masker kain

Pahami Dulu 4 Cara Menggunakan Masker Kain Dengan Baik Agar Tidak Terpapar Corona

Apakah ALovers termasuk yang memakai tipe masker kain atau biasa? Kalau sering menggunakan masker kain, kamu wajib tahu secara mendalam karena nggak boleh asal-asalan.

Hampir setiap hari pemerintah pusat memberikan informasi mengenai perkembangan virus corona di Indonesia. Saat ini di Indonesia sendiri, sudah mencapai lebih dari 40.000 ribu orang yang positif terpapar virus corona. Di satu sisi, saat ini pemerintah sudah menghimbau masyarakat untuk melaksanakan new normal, atau beradaptasi kebiasaan baru dengan anjuran untuk selalu berpegang teguh terhadap protokol kesehatan. 

Semua masyarakat saat ini wajib menggunakan masker saat keluar rumah untuk mencegah sekaligus membantu mengurangi penyebaran virus COVID19. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan, sudah mengeluarkan peraturan di Pasal 93 UU No. 6/2018 terkait Karantina Kesehatan. Duh, ALovers jangan sampai deh kamu harus berurusan sama hukum hanya karena kamu nggak patuh memakai masker. 

Disaat kebutuhan masker yang meningkat, dan stok yang terbatas membuat masyarakat menggunakan masker kain sebagai cara alternatif untuk membantu melindungi diri dari virus COVID19. Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa masker kain bisa menjadi efektif melindungi virus corona. 

Berikut ini Kula mau kasih info kenapa masker kain belum dinilai ampuh melindungi kamu:

  1. Masker Kain belum memiliki ketentuan standar medis

  2. Material atau bahan yang digunakan untuk pembuatan masker kain berbeda dengan masker medis

  3. Ada beberapa masker kain yang dibuat longgar dan tidak menutup area yang seharusnya dilindungi oleh masker di area sekitar hidung dan mulut

  4. Selain itu masker kain, juga mudah bergeser yang justru dapat meningkatkan penularan

Eits, tenang ALovers. Meskipun belum ada penelitiannya secara resmi. Namun, pemerintah melalui juru bicara Bapak Achmad Yurianto menganjurkan untuk menggunakan masker kain namun dengan syarat pemakaian maksimal 4 jam dalam sehari. 

Nah, Kali ini Kula mau kasih tahu kamu cara memakai masker kain agar lebih efektif di tengah situasi New Normal:

  1. Pastikan memilih masker kain yang menutup seluruh area sekitar hidung, mulut, dagu. Ingat ALovers, jangan memilih masker hanya karena desainnya yang bagus dan unik namun harus tetap memperhatikan fungsi utamanya, ya.

  2. Sebelum menggunakan masker pastikan untuk mencuci terlebih dahulu. Ambil masker dan selipkan talinya di belakang rambut atau di samping telinga. Pastikan untuk mengikat dengan erat supaya tidak lepas dan longgar untuk menghindari bakteri masuk ke dalam masker. 

  3. Sebaiknya saat sedang menggunakan masker dan ingin merubah posisi sebaiknya mencuci tangan atau ambil hand sanitizer agar saat memperbaiki masker, tangan kamu tetap bersih. 

  4. Biasakan untuk segera mencuci masker kain saat setelah digunakan agar bisa di pakai kembali dengan keadaan bersih

Protokol Kesehatan New Normal

1. Gunakan masker saat keluar rumah

Di tengah situasi “new normal” masyarakat saat ini mulai dianjurkan untuk dapat beradaptasi dengan sebuah kebiasaan baru. Mungkin sebelumnya diantara kamu ada yang belum terbiasa menggunakan masker untuk beraktivitas. Namun saat ini kamu dituntut untuk memenuhi aturan ini. Awalnya mungkin terasa tidak nyaman dan merasa sesak nafas bila harus menggunakan masker selama berjam-jam. 

Berikut ini jenis masker kesehatan yang wajib kamu ketahui:

  • Masker Bedah

Biasa masker bedah disebut surgical mask, masker ini sering kita lihat dan digunakan para tenaga medis. Masker ini merupakan masker sekali pakai, masker ini cukup efektif karena sudah memiliki standar kesehatan yaitu terdapat 3 lapisan. Lapisan paling luar berfungsi sebagai bahan yang anti air, lapisan tengah berfungsi untuk menyaring atau memfilter bakteri, dan lapisan terdalam berguna untuk menyerap cairan dari mulut. Kamu bisa membeli masker bedah ini di minimarket, namun saat ini stoknya masih terbatas karena lebih diutamakan untuk tenaga medis. 

  • Masker N95

Selain masker bedah, masker N95 menjadi salah satu masker yang paling dicari saat ini. Karena masker ini dinilai cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona. Namun, harga masker ini bisa dibilang agak sedikit mahal dibanding masker lainnya. Selain itu masker ini tidak dianjurkan digunakan kegiatan sehari-hari karena desainnya yang dibuat lebih ketat sehingga kadang membuat orang yang memakai akan merasa kesulitan bernapas. Umumnya masker ini digunakan tenaga medis untuk berinteraksi langsung dengan pasien pengidap COVID-19. 

  • Masker Kain

Masker ini menjadi masker alternatif bagi masyarakat yang ingin berkegiatan di luar rumah. Tidak hanya harganya yang terjangkau, masker ini juga bisa dicuci dan digunakan berkali-kali. Pastikan kain yang digunakan dapat mencegah penyebaran virus. 

2. Sedia Hand Sanitizer dan mencuci tangan 

Bagi kamu yang dulu cuek terhadap kebersihan dan kesehatan, sepertinya ini waktu yang pas untuk kamu mulai aware dengan kebersihan kamu. Mulai dengan membiasakan sedia hand sanitizer dan selalu mencuci tangan saat ingin beraktivitas.

3. Membawa peralatan sholat pribadi

Ini yang tidak kalah penting, biasakan untuk membawa peralatan pribadi untuk tetap menjaga kebersihan. Khususnya bagi kamu yang perempuan untuk membawa mukena dari rumah, hindari menggunakan mukena secara bergantian untuk mengantisipasi penyebaran virus.

4. Menyiapkan botol minuman dan alat makan pribadi

Siapa nih di antara kamu ALovers, yang masih suka jajan sembarangan di pinggir jalan? Nah, sebaiknya kamu harus mengurangi kebiasaan tersebut. Usahakan untuk membawa bekal dengan menggunakan alat makan pribadi. Jangan menggunakan gelas secara berbarengan dengan orang lain, jika kamu tidak ingin terpapar virus corona.

5. Membawa tissue basah

Buat kamu yang beraktivitas diluar ruangan dan sering terpapar debu, wajib banget bawa persediaan tissue basah untuk membersihkan bagian tubuh kamu yang kotor. Apabila lokasi kamu sulit dari jangkauan air bersih yang mengalir. 

6. Sedia obat dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

Supaya kamu tetap sehat dan fit dalam beraktivitas, kamu harus sedia obat dan vitamin supaya imun kamu tetap kuat melawan virus-virus yang jahat, ALovers. 

 

Kurang lebih itu beberapa informasi yang bisa Kula bagikan ke kamu bagaimana memakai masker kain dengan benar. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya, ALovers!