ancol dan Pulau Seribu  menjadi salah satu destinasi wisata Jakarta yang bisa menjadi solusi pas buat kamu yang ingin menikmati pemandangan pantai dan laut tanpa harus jauh-jauh ke Bali yang pastinya membutuhkan biaya lebih mahal. Saran dari Kula, carilah paket liburan murah yang terpercaya supaya liburan kamu bisa lebih mudah dan menyenangkan. Tidak hanya survei melalui internet, kamu juga bisa meminta rekomendasi dengan teman atau orang yang sudah berpengalaman. 

2. Manfaatkan Promo

Buat kamu yang ingin pergi ke luar kota atau luar negeri, sepertinya kamu harus menjadi fakir promo demi menekan biaya akomodasi liburan. Setiap maskapai pesawat biasanya mengadakan promo dalam periode tertentu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk sering mengecek atau membandingkan harga secara berkala hingga menemukan harga yang sesuai dengan budget kamu. 

Kula saranin, kamu bisa membeli tiket pesawat di Akulaku. Cuma di Akulaku, kamu bisa beli tiket pesawat dengan cara cicilan tanpa kartu kredit. Tidak cuma itu, kamu bisa asyik liburan, bayarnya belakangan. 

3. Pilih Waktu Yang Tepat

Satu hal yang gak kalah penting saat ingin liburan, yaitu dengan memilih waktu yang tepat. Dalam hal ini, memilih waktu yang pas bisa memudahkan sekaligus meningkatkan mood kamu, lho. Coba bayangkan, ketika kamu liburan di saat peak season ke tempat wisata terdekat dari Jakarta, seperti Puncak. Pasti kamu akan terjebak macet hingga berjam-jam. Berlibur di tempat wisata yang dipenuhi banyak orang bukannya merasa senang yang ada kamu akan merasakan bete dan akan mempengaruhi mood liburan kamu. Itulah sebabnya pemilihan waktu yang tepat menjadi salah satu hal penting saat merencanakan liburan. 

Pilihlah saat low season selain menghindari banyaknya orang, kamu juga bisa berhemat karena beberapa harga akan lebih murah dibanding saat musim liburan. Lalu gimana cara memilih waktu yang pas? Kamu bisa mulai memanfaatkan waktu cuti supaya liburan kamu bersama teman atau orang terdekat jadi lebih mengasyikan. 

4. Menyusun Itinerary

Setelah menentukan waktu liburan yang tepat, kamu bisa memulai menyusun itinerary. Pada tahap ini, kamu dapat memperkirakan kapan waktu yang pas untuk mengunjungi destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Buatlah timeline atau jadwal perjalanan mulai dari berangkat hingga pulang. Hal ini dilakukan agar liburan kamu bisa lebih terstruktur agar rencana yang sudah kamu buat tidak menjadi berantakan dan liburan menjadi lebih menyenangkan.

5. Memilih Penginapan Sesuai Budget

Biasanya semakin dekat penginapan dengan tempat destinasi wisata, harganya akan semakin mahal. Oleh karena itu, kamu harus pintar mencari hotel murah yang menyesuaikan budget kamu, supaya pengeluaran kamu tidak habis hanya untuk tempat penginapan dan bisa memanfaatkan dana yang ada untuk keperluan yang lain.

6. Backpacker

Salah satu tips liburan murah yang wajib kamu coba yaitu dengan Backpacker-an. Dengan cara ini, kamu bisa menjelajah berbagai sudut kota dengan pengalaman baru yang lebih menantang dan belum pernah kamu coba sebelumnya. 

7. Gunakan Transportasi Umum

Supaya liburan kamu makin seru, lebih asyik kalau kamu menggunakan transportasi umum. Kamu tidak perlu memikirkan biaya parkir ataupun bensin. Selain itu, kamu juga bisa lebih mengenal daerah yang ingin kamu kunjungi  dan merasakan transportasi umum yang khas dari daerah tersebut. 

8. Cari Oleh-Oleh Buatan Warga Lokal

Setiap liburan biasanya identik dengan membeli cinderamata atau oleh-oleh untuk dibagikan ke teman ataupun hanya sekedar untuk kenang-kenangan. Tips dari Kula, sebaiknya membeli oleh-oleh yang ciri khas dari daerah tersebut, usahakan untuk membeli dari warga lokal bukan di pusat souvenir yang kadang harganya bisa lebih mahal.  

Nah, jadi gimana ALovers? Sudah makin paham dong tips paket liburan murah dari Kula. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin liburan tanpa membutuhkan budget yang mahal.