7 Tips dan Trik Saat Hari Belanja Online Nasional Agar Tidak Melewati Kesempatannya ALovers!

Seiring perkembangannya, program hari belanja online nasional (Hari belanja online nasional) mendulang banyak keuntungan. Tentunya ALovers penasaran kapan hari belanja online nasional? Karena kegiatan ini diadakan tidak jarang. Bahkan, tanpa perlu menunggu hingga bulan Desember, berbagai aplikasi dan website e-commerce berlomba-lomba menawarkan diskon besar pada hampir setiap bulannya. Dengan mengikuti tren diskon besar, dan promo seperti yang dilakukan oleh e-commerce seperti Akulaku.

Meski Hari belanja online nasional diikuti oleh berbagai brand dari beragam jenis layanan atau produk, bukan berarti mereka akan bersaing mendapatkan pelanggan. Melainkan, promo hari belanja online nasional bertujuan agar setiap brand dan website atau aplikasi e-commerce saling merangkul satu sama lain sehingga bisa mendapatkan keuntungan bersama. Selain itu, para penyelenggara Hari belanja online nasional juga berharap agar usaha kecil dan menengah tidak ragu lagi untuk menggunakan aplikasi dan website e-commerce sebagai media berjualan mereka. Kalau kamu adalah salah satu pemilik bisnis kecil online shop Indonesia hingga menengah, mengapa tidak sekalian memperkuat kredibilitas brand-mu dengan memperkenalkan produk atau layanan melalui website?

Mengusung tema “Belanja Untuk Bangsa,” program ini diharapkan dapat mendorong produsen lokal untuk ikut berpartisipasi dan merasakan dampak serta kemeriahan hari belanja online nasional ini. Tahun ini, Hari belanja online nasional diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce, mulai dari Shopee, Akulaku serta online shop Indonesia lainnya. Hari belanja online nasional tahun ini juga didukung oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan.

Lihat juga: Virtual Account Bantu Belanja Online Jadi Lebih Praktis

Tips Menikmati Hari Belanja Online Nasional 

Sesudah memahami definisi dan sejarah Hari belanja online nasional, ini adalah topik yang kamu butuhkan. Menjelang diskon hari belanja online nasional, setiap orang berlomba-lomba mempersiapkan yang terbaik, entah toko atau brand yang menjual produk secara online hingga para calon pembeli. Kebiasaan yang sering dilakukan para pelanggan ketika menghadapi musim diskon adalah sifat konsumtif yang berlebihan alias “kalap” apalagi ketika melihat brand yang diincar ikut mengadakan diskon besar.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips agar terhindar dari situasi kalap atau belanja berlebihan hingga mengambil keputusan yang tidak perlu. Dilansir dari Money Advice Service dan Telegraph, ada 7 tips yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi musim diskon:

1. Tentukan budget

Ketika menghadapi musim diskon dan belanja besar-besaran, akan mudah bagimu untuk menjadi sangat konsumtif. Jika kamu mengeluarkan dana yang melebihi anggaran atau budget, meski brand tersebut memberikan diskon yang sangat besar, tetap saja kamu tidak berhemat. Oleh karena itu, tentukan terlebih dulu jumlah anggaran yang hendak kamu keluarkan untuk membeli produk dan pertimbangkan kembali, apakah dana yang kamu habiskan untuk produk tersebut sebanding dengan kualitas atau kegunaan yang kamu harapkan?

2. Lakukan riset

Sebelum menghadapi musim diskon, pastikan kamu sudah mengetahui produk apa saja yang kamu butuhkan dan inginkan. Selain untuk memenuhi kebutuhan, cara ini juga bisa diterapkan untuk menahan pengeluaranmu. Lakukan riset di sekitar brand tersebut, seperti website resmi atau aplikasi hingga website e-commerce yang menjadi partner resmi brand yang kamu incar. Jangan ragu untuk mengecek langsung di toko untuk memastikan apakah harga yang tercantum di website lebih murah ketimbang membeli langsung di toko.

3. Pertimbangkan bagaimana caramu membayar

Saat ini, ada berbagai cara pembayaran yang bisa digunakan ketika membeli produk secara online. Baik menggunakan kartu debit atau kredit, kamu harus tau bagaimana cara yang akan kamu gunakan untuk membayar tagihan tersebut. Jika menggunakan debit, pastikan kamu sudah mempersiapkan dana beberapa waktu sebelum diskon dimulai, tapi jika menggunakan kartu kredit, pastikan kamu bisa melunasi tagihan yang harus dipertanggungjawabkan agar kegiatan belanja online yang seharusnya menyenangkan tidak malah menjadi beban untukmu.

4. Perhatikan hak sebagai pembeli

Biasanya, setiap produk kecuali makanan mempunyai garansi selama beberapa bulan hingga tahun. Perhatikan pula garansi yang diberikan ketika kamu hendak membeli suatu produk. Sebab, ada beberapa produk yang memberikan garansi selama setahun, tapi setelahnya akan mematok harga lebih besar jika kamu melakukan perbaikan (service) di kemudian hari.

5. Berpikir panjang

Selain langkah-langkah di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan kegunaan dan ketahanan produk yang kamu beli. Pastikan pula kamu membeli produk tersebut dari penjual yang terpercaya. Jangan sampai, kamu tertipu diskon besar hingga tidak dapat menikmati musim hujan promo yang sedang berlangsung.

6. Buatlah wishlist

Jangan hanya menentukan budget dan melakukan riset, tapi kamu juga perlu membuat wishlist yang berisi produk apa saja yang kamu inginkan. Tambahkan juga harga asli dari produk tersebut. Kamu juga bisa menambahkan produk wishlist ke aplikasi atau website e-commerce yang kamu incar, karena biasanya harga benda yang kamu simpan di wishlist bisa mengalami penurunan harga khusus lho.

7. Baca aturan baik-baik

Mengikuti program Hari belanja online nasional berarti kamu harus memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan, seperti potongan harga, gratis biaya pengiriman hingga cashback, Tapi, kamu perlu berhati-hati juga ketika memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan. Baca dengan teliti ketentuan yang diberikan, selain agar memahami aturan yang diberikan, kamu juga tidak akan tertipu oleh kalimat-kalimat iklan yang terkadang menjebak. Beberapa toko online Indonesia tidak jarang yang memanfaatkan trik tersebut. 

Ingat ya ALovers, Hari belanja online nasional adalah salah satu hiburan yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan, jangan sampai kamu mengorbankan hingga berlebihan demi produk yang diinginkan. Milikilah kontrol atas diri dan pikiranmu agar musim promo ini bisa dinikmati semaksimal mungkin. Selamat berbelanja!