Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Yuk, Perhatikan 7 Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Kacau ALovers!

Bagi ALovers pasangan muda yang baru saja melangsungkan pernikahan, mungkin akan menemukan kesulitan dalam manajemen keuangan rumah tangga. Ini bisa dimaklumi karena hidup bersama orang lain memerlukan proses adaptasi yang tidak sebentar.

Pengertian manajemen keuangan rumah tangga seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga melalui orang lain untuk mencapai tujuan yang efesien, efektif dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera dan keluarga Sakinah.

Dalam artikel ini, ALovers akan mengetahui tips manajemen keuangan rumah tangga dengan gaji total ALovers dan pasangan. Selain itu, ALovers juga akan mendapatkan simulasi manajemen keuangan dalam rumah tangga.

Mau tahu tips manajemen keuangan rumah tangga? Silakan baca uraian berikut ini.

1. Membuat Perhitungan Pengeluaran dan Pemasukan

Misalnya, ALovers memiliki penghasilan setiap bulan 4 Juta Rupiah. Di sisi lain, pasangan ALovers memiliki penghasilan sebanyak 5 Juta Rupiah. Jika ditotal, penghasilan keluarga ALovers adalah 9 Juta Rupiah. 

Untuk mengetahui berapa uang yang ALovers perlukan untuk masing-masing kebutuhan, ALovers perlu menghitung rasio pengeluaran. Berikut ini rasio keuangan yang disarankan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga dalam bentuk contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan.

2. Dana Sosial 10%

ALovers perlu menganggarkan 10% dari pendapatan untuk dana sosial. Yang termasuk dana sosial adalah dana untuk bersedekah, uang arisan, iuran RT, dan kebutuhan sosial lainnya.

Jika penghasilan keluarga ALovers 9 Juta, maka 900 Ribu dari penghasilan itu harus dialokasikan untuk kebutuhan sosial.

3. Dana Darurat dan Investasi 15%

Adanya asuransi yang ALovers ikuti tidak lantas membuat ALovers tidak menganggarkan uang untuk dana darurat. Sisihkan dana 15% dari penghasilan ALovers untuk dana darurat dan investasi. Itu berarti, ALovers harus menganggarkan uang sebanyak 1.350.000 Rupiah untuk dana darurat dan Investasi.

Besarnya uang untuk dana darurat dan investasi ini bisa disesuaikan. Misalnya Dana darurat ALovers masih sedih, dengan begitu, ALovers bisa menggenjot dana darurat tersebut. ALovers bisa menganggarkan uang sebesar 1 Juta Rupiah untuk dana darurat sedangkan 350 Ribu untuk diinvestasikan. Begitu pula sebaliknya.

4. Cicilan 30%

Selanjutnya, anggarkan 30% dari penghasilan ALovers untuk membayar cicilan. Ingat, cicilan yang ALovers miliki tidak boleh lebih dari 30% dari penghasilan. Ini adalah tolok ukur keuangan yang sehat.

Jika pendapatan keluarga ALovers adalah 9 Juta Rupiah, maka ALovers memiliki uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk mencicil. Uang cicilan ini lebih baik digunakan untuk mencicil properti yang akan ALovers miliki seperti rumah atau kendaraan. Jangan gunakan uang cicilan untuk kebutuhan non primer.

5. Biaya Hidup 30%

Alokasikan dana sebesar 30% dari penghasilan ALovers untuk biaya hidup sehari-hari. Gunakan uang sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk makan, membayar tagihan listrik, air, dan juga belanja bulanan.

6. Tabungan 10%

Selain dana darurat dan investasi, alokasikan juga pendapatan keluarga ALovers untuk tabungan. Untuk menabung, anggarkan dana sebesar 10% dari penghasilan ALovers. Jika keluarga ALovers memiliki penghasilan sebesar 9 Juta, maka ALovers harus menabung sebesar 900 Ribu setiap bulannya.

