Tas Ransel Anak

Yuk ALovers, Intip Rekomendasi 6 Jenis Tas Ransel Sekolah Terbaik Versi Kula!

Tas ransel merupakan salah satu perlengkapan sekolah yang memiliki peran penting untuk menunjang proses belajar anak. Tas berguna untuk membawa buku tulis, buku pekerjaan rumah, buku catatan, buku pelajaran yang dalam satu hari bisa 2-3 mata pelajaran, botol minum, laptop, tempat untuk alat tulis dan barang-barang penunjang lainnya.

Memilih tas sekolah anak bisa dibilang susah susah gampang loh ALovers, karena jika membelikan tas ransel anak SD tentu akan berbeda jadinya jika ALovers akan membelikan tas untuk anak yang sudah remaja. Anak remaja sudah mengerti akan trend yang sedang happening, sudah memiliki visi tas seperti apa yang mereka mau dan juga tas menjadi salah satu media untuk menunjukkan jati diri mereka di lingkungannya. Apakah anak suka dengan olahraga, suka akan trend Korea, menyukai karakter kartun tertentu, tak jarang membuat mereka memiliki trend tas favorit.

Sebagai orang tua, tentu memiliki peran penting juga dalam memberikan mereka masukan dan pendapat mengenai tas seperti apa yang sesuai dengan si anak dan tentu saja berkompromi soal harga. Berikut Kula rangkum jenis tas sekolah yang direkomendasikan :

1. Nyaman di pakai

Tas Ransel

Untuk mendapatkan tas yang nyaman saat dipakai anak maka carilah tas yang memiliki tali tas yang lebar dan bantalannya yang empuk. Kriteria ini akan membuat anak tidak merasakan nyeri pada bahunya saat memakai tas yang berat dan dalam jangka waktu lama. Untuk menambah kenyamanan, ALovers bisa memilih tas anak yang mempunyai tambahan bantalan pada bagian belakang tas. Tambahan bantalan ini berfungsi juga agar anak terhindar dari benturan dan tertusuk benda-benda keras dan tajam yang ada di dalam tasnya.

Atur panjang dan pendek tali tas, agar anak merasa nyaman saat memakainya. Untuk mengetahui apakah pengaturan tali tas sudah benar adalah saat anak duduk. Tinggi tas tidak melebihi bahu anak dan menurut Menurut Akademi Pediatri Amerika posisi tas tidak boleh berada 4 inci (10 cm) di bawah pinggang anak. Tas yang tidak nyaman juga bisa membuat anak jadi tidak bersemangat saat akan bersekolah. Anak sudah merasa lelah bahkan sebelum sampai ke sekolah, apalagi jika kelas mereka berada di lantai 2 atau di lantai yang lebih tinggi. 

2. Material Bahan

Untuk anak sekolah atau kuliah, tas yang memiliki bahan yang tahan air sangatlah penting. Tas dengan bahan yang tahan air akan sangat membantu saat anak kehujanan seperti tas ransel kulit, agar barang-barang di dalam tas terutama barang-barang elektronik seperti laptop tidak akan kebasahan.

Bahan kanvas, denim dan poliester adalah salah satu bahan tas yang direkomendasikan untuk dipilih. Karena ada jenis bahan yang dapat membuat tas menjadi lebih berat seperti tas yang menggunakan bahan dari kulit. Tas berbahan kanvas adalah jenis bahan tas yang direkomendasikan karena memiliki ketebalan yang cukup dan juga mudah untuk dibersihkan.

3. Berat ideal tas

Ada beberapa tas yang dari segi model bagus, harga juga sesuai tapi memiliki bobot yang cukup berat bahkan sebelum diisi dengan perlengkapan sekolah anak. Berdasarkan studi yang dilakukan di Spanyol dan sudah dipublikasikan di jurnal “Applied Ergonomics” 2019, rekomendasi berat tas punggung anak adalah sebesar 10% dari berat badan anak. Jika anak memiliki berat badan sebesar 30 kg maka berat tas yang direkomendasikan adalah sebesar 3 kg atau maksimal sebesar 4,5 kg. Berat tas yang melebihi 10% dari berat badan anak tidak baik untuk postur tubuh anak, bahkan bisa menyebabkan nyeri pada punggung dan bahunya.

4. Ruang tas yang luas

Ruangan tas yang cukup luas adalah keharusan bagi anak sekolah dan kuliahan, apalagi jika mereka akan selalu membawa barang yang cukup berat. Tas yang sudah memiliki ruang khusus dan memiliki strap pengaman untuk meletakkan barang-barang elektronik seperti laptop secara aman sangatlah penting dimana harus memiliki lapisan busa di atas dan di bawah laptop. Selain itu buku pelajaran sekarang berukuran cukup besar, sehingga tas yang memiliki ruangan yang luas adalah salah satu kriteria penting dalam memilih tas sekolah.

5. Fashionable

Walau bukan menjadi faktor utama dalam memilih tas ransel wanita, model tas yang eye caching memiliki pengaruh kuat salah satunya untuk membuat anak semangat ke sekolah dan sebagai ajang untuk menampilkan kepribadian, kesukaan dan juga gaya fashion anak. Tas gaya model korea yang berwarna cerah  dan tas ransel kecil yang sedang booming saat ini.

Saya termasuk orang tua yang sangat menghindari memilih tas sekolah yang terlalu mencolok dan memiliki terlalu banyak aksesoris. Saya menghindari anak menggunakan tas sekolah yang memiliki payet atau ornamen berkilau, karena lebih tepat digunakan untuk berjalan-jalan bersama keluarga atau teman. Tidak ada aturan baku yang mengatur tentang warna atau model seperti apa tas sekolah anak seharusnya, namun lebih disarankan untuk memilih tas sekolah anak yang modelnya lebih simpel karena tas ini digunakan sehari-hari bukan untuk anak kuliah yang memilih tas ransel wanita branded. 

6. Kompartemen Atau Banyak 

Kompartemen atau kantong tambahan pada tas sangat berguna untuk anak menyimpan barang yang sering dipakai atau untuk barang agar mudah ditemukan, seperti pena, handphone dan lain-lain. Pastikan tas memiliki kompartemen khusus untuk meletakkan botol minum agar terhindar dari tumpahan yang bisa menyebabkan barang-barang di dalam tas basah. Fungsi lain yang tidak kalah penting dari kompartemen adalah menyeimbangkan pembagian beban tas yang dibawa anak, agar tidak hanya berat di satu bagian saja.

Dalam memilihkan tas ransel anak kecil, hal pertama yang menjadi bahan pertimbangan saya adalah mengetahui apa minat dan kesukaan anak terlebih dahulu. Baik dari warna kesukaan, karakter kesukaan dan gaya fashion anak itu sendiri.

Nah itu dia ALovers beberapa jenis tas ransel yang wajib orang tua ketahui, terlebih saat ajaran tahun baru anak disekolah yang membutuhkan tas ransel kuat. Karena buku-buku yang dibawa ke sekolah tentunya sangat banyak dan beragam! Langsung intip berbagai macam pilihan jenis tas favorit anak dan dewasa di Akulaku.com