Tips Kesehatan

Tips Kesehatan Selama Pandemi Corona! Ayo Lihat Soalnya Mudah dan Sederhana Banget.

Karakteristik virus corona (COVID-19) saat ini masih belum bisa terprediksi, kapan akan munculnya vaksin, obat dan berakhirnya wabah ini, pada kesempatan kali ini, Kula ingin membahas tips kesehatan bagi kamu yang sedang menjalani aktivitas di luar rumah.

Virus corona ini bisa menyebarkan virusnya secara tidak langsung melalui benda-benda yang ironisnya ada disekitar kita, bisa dari sentuhan dan percikan. Virus ini bisa juga tertinggal di permukaan benda dengan durasi berbeda-beda, ada yang sebentar tapi ada juga bisa sampai beberapa hari.

Dari penelitian yang sudah diterbitkan, berikut durasi bertahannya virus corona di berbagai permukaan benda 

– Udara (melalui aerosol) : 3 jam
– Tembaga dan aluminium : 3-4 jam
– Sarung tangan medis dokter/perawat : 8 jam
– Karton atau kardus bekas penyimpanan barang : 24 jam

– Besi, baja dan plastik = 2-3 hari
– Kayu dan kaca : 4 hari
– Semua jenis kertas : 4-5 hari
– Ada juga yang gejala bertahannya sampai 5 hari

Corona langsung menyerang organ pernapasan sebagai target utama jika kamu sudah terpapar virus ini, berdasarkan statistik yang dihimpun, Kula mencatat 88% terjangkit dengan gejala demam, batuk rejan atau kering sebanyak 68% dan kelelahan beraktivitas 28%. Yang paling banyak terjadi di dunia saat ini, rata-rata mengalami pneumonia.

Tapi jangan khawatir, tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk Corona. Virus ini bisa dimatikan saat berada di permukaan benda, seperti menyemprotkan desinfektan yang berpotensi kena virus dan membersihkan dengan sabun, saat ALovers sedang mandi dan cuci tangan dan tentunya beberapa tips kesehatan dari kula yanhg ALovers dapat praktikan.

Ini Dia Tips Kesehatan Perlindungan Ekstra Yang Sederhana Dari Paparan Virus Corona.

Kula mau ngasih tahu nih beberapa langkah tips kesehatan yang wajib kamu lakukan biar tidak tertular Corona. Mungkin bisa kita mulai dari diri sendiri dulu.

1. Mencuci Tangan

Salah satu tips kesehatan pertama dan paling sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh melawan virus Corona (COVID-19), sekaligus langkah pertama mencegah penyebaran dan penularan. Pertama-tama basahi telapak tangan menggunakan air, lalu lumuri dengan sabun, gosok semua pergelangan tangan, dari tapak hingga punggung tangan, sela-sela jari, selama 20 detik (setara durasi lagu “Happy Birthday”)

Disarankan kamu rajin cuci tangan dengan sabun, apapun kegiatan yang kamu lakukan, dari sebelum makan hingga setelah batuk sekalipun, nggak lupa juga wajib hukumnya buat cuci tangan setelah keluar rumah. 

2. Sediakan Hand Sanitizer

Tidak menemukan tempat cuci tangan di sekitar kamu? Tenang saja, kamu bisa menggunakan hand sanitizer. Tidak perlu khawatir lagi kalau hand sanitizer kehabisan di toko-toko retail, karena pemerintah Indonesia sudah menggalakkan penyebaran produksi, sehingga tidak akan mungkin kehabisan atau stok barang langka. Produk-produk hand sanitizer juga sudah banyak sekali tersebar di pasar, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan memakai hand sanitizer 60%, karena kandungan ini, bisa membasmi Corona yang berukuran besar yakni 400-500 mikrometer.

Tidak mencapai 60%? Maka yang terbunuh hanya virus ukuran kecil 0,5-5 mikrometer.

Kalau mau setok alat-alat sanitasi buat menghadapi pandemi yang belum berakhir ini, langsung aja beli seperlunya di Akulaku, ALovers tenang aja, soalnya barang persediaan kita nggak akan pernah kehabisan nih.

3. Jangan Lupa Bawa Kotak Makanan Dari Rumah

Untuk tips kesehatan yang satu ini, ada baiknya kamu membeli dulu kotak makanan jika ALovers tidak punya dan bawalah kotak makanan saat kamu pergi kerja atau ngantor. Pastikan sebelum digunakan. cuci dahulu hingga bersih, ini dikarenakan virus Corona punya daya tahan yang kuat di permukaan logam seperti piring, sendok atau garpu di tempat makan atau pantry kantor sekalipun.

Jangan sampai juga menggunakan alat bersama-sama, karena virus ini menyebar lewat percikan air liur.

4. Kebersihan Harus Diutamakan

Rajin membersihkan rumah atau meja kerja kantor sebenarnya bisa meminimalkan paparan virus. Jika sudah begini, saatnya desinfektan berperan membersihkan benda-benda disekitar yang pastinya sering kamu sentuh seperti gagang pintu, laptop, saklar lampu dan lain-lain.

Disinfektan sudah bisa dibeli atau bahkan pesan order via aplikasi, tapi jika ingin membuat sendiri juga bisa loh, pakai air dan sabun atau cairan yang ada alkohol. Gunakan sarung tangan pakai sekali saat menyemprotkan.

5. Physical Distancing

Jaga kesehatan tubuh saat pandemi Corona yang efektif adalah menerapkan jaga jarak dengan orang lain saat berada di kerumunan atau melakukan aktivitas, minimal jarak 1 meter. Tips kesehatan Ini dilakukan untuk mencegah terkena percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat berbicara. Kula saranin jangan keluar rumah kalau badan merasa sakit atau tidak fit. Soalnya bisa membahayakan orang-orang sekitar.

6. Hindari Kontak Fisik

Tips kesehatan dari kula berikutnya adalah menghindari kontak fisik. Orang Indonesia identik dengan ramah tamahnya, seperti senang bersalaman dengan orang-orang yang ditemui, tetapi virus Corona paling banyak penyebarannya lewat bersalaman. Jadinya, lebih baik tidak usah menyentuh sembarangan tangan orang lain. Kalau pengen salaman, silahkan gunakan salam siku atau namaste.

7. Makanan Bergizi wajib dikonsumsi

Sebaiknya ALovers rajin-rajin minum vitamin atau suplemen biar lebih kuat dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terkena virus Corona, dan ahli gizi juga sepakat kalau mendapatkannya lewat makanan langsung daripada konsumsi obat-obatan.

Contoh misalnya Vitamin C, punya peranan penting ningkatin daya tahan tubuh dengan memperbanyak sel darah putih untuk menangkal infeksi atau radikal jahat yang masuk dalam tubuh. Jika ingin mengkonsumsi selain dalam bentuk vitamin, minuman berbahan rempah-rempah bisa membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, contohnya jahe merah yang disajikan hangat.

Nah.. Udah paham kan bagaimana menjaga badan tetap fit berkat tips kesehatan dari Kula? Kedepannya kita berharap cobaan ini segera berakhir dan kita kembali hidup seperti sedia kala alias Old Normal.