Simak ALovers! 4 Opsi Fintech Pinjaman Uang Tanpa Jaminan dan Syarat Apapun Untuk Mahasiswa

Kendala keuangan memang bukan hal yang asing bagi ALovers  terlebih bagi mahasiswa yang kuliah diluar kota dan jauh dari tempat tinggalnya. Yang hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua tentunya. 

Pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun dan pinjaman online ojk merupakan salah satu solusi bagi mahasiswa yang sudah berpenghasilan karena kerja paruh waktu, mungkin penghasilannya juga belum maksimal karena waktu dan konsentrasinya harus terbagi antara kuliah dan bekerja.

Kebutuhan mendesak yang paling sering dialami mahasiswa adalah untuk membayar uang kas ataupun untuk biaya hidup pada saat uang kiriman belum datang, atau mungkin belum gajian bagi yang sudah bekerja.

Meski begitu, sebenarnya banyak sumber dana yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mendapatkan pembiayaan ataupun pinjaman pinjaman online langsung cair tanpa ribet serta pinjaman tanpa agunan sehingga cocok untuk mahasiswa.

Salah satu opsi pembiayaan yang bisa dimanfaatkan mahasiswa adalah melalui pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat. Karena persyaratan administrasinya tidak terlalu ribet dan menyusahkan.

Namun, sebelum mengajukan pinjaman online dengan pinjaman uang tanpa jaminan untuk mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal utama. Antara lain legalitas dari aplikasi pinjaman online tersebut apakah legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Mahasiswa juga perlu memastikan rekam jejak dan review dari aplikasi pinjaman online. Apakah sering menggunakan data pribadi nasabahnya dengan semena-mena tanpa tanggung jawab.

Selain itu, mahasiswa juga perlu memperhatikan apakah ada penawaran fasilitas tambahan. Seperti fasilitas cicilan tanpa biaya tambahan agar bisa memudahkan pembayaran pinjaman di kemudian hari setelan pinjaman cair.

Mahasiswa juga perlu memperhatikan berapa lama pinjaman bisa cair agar bisa disesuaikan dengan waktu pengajuan sehingga pencairan dana bisa sesuai pada saat dibutuhkan. Pastikan juga persyaratan untuk pengajuan pinjaman bisa diselesaikan dengan cepat sehingga dana bisa cepat cair.

Selain itu, mahasiswa yang hendak mengajukan pinjaman juga perlu memperhatikan jangka waktu pinjaman yang diberikan oleh pemberi pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun . Pada saat memilih tenor atau jangka waktu pinjaman, pilihlah opsi yang sesuai dan tidak memberatkan kondisi keuangan kedepannya.

Sebaiknya pula calon nasabah memertimbangkan kemungkinan kondisi keuangan yang belum membaik. Agar terhindar dari risiko adanya gangguan dalam pembayaran pinjaman.

Bagi mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap memang terkadang menjadi masalah untuk pengembalian pinjaman. Oleh karena itu, ada baiknya memulai untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. Sehingga bisa mempermudah dalam pengembalian pinjaman. Dan tentunya tidak hanya memberatkan orang tua untuk membayar cicilan.

 

Berikut ini 4 aplikasi fintech  pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun online yang mungkin cocok sebagai sumber pembiayaan mahasiswa:

Uang Teman

Salah satu opsi pinjaman online ojk untuk mahasiswa adalah aplikasi Uang Teman. Karena menawarkan pemberian pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun. Akan tetapi, Uang Teman mengharuskan calon nasabah memiliki pekerjaan atau sumber penghasilan tetap.

Tenor pinjaman yang ditawarkan aplikasi ini mulai dari 10 hingga 30 hari dengan minimal jumlah pinjaman Rp1 juta. ALovers bisa memilih opsi cicilan bila mengajukan pinjaman melalui aplikasi Uang Teman.

Persyaratan umum pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun dari Uang Teman antara lain berusia 21-65 tahun, mengakses aplikasi dari wilayah Indonesia, dan berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Solo, Magelang, dan Klaten.

Orang yang mengajukan pinjaman harus memiliki penghasilan minimal Rp2,3 juta bagi yang berdomisili di Jabodetabek dan Rp2 juta untuk yang berdomisili di Yogyakarta, Solo, Magelang, dan Klaten. Pada saat pengajuan, calon nasabah harus menyertakan KTP dan foto pribadi, memiliki rekening tabungan atas nama calon nasabah, serta memiliki email.

