2 Jenis Manfaat SLIK Untuk Mengajukan Pinjam Kredit Kilat! Yuk Kita Simak ALovers

Seperti yang kita tahu ALovers, pada awal tahun 2018 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Sistem tersebut mengganti peran Sistem Informasi Debitur (SID) milik Bank Indonesia atau yang sebelumnya biasa disebut BI Checking. Lantas apa perbedaan dan manfaatnya untuk masyarakat yang mengajukan pinjam kredit kilat? Yuk kita simak penjelasannya ALovers.

Tentunya sebelum mengajukan pinjam kredit kilat ke bank, calon debitur kerap merasa was-was akan mengalami penolakan karena memiliki riwayat pinjam kredit kilat yang buruk. Bank akan enggan menerima debitur yang memiliki potensi pinjam kredit kilat bermasalah di masa mendatang.

Riwayat pinjam kredit kilat tersebut sebelumnya dapat terlihat pada SID Bank Indonesia. Proses menelusuri sejarah pinjam kredit kilat debitur pada SID dikenal dengan istilah BI Checking. Kini, SID diganti dengan sistem lain yang cakupannya lebih luas, yaitu SLIK.

Sistem Layanan Infromasi Keuangan (SLIK) adalah sistem informasi yang berfungsi untuk melakukan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan. Dalam tugas pelayanan informasi keuangan tersebut juga tercakup pelayanan informasi debitur atau Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang biasanya hanya dapat diakses melalui SID.

Mungkin beberapa dari ALovers penasaran, atas dasar apa peralihan tugas SID menjadi SLIK? Nah, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, peralihan tugas ini dilakukan agar akses terhadap IDI Historis menjadi lebih luas. Sebagai informasi, sebelumnya akses mengenai IDI Historis hanya dapat dilakukan  lembaga keuangan bank atau lembaga pembiayaan. Namun dengan adanya SLIK ini, tidak hanya kedua lembaga tersebut yang memiliki akses, melainkan lembaga lain yang statusnya nonbank memiliki akses ke IDI Historis.  Selain itu, lembaga-lembaga yang sudah memiliki akses ini juga memiliki kewajiban untuk melaporkan data debitur ke dalam sistem. Dengan alur seperti ini, diharapkan angka pinjam kredit kilat bermasalah dapat diminimalkan.

Selain untuk akses data debitur, SLIK juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai fasilitas penyedia dana,  menyediakan data agunan, dan data lain yang berasal dari berbagai jenis lembaga keuangan, masyarakat, lembaga pengelola informasi pinjam kredit kilat, dan pihak lainnya.

Dari segi pelapor, pelapor SLIK tidak hanya dari industri perbankan, tetapi ada pula lembaga jasa keuangan lain maupun non lembaga jasa keuangan. BPR, BPRS, dan perusahaan pembiayaan yang belum menjadi pelapor, wajib menjadi pelapor.

Pilih Jenis Pinjam kredit kilat. Nantinya, informasi yang diberikan melalui SLIK yaitu informasi debitur (iDeb) melalui aplikasi iDeb Viewer berjalan lancar dan sesuai dengan jaringan komputer yang tersedia.

SLIK merupakan infrastruktur penting di sektor jasa keuangan yang dapat digunakan oleh pelaku industri untuk mitigasi risiko, khususnya risiko pinjam kredit kilat sehingga dapat membantu menurunkan tingkat risiko pinjam kredit kilat bermasalah. Selain itu, keberadaan SLIK juga mampu mendukung perluasan akses pinjam kredit kilat/pembiayaan.

Nah, berikut ini manfaat SLIK bagi kreditur dan debitur/masyarakat, seperti dikemukakan oleh OJK.

1. Manfaat SLIK bagi kreditur

pinjaman cepat caiir

Membantu dalam mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan pemberian kta tanpa kartu kredit. 

Menurunkan risiko pinjam kredit kilat bermasalah di kemudian hari.

Dapat mengurangi atau meminimalkan ketergantungan Pelapor atau pemberi pinjam kredit kilat. kepada agunan konvensional.

Pemberi pinjam kredit kilat dapat menilai reputasi pinjam kredit kilat calon debitur sebagai pengganti / pelengkap agunan.

Efisiensi biaya operasional.

Mendorong transparansi pengelolaan pinjam kredit kilat.

2. Manfaat SLIK bagi debitur atau masyarakat

pinjaman cepat caiir

Mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh persetujuan pinjam kredit kilat..

Bagi nasabah baru, khususnya yang tergolong sebagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), akan mendapat akses yang lebih luas kepada pemberi pinjam kredit kilat dengan mengandalkan reputasi keuangannya tanpa harus tergantung pada kemampuan untuk menyediakan agunan.

Mendorong penerima kta tanpa kartu kredit untuk menjaga reputasi kta tanpa kartu kredit. Cakupan pelapor SLIK bukan saja dari industri perbankan, namun juga lembaga jasa keuangan maupun non lembaga jasa keuangan yang berpartisipasi untuk menjadi pelapor dalam SLIK.

Sedangkan Lembaga Keuangan Mikro, Peer to peer lending, serta Lembaga lain di luar LJK seperti Koperasi Simpan Pinjam dapat menjadi pelapor SLIK apabila telah memenuhi syarat dan mendapat persetujuan oleh OJK.

Secara umum, OJK menjelaskan, bagi debitur atau masyarakat umum, keberadaan SLIK dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data pinjam kredit kilat perbankan seperti data pokok debitur, plafon pinjam kredit kilat, baki debet, kualitas kta tanpa kartu kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman. SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin pinjam kredit kilat.

Namun jangan khawatir ALovers, saat ini semakin banyak bermunculan fintech menggunakan aplikasi pinjaman online terbaik yang memudahkan ALovers dalam mengambil cicilan hanya menggunkan ktp prosesnya sangat singkat pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit. Dengan berdalih kta tanpa kartu kredit sangat menarik minat masyarakat dalam mengambil pinjaman cepat cair karena kemudahannya. 

Dengan begitu, ALovers tetap perlu berhati-hati ketika mengambil keputusan untuk melakukan pinjaman online pribadi di fintech pinjaman online terbaik. Tidak sedikit yang tertipu dengan fintech illegal saat ini. Maka dari itu ALovers perlu berhati-hati. Dengan SLIK bisa memudahkan ALovers untuk dicheck oleh Lembaga keuangan saat ingin mengajukan pinjam kredit kilat sehingga angka pinjam kredit kilat bermasalah dapat diminimalkan.

Nah bagaimana menurut ALovers?  SLIK ini tentunya bakal mempermudah pengajuan pinjam kredit kilat ALovers bukan? Sistem ini tentunya dapat mempermudah pengajuan pinjam kredit kilat ALovers. Jika ALovers membutuhkan pinjam kredit kilat untuk memenuhi kebutuhan produktif maupun non produktif ALovers bisa mengajukan melalui Akulaku.com. ALovers dapat membandingkan berbagai produk pinjaman online tercepat dan mengajukannya secara online yang mudah, aman, dan terpercaya.