Uang tabungan ini bisa digunakan untuk membeli kebutuhan tersier. Misalnya, keluarga ALovers ingin membeli kulkas baru. Atau ALovers dan pasangan berencana untuk liburan bersama akhir tahun nanti. Uang tabungan sebesar 10% ini bisa ALovers gunakan.

7. Gaya Hidup 5%

Jangan lupa menganggarkan uang untuk biaya bersenang-senang. Anggarkan 5% dari pendapatan ALovers untuk biaya bersenang-senang. ALovers dan pasangan memiliki jatah sebesar 450 Ribu setiap bulan untuk bersenang-senang.

Biaya ini bisa digunakan untuk nonton film atau mungkin dinner di luar rumah. ALovers memang harus mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Akan tetapi, bukan berarti ALovers tidak boleh bersenang-senang.

Nah itu dia besaran rasio yang Akulaku sarankan untuk mengelola keuangan rumah tangga ALovers. Dengan mematuhi rasio pengeluaran tersebut, keuangan rumah tangga ALovers akan tetap sehat. Kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi, ALovers bisa menabung dan investasi, dan sisi lain tetap bisa bersenang-senang.

Tips manajemen keuangan rumah tangga

ALovers telah membuat pos-pos pengeluaran sesuai dengan penghasilan dan kebutuhan ALovers. Kini ALovers bisa mengikuti beberapa tips mengelola keuangan rumah tangga di bawah ini.

 

Transparasi Keuangan Antarpasangan

Salah satu hal paling penting dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah adanya transparasi keuangan. ALovers dan pasangan ALovers harus sama-sama terbuka mengenai gaji bulanan yang didapat, tabungan yang dimiliki, juga hutang yang mungkin masih menjadi beban.

Dengan adanya transparasi keuangan, ALovers dan pasangan bisa dengan lebih cermat dalam melakukan perencanaan dan mengatur keuangan keluarga.

 

Lebih Memilih Makan di Rumah

Ini adalah cara untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Daripada jajan atau makan di luar, biasakan untuk memasak di rumah. Ini bisa memangkas kebutuhan harian ALovers.

Selain bisa berhemat, ALovers juga bisa memastikan kebersihan makanan yang ALovers santap. Berbagilah tugas dengan pasangan ALovers di rumah. ALovers bisa membuat jadwal memasak berganti-gantian.

 

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Kurangilah penggunaan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit memang memudahkan ALovers dalam melakukan transaksi. Akan tetapi, bila ALovers tidak bisa mengontrol pemakaian ALovers, kartu kredit justru bisa menimbulkan masalah keuangan bagi keluarga.

 

Catat Pengeluaran dan Pemasukan Setiap Hari

Dari segi perencanaan, ALovers sudah mempersiapkannya dengan baik. Namun, itu tidak cukup. ALovers juga harus memastikan bahwa pemasukan dan juga pengeluaran keuangan rumah tangga ALovers berjalan sesuai dengan rencana.

Buatlah catatan setiap ALovers mendapat uang. Catat juga pengeluaran ALovers dan keluarga setiap hari. Dengan begitu, ALovers bisa tahu kapan anggaran ALovers akan mulai habis, sehingga ALovers bisa lebih hemat.

 

Pasanglah Pengingat untuk Membayar Tagihan

Setiap bulan ada tagihan yang rutin harus ALovers bayar. ALovers harus membayar listrik juga air. Oleh karena itu ALovers perlu memasang pengingat untuk membayar tagihan.

Pengingat akan membantu ALovers agar tidak lupa untuk membayar tagihan bulanan. Jika sampai lupa bayar, ini bisa membuat pengeluaran rumah tangga ALovers membengkak. ALovers tentu tidak mau mengeluarkan uang lebih untuk hal yang seharusnya tidak perlu, bukan?

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Akulaku sampaikan untuk manajemen keuangan rumah tangga. Karena kini ALovers sudah hidup berdua, ALovers dan pasangan harus saling bekerja sama untuk menciptakan kondisi finansial rumah tangga yang sehat. Selamat mencoba, semoga berhasil!