tips keuangan

5 Cara buat ALovers menerapkan Tips keuangan saat PSBB Jakarta Diperketat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali yang ditandai atau dimulai Senin 14 September ini. Banyak dari pegawai atau karyawan pun seperti ALovers dengan berat hati wajib untuk kembali bekerja dari rumah atau biasa ALovers sebut dengan work from home. Disaat seperti inilah ALovers harus benar benar memperhatikan tips keuangan ALovers agar tidak mengalami bangkrut saat masa pandemic seperti ini.

Bagi sebagian ALovers, kerja dari rumah bikin pengeluaran lebih sedikit dibanding saat ALovers bekerja di kantor seperti umumnya, dengan alasan karena ALovers tidak mesti mengeluarkan pengeluaran lebih seperti biasanya layaknya ongkos biaya ke lokasi kerja yang biasa ALovers keluarkan setiap harinya demi sampai ke tempat ALovers bekerja, lainya seperti biaya makan di kantin pun dapat tergantikan dengan makan di rumah yang membuat beban pengeluaran harian ALovers di kantor pun sedikit berkurang. Khususnya bagi ALovers yang tinggal jauh dari kantor. tetap , tak sedikit ALovers juga yang malah merasa PSBB bakal menguras kantong mereka.

Karena, kebutuhan listrik dan makan siang yang sebelumnya bisa dipenuhi kantor, kini harus ditanggung sendiri karena kerja di rumah. Alhasil, berhemat pun harus dilakukan dengan menerapkan tips keuangan pribadi maupun tips keuangan keluarga dengan benar.

Para pakar ekonomi pun banyak yang mengatakan berhemat mau tidak mau memang harus ALovers lakukan karena PSBB jilid kedua menandakan kondisi perekonomian yang semakin tidak pasti.

Untuk itu, Tips keuangan untuk mengelolanya dengan benar pun perlu ALovers cermati lagi, khususnya dengan tips keuangan karyawan yang ALovers sering temukan terkait pengaturan dana darurat, tabungan, dan investasi sebagai tambahan amunisi untuk berjaga-jaga. Nah, bagaimana cara berhemat di tengah PSBB jilid kedua kali ini dengan Tips keuangan dari Kula?

1. Hitung Pengeluaran Harian

tips keuangan dengan mengatur pengeluran

Terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh ALovers dalam menerapkan Tips keuangan, baik untuk tips keuangan rumah tangga ataupun buat ALovers yang masih single dan muda yang dapat menerapkan tips keuangan untuk generasi milenial .

Jalan ini semestinya sudah bisa dilakukan ALovers lebih mahir karena telah memiliki pengalaman berhemat di PSBB jilid pertama. Bahkan, beberapa pengeluaran tampak sudah tidak sebesar saat PSBB jilid pertama misalnya untuk beli masker dan perlengkapan kesehatan. Sebab, harganya relatif sudah mulai turun karena supply meningkat.

ALovers dapat mengalihkan anggaran yang tidak terpakai misal transportasi untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang bertambah atau di oper ke pos lain. Terlebih untuk ALovers yang telah berumah tangga, tips keuangan rumah tangga memang sangat perlu ALovers perhatikan demi keberlangsungan kesejahteraan ekonomi di dalam rumah tangga ALovers.

2. Sisihkan Dana Darurat dan Tabungan

Untuk tips keuangan yang kedua yang dapat ALovers terapkan dalam mengatur atau mengelola pengeluaran transportasi yang tidak terpakai, jika telah dialihkan untuk pemenuhan kebutuhan harian, bisa disalurkan ke dana darurat dan tabungan ALovers.  Atau mungkin buat ALovers yang masih menjadi mahasiswa dan tidak menggunakan transportasi untuk menuju ke kampus hal serupa juga dapat ALovers terapkan dalam tips keuangan mahasiswa. Karena pada dasarnya pentingnya kedua pos ini karena akan menjadi bantalan pertama ketika ada kebutuhan mendadak yang tidak bisa dipenuhi dari pengeluaran harian ALovers.

3. Investasi

tips keuangan dengan investasi

Suka tidak suka, cara paling aman untuk memastikan kebutuhan terpenuhi adalah dengan menambah aliran pemasukan ALovers. Hal ini bisa dilakukan dengan berinvestasi. Khusus investasi, ALovers  lebih disarankan agar menyimpan dana ALovers di instrumen reksadana dan emas online. Pertimbangannya, karena kedua instrumen ini paling likuid atau fleksibel buat ALovers.

Saat ingin mencairkan, tidak perlu repot. Dana bisa masuk dalam hitungan dua sampai tiga hari dan langsung masuk ke rekening bank pribadi. Sementara saham, belum cukup disarankan karena kondisi ekonomi lagi naik turun. Kecuali, pembelian saham untuk pemenuhan kebutuhan dana jangka panjang, maka bisa dipilih.

Begitu juga dengan surat utang pemerintah karena biasanya butuh waktu tahunan untuk bisa dicairkan sesuai batas jatuh tempo. Sekalipun bisa dijual, ada batas waktu yang harus diikuti. Nah dengan berinvestasi ALovers telah menerapkan salah satu Tips keuangan di masa pandemi ini.

4. Memanfaatkan Barang Bekas

Cara lain dalam menerapkan Tips keuangan untuk menambah pundi-pundi dana ALovers saat PSBB adalah dengan berusaha yang tanpa modal, yaitu menjual barang-barang pribadi yang sudah tidak terpakai, namun masih baik kondisinya. Cara ini cukup ‘ngetren’ belakangan ini.

Namun, tidak semua barang harus dijual. Jangan sampai kebutuhan pribadi tidak bisa terpenuhi karena menjual barang-barang ini, misalnya jual rice cooker padahal masih butuh untuk memasak.

Bagi ALovers yang masih memiliki barang berharga yang masih dapat sekiranya untuk dipakai, ALovers dapat menerapkan Tips keuangan ini yang mungkin dapat membantu ALovers. ALovers Tinggal foto, posting di sosial media atau e-commerce, dan dapat income dari barang sendiri, tanpa modal dan tentunya ALovers tidak memerlukan pinjaman tunai lagi.

5. Buka Usaha Tanpa Modal

Tips keuangan ini, tak sekadar bisa menambah pemasukan ALovers, namun ‘membersihkan’ rumah dari barang-barang yang sudah tidak terpakai. Bila ingin lebih niat, maka tidak ada salahnya membuka usaha. ALovers dapat memulai menjual barang dari dropship atau menjadi reseller yang memang tak memerlukan modal dalam memulainya.

Nah tips keuangan ini juga cocok buat ALovers yang sekiranya merencanakan pernikahan dalam waktu dekat ini. ALovers dapat menambah pemasukan ALovers untuk biaya nikah ALovers kedepannya. Karena tips keuangan untuk menikah memang harus ALovers diterapkan apabila ALovers menginginkan pernikahan yang sesuai dengan harapan ALovers di masa pandemi seperti ini.