Butuh Pinjaman dana tunai tapi takut dengan resikonya? Baca 4 hal ini bikin tak takut lagi!

Disaat ALovers menginginkan membuka usaha ataupun ALovers tengan menjalaninya,  pasti anda butuh pinjaman dana tunai guna keperluan usaha Alovers.Biasanya Dana Pinjaman dana tunai tersebut nantinya Alovers akan pergunakan untuk membayar tagihan membeli berbagai kebutuhan usaha dan kebutuhan lainnya. biasanya Hal tersebut ALovers lakukan disaat keuangan ALovers tengah menipis. Namun saat ini melakukan pinjaman dana tunai di banyak pihak penyedia pinjaman dana tunai memiliki resiko yang harus dihadapi oleh Alovers. Nah makanya dari itu,  sebagai pencegahan yang wajib ALovers lakukan untuk menghindari resiko resiko yang akan memberatkan ALovers di kemudian hari, ALovers wajib untuk mencermati penyedia pinjaman yang menyediakan pinjaman dana tunai saat anda butuh pinjaman dana pribadi tanpa resiko. Akan tetapi pertanyaanya saat ini adalah apakah terdapat perusahan seperti itu?

Berikut Resiko resiko yang ALovers temui saat menggunakan pinjaman dana tunai!

1. Resiko Pinjaman ke Keluarga.

Resiko pinjaman dana tunai keluarga
pinjaman dana tunai keluarga

Saat saat yang paling menyedihkan mungkin bagi sebagian Alovers adalah saat saat ALovers tidak memiliki persediaan uang yang cukup untuk kebutuhan Alovers.  Cara yang paling dapat diandalkan biasanya adalah dengan cara meminjam uang. Terdapat banyak sekali pilihan yang dapat ALovers gunakan sebagai tempat ALovers untuk meminjam uang. Dari keluarga sampai lembaga penyedia pinjaman dana tunai pun dapat ALovers gunakan sebagai tempat ALovers meminjam uang. Akan tetapi masing masing dari mereka memiliki kelebihannya dan kekurangan masing masing dan juga tentunya resiko yang ALovers akan hadapi akan berbeda beda juga tentunya.

Biasanya resiko terkecil saat ALovers meminjam uang adalah apabila Alovers melakukan pinjaman dana tunai tersebut dari keluarga atau kerabat Alovers. Hal tersebut disebabkan karena keluarga atau kerabat tidak memerlukan agunan pada Alovers dan juga tentunya dengan tidak menggunakan bunga. Apalagi apabila keluarga ALovers tidak menetapkan batas waktu dalam pengambilan pinjaman dana tunai tersebut.  Pada umumnya, resiko terkecil saat meminjam uang adalah jika kita meminjamnya dari keluarga atau sahabat yang tidak meminta agunan pada kita dan tidak juga menarik bunga pinjaman. Lebih sempurna lagi jika tidak ada batas waktu untuk pengembaliannya. 

Namun meminjam pinjaman dana tunai ke keluarga dan kerabat dekat bukanlah perkara mudah. Terkadang sangat kecil kesempatan ALovers untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dari keluarga atau kerabat dekat ALovers. Karena belum tentu ALovers memiliki kerabat dan keluarga yang memiliki kelebihan harta. Jikalau adapun,  biasanya jumlah yang dipinjamkan pun dapat dikatakan kecil sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan ALovers.  Jadi meminjam pinjaman dana tunai ke keluarga bukanlah hal yang mudah dilakukan dalam pemenuhan kebutuhan Alovers dengan resiko kecilnya

2. Resiko pinjaman dana tunai perorangan

Resiko Pinjaman dana tunai perorangan
Resiko Pinjaman dana tunai perorangan

Tempat meminjam uang lainnya yang Alovers dapat digunakan sebagai pemberi pinjaman dana tunai ialah kepada pemberi pinjaman perseorangan tidak resmi yang ALovers lebih kenal dengan sebutan rentenir. Nah untuk jenis pinjaman dana tunai yang satu ini sangat Kula tidak sarankan untuk ALovers gunakan. Karena menurut Kula pinjaman dana tunai jenis ini memiliki resiko yang amat tinggi. Meskipun persyaratan yang diajukan dapat dikatakan mudah.  Seperti halnya tanpa harus mewajibkan ALovers untuk memberikan jaminan , dana yang diberikan sesegera mungkin dan tidak ada proses administrasi yang berbelit belit.

