Daging ayam

10 Manfaat Memakan Daging Ayam dan Manfaatnya Bagi Tubuh dan Kesehatan

Ayam sepertinya sudah menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan hampir setiap minggu pasti kamu memakan lauk olahan ayam. Tidak heran, karena daging ayam bisa diolah dengan berbagai jenis bumbu yang cocok dengan lidah orang masyarakat Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan daging hewani lainnya membuat daging ayam semakin digemari oleh siapapun. 

Selain masalah harga, Kula yakin kamu pasti sangat dengan mudah menemukan pedagang atau restoran yang menawarkan menu ayam. Biasanya sih, ayam goreng menjadi olahan yang sangat digemari semua orang, belum lagi ditambah dengan tempe atau tahu plus sambal sebagai teman makan nasi. Duh, jadi makin ngiler ya, ALovers? 

ALovers tahu nggak sih, ada loh asumsi yang menyebut mengenai bahaya mengkonsumsi daging ayam setiap hari. Padahal tidak hanya rasanya yang enak, daging ayam juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Buat kamu yang suka makan daging ayam bagian dada, di sanalah terdapat protein, mineral, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kamu. 

Nah, ingat jangan suka makan ayamnya aja ALovers. Tapi kamu juga harus tahu manfaatnya dan alat memasaknya . Yuk kita cari tahu apa saja manfaat memakan daging ayam bagi tubuh dan kesehatan berikut ini!

1. Daging Ayam Mengandung Protein Baik Untuk Otot

Protein menjadi salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Tingginya protein dalam daging ayam dapat membantu untuk meningkatkan pembentukan otot. Biasanya manfaat ayam ini digunakan bagi orang yang sedang ingin membentuk massa otot dengan melakukan aktivitas gym

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Kolesterol Jahat

Tak hanya itu, daging ayam juga bisa digunakan sebagai makanan diet namun dengan olahan yang berbeda dari biasanya. Misalnya tidak dimasak dengan minyak goreng panas untuk menghindari kolesterol jahat, biasanya teknik yang dilakukan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil. Bagian dada dan paha memiliki jumlah protein hingga 25 – 30 gram pada tiap potongnya. Selain itu, daging ayam juga dapat memberikan efek kenyang. 

Ingat ALovers, walaupun ayam memiliki kandungan protein yang cocok untuk diet, namun kamu harus tetap menyeimbangkannya dengan olahraga. Supaya berat badan ideal kamu bisa tercapai. 

3. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya protein, saat kamu memakan daging ayam terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu lho, ALovers. 

Jadi, kamu nggak perlu takut gendut saat makan ayam. Eits, yang paling penting kamu jangan berlebihan saat makan ayam dan harus diperhatikan bagaimana saat ayam dimasak. 

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Ayam mengandung vitamin B3 atau kandungan niacin memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kamu yaitu, menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Biasanya ayam sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi. Kula saranin, kamu mengkonsumsi bagian dada karena rendah lemak dan dimasak dengan cara direbus. 

5. Mampu Menghilangkan Stres

Kula tebak pasti kamu baru tahu nih manfaat dari ayam yang ini. Yup betul, mengkonsumsi daging ayam ternyata bisa menghilangkan rasa stres. Lho, kok bisa? Nih, simak ya. Ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan asam amino yang biasa disebut dengan tryptophan. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan rasa stress dan dinilai bisa merubah suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Nah, buat kamu yang lagi banyak pikiran bisa dicoba nih makan menu ayam supaya kamu bisa lebih tenang.

6. Mengobati Anemia

Kandungan lainnya yang baik bagi tubuh kamu yaitu kandungan zat besi. Buat kamu yang belum tahu apa itu zat besi. Kula kasih informasinya ke kamu. Zat besi berguna untuk memberikan kelancaran peredaran di dalam tubuh, yang bagus untuk kamu yang menderita anemia. 

7. Mencegah Penyakit Alzheimer 

Belum banyak yang tahu, ayam dinilai bisa mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, berpikir, berbicara, dan perilaku lainnya.

8. Melawan Penyakit

Salah satu kandungan yang khasiatnya baik untuk tubuh yaitu dapat melawan penyakit. Biasanya kamu bisa mengonsumsi sup ayam saat kondisi badan sedang tidak fit. Alasannya karena, daging ayam memiliki senyawa selenium yang berguna untuk melawan penyakit. Tidak hanya itu, ayam juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk gangguan jantung, peradangan, dan neurologis. 

9. Menangkal Risiko Kanker

Selanjutnya, kandungan seperti Vitamin B, Niacin, dan Selenium juga bisa menangkal sel radikal bebas yang dapat memicu timbulnya kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA yang ada di dalam tubuh kamu lho, ALovers. 

10. Merawat Kesehatan Tulang

Terakhir, selain protein, daging ayam memiliki beberapa kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium. Dalam nutrisi mineral ini ternyata dapat membantu tubuh kamu dalam merawat kesehatan tulang agar lebih kuat. Apakah diantara kamu ada yang merasa tulangnya keropos? Wah, kayaknya makan ayam jadi santapan yang pas untuk membantu merawat kesehatan tulang kamu. 

Itulah beberapa manfaat memakan daging ayam bagi kesehatan tubuh. Gimana ALovers, sudah makin paham dan mengerti kan? Setelah kamu tahu banyak manfaat dari ayam apakah kamu makin semangat terus untuk menyantap menu-menu ayam? Jangan lupa ya untuk diperhatikan cara memasaknya supaya kandungan vitamin dari ayam tetap terjaga.