Hemat keuangan saat new normal makmur dan kaya

Akhirnya kita memasuki fase New Normal, disini ALovers wajib belajar beradaptasi dengan protokol kesehatan dan aturan baru, dan kamu juga perlu tahu untuk cara hidup hemat saat masa transisi ini. Loh mengapa begitu ya?

Harus diakui, gaya hidup kita akan berubah total saat fase new normal, diikuti kebiasaan baru lainnya seperti memakai masker kemana-mana, makan di restoran disekat oleh kaca hingga rutin membeli hand sanitizer dan desinfektan untuk menghindari penularan virus.

Perubahan semacam ini juga akan mempengaruhi keuangan kamu, harus ada beberapa kebutuhan pos untuk dipenuhi.

Biar nggak bingung, Nih Kula kasih tahu cara berhemat dan bagaimana mengatur keuangan menjadi lebih hemat dan aman saat new normal ini.

Tips Menghemat Di Masa New Normal, Wajib Diikuti Nih.

1. Atur Kembali Pos Pengeluaran

Pada masa New Normal ini, beberapa pos pengeluaran harus ada yang ditambahkan pada perencanaan keuangan kamu, misalnya kamu wajib memberi beberapa barang yang sudah masuk di protokol kesehatan baru, sesuai arahan Kemenkes. 

Membeli masker, hand sanitizer, desinfektan dan sarung tangan (jika diperlukan) adalah daftar belanja tambahan yang wajib masuk di pos pengeluaran. Selain itu, sisihkan juga beberapa uang untuk membeli makanan-makanan sehat, seperti vitamin, buah-buahan, susu dll agar sistem imun tubuh tetap kuat.

Jadinya kamu wajib evaluasi pengeluaran untuk dialihkan ke kebutuhan kesehatan.

2. Sisihkan Beberapa Uang Untuk Dana Darurat

Pada saat pandemi yang masih belum ditemukan vaksinnya, kamu wajib menyisihkan beberapa uang untuk dimasukkan ke pos dana darurat. New normal bukan berarti keadaan seperti sebelum-sebelumnya, sangat masuk akal untuk hidup tidak terlalu boros dan mulai sisihkan 10% pendapatan uang untuk tabungan dana darurat.

3. Tutup Pos Pengeluaran Yang Tidak Dibutuhkan

Walaupun nanti Mall akan dibuka saat new normal, itu semata-mata untuk menggerakkan roda perekonomian kembali, bukan berarti kondisi 100% aman. Jadi Kula minta tolong kalau nggak mendesak banget, usahakan tidak pergi ke tempat ramai atau berpergian hanya sekedar jalan-jalan.

Dengan kondisi kamu yang berhasil menahan diri, otomatis pos pengeluaran menjadi aman, karena kamu nggak nongkrong bareng teman.

4. Bawa Bekal Makanan

Di masa new normal ini, pasti kamu sudah kangen buat makan siang di restoran favorit, yang nggak bisa kamu cicipi selama masa PSBB. Ada baiknya kamu menahan selera demi hidup berhemat dan sederhana, siasati lah dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Selain pengeluaran menjadi irit, bekal makanan yang diolah di dapur sendiri, pastinya lebih bersih dan terjamin higienisnya.

5. Mengapa Tidak Mencari Penghasilan Tambahan? 

Di Era new normal ini, kita belum tahu kapan keadaan akan seperti semula, terutama buat ALovers yang kerja di perusahaan yang kena dampak terparah, kamu wajib berjaga-jaga keuangan agar tetap stabil, untuk persiapan ada pemotongan gaji atau dipecat.

Punya waktu sedikit renggang? Cobalah mencari penghasilan lain seperti freelance atau membuka bisnis kecil-kecilan, dan niat itu harus dijalankan dari sekarang. Keuangan pas-pasan di masa sekarang, memang paling pas mencari penghasilan tambahan.

6. Jangan Berhutang Jika Memang Tidak Mendesak

Salah satu tips agar keuangan kamu tetap sehat, adalah jangan sampai ALovers berhutang sama teman. Kalau memang keadaan mendesak, boleh mengajukan hutang jika untuk memenuhi kebutuhan harian, bukan untuk kesenangan semata. Masa pandemi ini kestabilan keuangan harus ada yang prioritas

7. Belanja Kebutuhan Cukup Seperlunya

Bekerja di dalam rumah sekalipun, bukan berarti kamu bebas membeli apa saja dalam berbelanja, perkara kamu tidak mengeluarkan biaya untuk transportasi dan makan diluar.

Saat bekerja dalam rumah, ALovers sebenarnya sedang menambah beban biaya pada listrik, air dan juga membeli persediaan bahan masakan untuk menu makan di hari itu. Maka dari itu, Kula ingin mengajak kamu jika ingin membeli kebutuhan, belilah yang seperlunya, kurangi membeli cemilan-cemilan snack atau minuman soft drink.

8. Jangan Terlalu Mengikuti Keinginan Untuk Berbelanja

Beberapa hari kedepan, pusat hiburan dan perbelanjaan seperti mall, restoran, bioskop sampai tempat wisata pun akan dibuka kembali. Tentu ini berpotensi membuat keuangan menjadi kurang sehat.

Mohon ALovers untuk mengendalikan diri tidak membeli semua tawaran promo atau diskon yang disediakan pusat perbelanjaan, jangan sampai kalian khilaf menghabiskan uang untuk kesenangan sendiri, karena masih ada kebutuhan yang harus dipenuhi.

9. Evaluasi Keuangan Kamu Setiap Tiga Bulan Sekali

Evaluasi keuangan adalah hal yang wajib dilakukan, cobalah sesuaikan kembali resolusi keuangan kamu dengan struktur dan sistematis, evaluasi keuangan yang cocok adalah setiap tiga bulan sekali, karena jika ada hal aneh ataupun penyimpangan dana, maka akan segera cepat ditangani. 

Jika ALovers memang ingin mereview neraca keuangan setiap bulan juga tidak apa-apa.

10. Jangan Lupa Untuk Membeli Alat Kesehatan

Kula selalu mengingatkan kalau membeli alat-alat kesehatan itu sangat perlu, contoh dari alat kesehatan itu bisa masker kain dan hand sanitizer, selain membeli alat-alat untuk menjaga kebersihan, ALovers jangan abaikan untuk memberi porsi untuk membeli makanan sehat hingga suplemen vitamin untuk imunitas yang kuat.

Kesehatan yang baik saat pandemi, bisa membuat kamu lebih tenang dan tidak panikan saat situasi new normal.

Demikianlah pembahasan kita mengenai apa saja cara hidup hemat selama new normal atau masa PSBB transisi. Semoga kita sehat walafiat sampai wabah ini berakhir, teruntuk ALovers di seluruh dunia!