cara menghemat listrik

Cara jitu dan tepat dapat menyelamatkan listrik rumah.

Selama #DiRumahAja, ternyata cara menghemat listrik menjadi topik yang hangat dibicarakan saat ini. Selain tagihan listrik tiba-tiba membengkak selama dua bulan terakhir, ALovers akhirnya bergerak mencari tahu apakah ada cara menghemat listrik yang jitu agar tagihan tidak membengkak.

Perlu diketahui rata-rata tagihan listrik jadi membengkak karena keseharian ALovers yang menggunakan kulkas, AC, TV, Dispenser dan juga Video Game konsol seperti PS4, yang biasanya memakan listrik yang banyak, apalagi kalau ALovers main berjam-jam

Sekarang Kula mau ngasih tahu cara menghemat listrik, yang nggak bakal susah banget dilakuin, asal kamu niat menjalankannya.

1. Pakai Listrik Token menjadi cara menghemat listrik paling ampuh

Cara mengehemat listrik yang pertama adalah dengan cara menggunakan Token listrik. Pemerintah sudah menggalakkan program listrik penggunaan sistem pulsa untuk setiap meteran listrik di rumah-rumah warga. Metode yang biasa disebut listrik token ini menggunakan sistem prabayar, jadi besar kecilnya penggunaan listrik bisa kamu tentukan di awal pemakaian.

Karena dengan sistem pulsa seperti ini, mau nggak mau membuat para penggunanya jadi berpikir ulang untuk boros dan bijak menggunakan listrik karena, salah-salah bisa mati listrik.

Berminat mencoba, ALovers?

2. Pemakaian Lampu Seperlunya Saja

Sebagian ALovers mungkin punya kebiasaan menyalakan lampu saat siang hari atau saat kamu meninggalkan rumah. Sebenarnya ini kebiasaan buruk, karena listrik tetap jalan dan sudah pasti boros. tentu kebiasaan ini sangat berlawanan dengan prinsip cara menghemat listrik banyak orang.

Kalau memang tidak perlu-perlu amat, alangkah baiknya lampu di rumah dimatikan jika kamu akan bepergian. Selain itu, ALovers bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk penerangan di siang hari, tetapi pastikan dulu ada ventilasi atau jendela tidak di tempat tinggal kamu sekarang.

3. Langsung Cabut Kabel Dan Peralatan Listrik Jika Tidak Digunakan

Kula yakin banget nih, kamu pasti punya kebiasaan meninggalkan charger handphone terhubung di stop kontak padahal nggak dipakai kan? Sebaiknya kamu mulai hilangkan kebiasaan buruk ini, soalnya arus listrik tetap mengalir di kabel yang masih terhubung.

Listrik mengalir, tagihan membengkak. Sungguh sebuah situasi yang sangat merugikan banget kan?

4. Pakailah Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Salah satu cara menghemat listrik di rumah adalah ALovers membatasi penggunaan mesin cuci dan pakailah benar-benar sesuai kebutuhan. Karena semakin besar kapasitas mesin cuci, bisa-bisa konsumsi listriknya akan menjadi lebih banyak.

Maka dari itu, gunakanlah mesin cuci pada saat tertentu saja, jika ada waktu luang, ALovers lebih baik mencuci pakaian dengan cara tradisional seperti mengucek dan membilas seperti biasa.

Cara menghemat listrik satu ini bisa menjadi salah satu upaya hemat listrik untuk menurunkan tagihan listrik bulanan.

5. Saatnya memanfaatkan Pohon dan Tanaman

Biar ruangan kamu lebih sejuk dan segar, cobalah mulai meletakkan tanaman di sekeliling rumah. Soalnya dengan ada keberadaan tanaman-tanaman hijau di area rumah akan memberikan tambahan udara alami dan iklim di sekitar membuat mood kamu senang setiap saat.

ALovers jadi bisa meminimalisir pemakaian AC, karena penggunaan AC dari pagi hingga pagi lagi bisa membuat bengkak tagihan listrik dan menghabiskan pulsa listrik token lebih cepat. unik juga ya cara menghemat listrik satu ini.

6. Gunakan Lifehack Ini Untuk Rice Cooker

Ternyata ada lifehack untuk cara menghemat listrik buat rice cooker loh, ALovers. 

Caranya ketika memasak nasi, coba gunakan air yang sudah mendidih, jangan air dingin, biar konsumsi listriknya tidak besar. Jadinya, proses memasak nasi dengan metode ini bisa mempersingkat kinerja rice cooker agar tidak terlalu boros.

Cukup mudah bukan caranya, ALovers? 

7. Matikan Alat Elektronik Yang Tidak Perlu Saat Hendak Tidur

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan orang-orang, terutama pada jam-jam malam ingin tidur adalah membiarkan alat elektronik menyala terus sampai pagi.

ALovers sebelum tidur ada baiknya memeriksa semua barang-barang elektronik hingga ke semua sudut dan pastikan semuanya aman dan tidak ada yang menyala. Kalaupun ada yang ingin kamu nyalakan sampai pagi, setidaknya pilih dua barang elektronik, yang menurut kamu sifatnya penting.

Sebenarnya bahaya sekali kalau dibiasakan hal ini, karena kejadian fatal yang terjadi adalah kebakaran di rumah kamu.

8. Batasi Pemakaian Kulkas

Salah satu alat elektronik yang pemakaian listriknya boros adalah kulkas, karena daya listrik yang dibutuhkan untuk mendinginkan makanan dan minuman sangat besar.

Maka dari itu, menghemat listrik kulkas adalah ALovers lebih bijak saat menggunakannya. Jadi saat kamu bepergian dalam jangka waktu yang lama, cobalah menurunkan suhu kulkas sampai suhu terkecil.

Sebenarnya lebih baik kulkas dimatikan saja, tetapi ini bisa berakibat fatal pada makanan yang ada  di dalamnya.

9. Buat Ventilasi Udara di Setiap Sudut Rumah

ALovers mungkin bisa meningkatkan sistem di ventilasi udara

Jika dalam rumah kamu sudah dibuat ventilasi udara di tempat-tempat terjangkau, ini akan sangat membantu mengalirkan udara segar jadinya kamu tidak usah lagi memakai AC, kipas angin hingga lampu untuk menerangi isi rumah, karena tidak hanya angin sejuk, cahaya juga akan masuk.

10. Pakailah AC Seperlunya Saja

Ternyata pemakaian AC sangat membutuhkan konsumsi listrik lebih besar daripada alat elektronik yang lain.

Kalau mau menghemat listrik AC, sebenarnya mudah tetapi ALovers harus tahan banting dan udara panas. Caranya ALovers tidak menggunakan AC saat pagi dan siang hari, dan jika ingin memakai AC, usahakan hidupkan mulai dari jam 5 sore sampai besok subuh.

Atau kamu bisa menggunakan AC yang menggunakan teknologi hemat energi, dilengkapi pengaturan suhu otomatis.

Nah… Kula udah ngasih sepuluh tips cara menghemat listrik supaya tagihan tidak membengkak di akhir bulan nanti, mudah-mudahan tips ini bermanfaat buat ALovers dan tetap semangat menjalani kegiatan pekerjaan selama #DiRumahAja!