Akan tetapi dibalik kelebihan tersebut pinjaman dana tunai ini memiliki resiko yang sangat tinggi bagi ALovers. Resiko tersebut antara lain adalah dengan mematok bunga yang dapat dikatakan tinggi. Bahkan besaran bunganya dapat mencapai 10% perbulan. Ditambah resiko tinggi lainya yang datang apabila Alovers membayar tagihan secara tidak tepat waktu yang dapat menimbulkan biaya keterlambatan yang cukup besar hingga membuat pinjaman Alovers menjadi berkali kali lipat. Resiko berat yang terakhir adalah penagihan yang tidak sesuai dengan hukum bahkan dapat melibatkan kekerasan kepada Alovers baik kekerasan fisik maupun verbal. 

3. Resiko pinjaman dana tunai Lembaga keuangan resmi

Pinjaman dana tunai ke lembaga keuangan
Pinjaman dana tunai ke lembaga keuangan

Salah satu tempat yang paling aman resikonya dalam melakukan pinjaman dana tunai adalah lembaga keuangan resmi. Lembaga lembaga tersebut dapat berupa bank maupun fintech-fintech terbaik yang ALovers percayakan.  Umumnya,  lembaga penyedia pinjaman dana tunai resmi tersebut memiliki dana tunai yang dapat dikatakan besar dan memiliki payung hukum yang jelas. ALovers juga mendapatkan perlindungan dari payung hukum tersebut.

Akan tetapi, masalah paling sering yang Alovers temui saat menggunakan lembaga resmi tersebut adalah Alovers memerlukan agunan atau jaminan guna mendapatkan pinjaman dana tunai dengan nominal yang cukup besar. Resiko yang akan ALovers temui tentunya kehilangan barang yang Alovers jaminkan jika Alovers tidak mampu membayar tagihan pinjaman ALovers dengan tepat waktu. Biasanya pihak penyedia tersebut akan melelang agunan atau jaminan Alovers apabila tidak membayar dengan tenggat waktu 3 bulan berturut turut lamanya. 

 

4. Resiko Pinjaman tanpa Agunan.

Pinjaman Dana Tunai tanpa Agunan
Pinjaman Dana Tunai tanpa Agunan

Jika Alovers enggan untuk mendapatkan resiko berupa kehilangan barang kesayangan Alovers dapat melakukan pinjaman dana tunai dengan menggunakan pihak penyedia pinjaman tanpa agunan atau biasa ALovers kenal dengan KTA. Modern ini, banyak sekali bank dan fintech yang Alovers dapat digunakan dalam jalan alovers mendapatkan cash kilat. Dimana penyedia pinjaman dana tunai tersebut tidak memerlukan barang jaminan atau agunan dalam akadnya. Sehingga ALovers tidak perlu khawatir dengan kehilangan barang kesayangan ALovers. 

Di tambah lagi Waktu yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan saat alovers butuh uang mendesak lebih singkat. Hal tersebut disebabkan karena tidak dibutuhkan jaminan yang membuat pihak bank atau lembaga keuangan tidak wajib repot repot melakukan verifikasi terhadap barang jaminan Alovers.

Akan tetapi, Pinjaman dana tunai dengan penyedia tersebut bukanlah tanpa resiko. Resiko yang Alovers hadapi pertama adalah sulitnya mendapatkan dana yang besar dalam pinjaman dana tunai tanpa agunan tersebut. Apalagi jika Alovers tidak memiliki riwayat peminjaman yang baik sebelumnya. Biasa juga bunga yang ditetapkan sedikit lebih besar dari pinjaman dengan menggunakan agunan. Dan resiko terbesar yang akan Alovers hadapi saat ALovers tidak mampu membayar tagihan tersebut adalah pemblokiran nama Alovers dalam kurun waktu tertentu. Jika nama Alovers sudah masuk daftar hitam Bank Indonesia maka akan sulit bagi Alovers untuk mendapatkan pinjaman dari pihak resmi manapun. 

Nah, dari informasi yang Kula bagikan di atas Alovers dapat menyimpulkan bahwa mencari pinjaman dana tunai guna keperluan pribadi kemungkinan akan selalu mendapatkan resiko. Akan tetapi banyak cara yang Alovers bisa lakukan untuk memperkecil resiko yang akan Alovers hadapi. Saran dari kula Cermati baik baik setiap penyedia pinjaman ALovers sehingga tidak membuat Alovers sulit di kemudian hari.