Pahami dahulu! Pinjaman online aman dan legal agar tidak pusing di kemudian hari.

Saat ini pinjaman online sangat banyak ALovers dapat jumpai di Indonesia . Namun tidak jarang terdapat banyak kasus yang ditimbulkan oleh pihak penyedia pinjaman online yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu ALovers wajib untuk memahami dan paham secara mendalam pinjaman online yang aman dan legal yang bikin ALovers merasa aman sentosa saat menggunakan pinjaman online tersebut. 

pinjaman online sangat digemari dan dibutuhkan oleh masyarakat luas terlebih oleh ALovers. Karena pada kenyataannya pinjaman online ini menawarkan kemudahan didalam proses pengajuannya. Hal ini sangatlah membantu ALovers dikala terdesak oleh kebutuhan kebutuhan yang datang secara mendadak sementara keuangan sedang tidak sehat. Biasanya,  perusahaan keuangan yang menyediakan pinjaman online tersebut di motori atau di naungi oleh perusahan fintech. Banyak perusahaan fintech penyedia pinjaman online yang Alovers dapat temui sekarang ini. 

Namun sayangnya,  terdapat banyak kasus kasus pinjaman yang dapat merugikan ALovers di kemudian harinya. Maka dari itu,  ALovers wajib sangat berhati hati dalam memilih dan menggunakan pinjaman online. Alovers wajib memastikan bahwa penyedia pinjaman online yang nanti ALovers pilih merupakan penyedia pinjaman online yang legal dan terdaftar di OJK.

Pada dasarnya yang membedakan antara pinjaman online dengan pinjaman lainnya adalah kemudahan.  Pinjaman online kebanyakan sangat mengedepankan kemudahan dimana ALovers hanya mendapatkan syarat wajib berupa identitas diri ALovers seperti halnya KTP. Dengan hanya bermodalkan KTP dan smartphone ALovers bahkan dapat mencairkan dana yang Alovers ajukan hanya dalam hitungan hari atau bahkan hitungan jam. 

Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan pinjaman lainnya seperti halnya pinjaman bank. Biasanya ALovers akan menghadapi persyaratan yang sangat rumit sebelum ALovers dapat meminjamnya. Tak jarang pihak bank pun meminta Alovers untuk memenuhi persyaratan yang sangat rinci dari mulai KTP hingga Telepon rumah dan kebutuhan persyaratan lainnya. Bahkan setelah Alovers memenuhi persyaratan yang rumit tersebut tidak 100 persen ALovers akan mendapatkan dana pinjaman dari pihak bank tersebut dengan alasan satu dan lainnya. 

Tetapi dari semua kesulitan yang Alovers hadapi dalam persyaratan tersebut , pihak bank sudah pasti menjamin kerahasiaan data ALovers semua serta melindungi Alovers dari praktik praktik penagihan yang tidak sesuai hukum apabila terjadi penunggakan yang dilakukan oleh ALovers. Hal ini menjadi perbandingan terbalik dengan pinjaman online kebanyakan yang tidak bertanggung jawab atas terjaminnya data pribadi Alovers dan juga kasus penagihan yang tidak sesuai dengan badan hukum dan juga Alovers juga menghadapi bunga pinjaman online yang terkadang membuat ALovers kesulitan di masa yang akan datang. 

Nah Kula punya info penting yang wajib Alovers baca nih untuk memahami pinjaman online yang aman dan Legal .

Untuk memastikan ALovers memilih penyedia pinjaman online terpercaya yang aman sentosa,Alovers wajib memahami hal hal berikut ini! 

1. Pinjaman Online terdaftar di OJK 

Pinjaman Online Legal
Pinjaman Online Legal

Hal pertama yang Alovers harus perhatikan dalam mencari aplikasi pinjaman online terbaik adalah Alovers wajib mengecek dan mencermati apakah aplikasi penyedia pinjaman online yang ALovers pilih telah terdaftar di OJK.  Karena dengan terdaftarnya perusahaan tersebut maka dapat dipastikan perusahaan tersebut sudah aman dan legal.  

Alovers dapat mengecek perusahaan Penyedia pinjaman online Alovers di website OJK yang ada pada mesin pencarian google. 

2. Cari Penyedia dengan bunga pinjaman online rendah. 

Bunga Pinjaman Online
Bunga Pinjaman Online

Memang bukan lah hal mudah menemukan perusahaan penyedia pinjaman online dengan bunga pinjaman online yang tergolong rendah. Karena kebanyakan dari perusahaan penyedia pinjaman online mematok dan menawarkan bunga pinjaman online yang dapat dikatakan tinggi. Akan tetapi ALovers dapat menyiasatinya dengan mencari pinjaman online yang menawarkan bunga rendah dibandingkan bunga pinjaman online lainnya. Sebagai perbandingan,  Alovers dapat memilih perusahaan penyedia pinjaman online yang menawarkan bunga pinjaman online yang tidak lebih dari 1% per harinya. Biasanya pinjaman yang terdaftar di OJK menetapkan bunga pinjaman online tidak lebih dari angka tersebut.  

3. Jangan lupa tanggal jatuh tempo dan jumlah pinjaman

Tanggal jatuh tempo pinjaman Online

Saat Alovers memutuskan untuk menggunakan aplikasi penyedia pinjaman online Alovers wajib mencatat jumlah pinjaman yang Alovers pinjam serta tanggal jatuh tempo tagihan ALovers. Biasanya aplikasi penyedia telah mencatat dan mengingatkannya di setiap bulan namun alangkah baiknya Alovers mencatat nya sendiri agar memudahkan ALovers untuk mengingatnya di kemudian hari.

4. Tidak ada pungutan biaya sebelum dana pinjaman dicairkan.

ALovers wajib mencermati point yang satu ini.  Pinjaman online terpercaya yang legal dan terdaftar tidak akan memberikan beban kepada Alovers berupa biaya apapun sebelum dana pinjaman cair. Hal ini sangat riskan jika melihat banyaknya pinjaman yang meminta biaya terlebih dahulu sebelum uang pinjaman online tersebut cair dan berujung pada kasus penipuan. Disini kula mengingatkan kembali jangan sampai ALovers tergoda dengan rayuan rayuan aplikasi yang menawarkan janji manis dengan keharusan memberikan biaya diawal terlebih dahulu. 

5. Tidak ada paksaan untuk meminjam dari perusahaan penyedia

Pinjaman online yang telah memiliki izin dan terdaftar pada OJK tidak akan pernah memaksakan ALover untuk meminjam dana pada perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan yang memaksakan tersebut ingin menarik nasabah lebih banyak lagi yang malah membuat terkesan memaksakan. ALovers wajib hati hati apabila menemukan perusahaan penyedia seperti in