Aplikasi video call

7 Aplikasi Video Call Terbaik Saat Work From Home Tetap Aman

Dari yang sebelumnya hanya digunakan seperlunya saja, aplikasi video call terbaik belakangan ini sedang intensif digunakan oleh para pekerja untuk meeting.

Aplikasi video call saat ini tentunya menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting ditengah imbauan pemerintah untuk pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serta kebijakan untuk berkerja dari rumah atau yang biasa disebut work from home (WFH) akibat pandemi Covid-19 ini.

Tentunya tidak sedikit pula instansi perusahaan yang menerapkan kebijakan untuk menerapkan meeting menggunakan aplikasi video cal. Tentunya teknologi ini sangat memudahkan sejumlah perusahaan dalam berkomunikasi dan bekerja secara jarak jauh atau melalui tatap muka jarak jauh. Sebelum menghadapi new normal tentunya, karena kemudahan serta kecanggihan dari fitur-fitur yang diberikan aplikasi video call random. 

Dan menariknya, beberapa aplikasi video call terbaik tidak hanya tersedia di smartphone saja, tetapi juga tersedia aplikasi video call pc dan di laptop. Lantas, apa saja aplikasi video call terbaik tersebut? Di bawah ini Kula telah merangkumnya khusus untuk ALovers. Simak bersama-sama, yuk!

1. Skype

Aplikasi video call seluruh dunia yang pertama adalah Skype. Meskipun desktop dari aplikasi keluaran microsoft ini cukup lemah, tetapi Skype sudah sangat dikenal dan digunakan oleh banyak orang di dunia.

Jika ALovers menggunakan Skype versi seluler, maka ia mampu menampung peserta sebanyak apapun tanpa batas waktu secara gratis, yaitu empat jam per panggilan dan 100 jam per bulan.

Tidak hanya itu, Skype juga memiliki kemampuan untuk cross-platform dari smartphone ke PC. Sehingga, tidak sesama PC atau sesama smartphone saja yang bisa berkomunikasi. Tetapi antara PC dan smartphone pun bisa berkomunikasi.

Kemudian untuk kelancaran video, sebaiknya ketika menggunakan Skype ALovers hanya fokus pada video call saja. Hindari pembaruan status, penggunaan emoji-emoji dan aktivitas-aktivitas lainnya.

2. Google Duo

Aplikasi video call terbaik yang kedua adalah Google Duo. Aplikasi yang dirancang sangat sederhana ini, memiliki keunggulan berupa kemampuan serta kualitas video call yang cepat dan stabil, seperti ketika ALovers menggunakan telepon seluler.

Sebagai aplikasi keluaran Google tahun 2020, Google Duo hadir di hampir seluruh perangkat smartphone Android.

Oleh karena itu, bagi ALovers pengguna Android tidak perlu lagi repot-repot mencari dan mengunduh aplikasi video call terbaik. Terlebih, aplikasi Google Duo juga mampu menampung hingga 12 orang.

3. Zoom Cloud Meetings

Siapa di sini yang tidak mengenal dan menggunakan Zoom? Sebagai salah satu aplikasi video call terbaru , Zoom belakangan ini populer karena banyak yang menggunakannya untuk melakukan aktivitas belajar mengajar atau pun meeting.

Hal tersebut dikarenakan Zoom memang dirancang dan dihadirkan khusus untuk melakukan video conference. Di mana, aplikasi ini mampu menampung peserta hingga paling banyak 16 orang dengan durasi meeting paling lama 30 menit.

Tidak hanya itu, aplikasi video call Zoom ini tidak hanya bisa digunakan di laptop atau komputer saja, lho! Tetapi ALovers juga bisa menggunakannya di smartphone. Hanya saja, ALovers perlu mengunduhnya terlebih dahulu di AppStore atau pun Play Store.

4. Google Hangouts Meets

Aplikasi video call terbaik yang keempat adalah Google Hangouts Meets. Aplikasi yang biasa disebut dengan Hangouts ini hadir di beberapa platform yang bisa ALovers akses, salah satunya yaitu di browser PC atau pun download aplikasi video call untuk laptop milik mu.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan. Sebab, Hangouts sudah terhubung dengan akun Gmail mu. Sehingga, akan memudahkan mu dalam membuat akun atau pun mengundang teman lainnya untuk melakukan video call.

5. WhatsApp

Selanjutnya di posisi kelima ada WhatsApp. Banyak di antara ALovers mungkin sudah menggunakan WhatsApp sebagai salah satu fitur chatting. Namun ternyata, WhatsApp memiliki fiur video call yang juga bisa digunakan oleh para penggunanya.

Hanya saja, fitur video call tersebut baru bisa digunakan di WhatsApp versi smartphone saja. Sehingga, apabila ALovers berharap ingin menggunakan fitur video call pada WhatsApp web di PC atau laptop mu, hal tersebut belum bisa dilakukan.

Tetapi jika ALovers terpaksa harus menggunakan fitur video call pada WhatsApp web, ALovers bisa mengakalinya menggunakan emulator Android, seperti Nox atau pun Bluestacks.

6. FaceTime

Aplikasi video call terbaik yang keenam adalah FaceTime. Meski hanya pengguna produk Apple saja yang bisa menggunakan aplikasi ini, namun FaceTime tetap menjadi aplikasi video conference terbaik untuk para penggunanya.

Aplikasi ini sudah tersedia di seluruh perangkat keluaran Apple, baik MacBook, iPhone dan iPad. Sehingga, ALovers tidak lagi perlu mengunduh dan meng-install nya. 

Sebab, yang perlu ALovers lakukan hanya mendaftar saja menggunakan akun email yang ALovers miliki, untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

7. IMO

Yang terakhir ada IMO sebagai salah satu aplikasi video call terbaik. Berbeda dari aplikasi video call lainnya yang mungkin akan terhambat jika koneksi berubah menjadi 2G atau 3G, IMO justru bisa ALovers gunakan pada kedua jaringan koneksi tersebut.

Oleh karena itu, IMO kerap kali dijadikan sebagai aplikasi video call alternatif. Terlebih, ia juga bisa digunakan di beberapa perangkat yang berbasis iOS atau pun Android. Dengan begitu, semua orang bisa menggunakan aplikasi video yang satu ini. Download aplikasi video call untuk di laptop maupun pc ALovers. 

 

Berhubung akhir-akhir ini banyak sekali terjadi peretasan data pribadi oleh pihak yang bertanggung jawab, maka disarankan ALovers untuk memastikan terlebih dulu aplikasi video call acak hot tersebut aman sebelum digunakan. Selain itu, supaya tidak boros kuota, ada baiknya ALovers melakukan video call hanya ketika terhubung dengan Wi-Fi. 

Dari 7 aplikasi video call di atas, mana yang jadi favoritmu? Selain aplikasinya oke, pastikan juga paket data ALovers cukup, dan smartphone ALovers juga mumpuni. ALovers bisa beli paket data secara online, atau pun smartphone terbaik di berbagai e-commerce di Indonesia. Jangan lupa belinya lewat Akulaku, ya! Supaya bisa dapat promo menarik!