Kredit Pintar

Opsi pembiayaan melalui pinjaman online lain untuk mahasiswa adalah melalui aplikasi Kredit Pintar. Karena bisa mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun. 

Tenor pinjaman yang ditawarkan aplikasi ini antara lain 14 hari, 30 hari, dan 3 bulan dengan jumlah pinjaman hingga Rp2 juta. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain peminjam harus warga negara Indonesia, berusia 18-55 tahun, memiliki KTP, punya rekening bank pribadi, dan berdomisili di Indonesia.

Tunai Kita

Aplikasi pinjaman lain yang bisa dicoba adalah Tunai Kita karena calon nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 10 hari hingga 6 bulan.

Calon peminjam harus memenuhi persyaratan antara lain berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, warga negara Indonesia, memiliki KTP, dan memiliki rekening bank pribadi.

Opsi pinjaman melalui aplikasi pinjaman online yang disampaikan di atas cocok untuk mahasiswa yang membutuhkan dana darurat. Karena seluruhnya sudah legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga aman untuk menjadi tempat pengajuan kredit.

Selain opsi-opsi di atas, masih banyak sumber pembiayaan online lain yang cocok untuk pengajuan pinjaman bagi mahasiswa, dengan syarat utama aplikasi harus legal dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan salah satunya Akulaku

Akulaku

Salah satu penyedia pembiayaan atau kredit online di Indonesia adalah Akulaku, sebuah perusahaan aplikasi kredit virtual finansial pinjaman online ojk  terbesar di pasar Asia Tenggara. ALovers bisa gunakan untuk keperluan belajar saat dikampus sebagai mahasiwa. 

Calon peminjam harus memenuhi persyaratan antara lain berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, warga negara Indonesia, memiliki KTP, dan melengkapi data tambahan lainnya. 

Di Indonesia sendiri, pengguna Akulaku tidak bisa dianggap remeh. Data di Google Play Store, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali, dan memiliki lebih dari 400 ribu ulasan.

Selain mudah mengajukan kredit dibanding kartu kredit, keuntungan punya akun Akulaku juga rupanya telah banyak dinikmati sebagian besar pengguna. Penasaran kan?

Belanja online di aplikasi Akulaku ataupun di ecommerce partner kini dapat dibayar dengan kredit. Limit yang ditawarkan hingga 25 juta tenor nya juga panjang hingga 15 bulan ALovers. Aplikasi juga menawarkan fitur pembelian Pulsa, Voucher Game, Paket Data, Voucher Film, dan Tiket Pesawat.

 

Tentu saja, untuk menikmati keuntungan dari Akulaku ini harus bijak saat menggunakan limit kredit sehingga tidak lantas malah menjerat dengan tumpukan utang.

Kehati-hatian dalam mengajukan pinjaman online ojk melalui aplikasi peer to peer lending sangat diperlukan. Karena Otoritas Jasa Keuangan mencatat hingga terdapat 120 entitas aplikasi pinjaman tak terdaftar alias ilegal dan menawarkan bunga pinjaman melampaui ketentuan 0,8% per hari. Aplikasi pinjaman online ilegal bisa menawarkan pinjaman dengan bunga hingga 1,5% per hari sehingga akan sangat memberatkan peminjamnya.

Aplikasi pinjaman online ilegal banyak yang beroperasi melalui website, aplikasi, ataupun pesan singkat untuk menjerat calon nasabahnya yang minim literasi dan pemahaman terkait pinjaman online ojk. Kewaspadaan sangat diperlukan agar bisa terbebas dari jeratan utang pinjaman online yang ilegal.

Ada baiknya juga bagi mahasiswa untuk membicarakan masalah keuangan dan keinginan untuk mengajukan pinjaman kepada orang tua. Karena mungkin orang tua bisa memberikan solusi ataupun jalan keluar terbaik terkait masalah keuangan yang dihadapi.

Namun untuk mahasiswa yang sudah terbiasa mandiri dan sudah memiliki penghasilan sendiri, tetap harus memiliki perhitungan matang sebelum mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun . Agar pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun  tersebut nantinya tidak mengganggu kondisi keuangan kedepannya.