KTA Konvensional atau KTA Tanpa Kartu Kredit? Ada Baiknya Baca 6 Tips Singkat dari Kula!

Perkembangan dunia digital saat ini semakin pesat ALovers. Saat ini tidak jarang perbankan yang menawarkan layanan online dan mobile banking. Hal tersebut merupakan sebuah inovasi dalam menggabungkan dunia teknologi digital dengan interaksi nasabah, dalam hal ini temuan-temuan teknologi baru tersebut haruslah mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam mengakses layanan perbankan. 

Hal itu tentunya membuat beragam produk perbankan yang ditawarkan sangat menggiurkan ALovers. Dimulai dari produk perbankan yang dikeluarkan oleh pihak bank yang berupa kta tanpa kartu kredit atau secara online yang menjadi salah satu pilihan yang sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. 

Salah satu jenis pinjaman yang sedang booming adalah model Kredit Tanpa Agunan atau KTA tanpa kartu kredit. Penawaran dengan kemudahan proses yang cepat, serta dengan tidak adanya agunan dan besarnya plafond menjadi gimmick marketing yang banyak menggoda nasabah baru maupun lama. Bunga bersaing, bahkan tergolong relatif rendah . Namun untuk tenor fleksibel hingga 3 tahun sehingga meringankan angsuran

Pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memungkinkan untuk melapor jika merasa dirugikan sehingga nasabah merasa nyaman dalam menggunakan produk ini

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Selain model pinjaman KTA konvensional yang biasa dikeluarkan oleh pihak bank, kini ada juga model pinjaman KTA yang mudah diapprove tanpa kartu kredit secara online yang dimunculkan sebagai salah satu bentuk inovasi produk perbankan lainnya ALovers 

Mengenal Keuntungan dan Resiko Menggunakan Produk KTA Online : 

KTA yang mudah diapprove secara online atau KTA tanpa kartu kredit sangat praktis dalam hal pengajuan dan persetujuan. Produk ini seolah mampu menjawab kebutuhan mobilitas di jaman digital yang tidak terikat waktu dan tempat. Selain itu ada berbagai macam keuntungan lain dari KTA tanpa kartu kredit secara online yang merupakan pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit ini diantaranya adalah tidak ada biaya atau penalti jika pelunasan dipercepat, Biaya administrasi dibagi rata selama jangka waktu pinjaman, tenor fleksibel mulai dari 6 hingga 1 tahun, pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK loh ALovers.

Proses pengajuan kredit yang relatif cepat, kurang dari 1 minggu, syarat dan dokumen ringan, tidak memerlukan kartu kredit, Gaji calon kreditur, minimal Rp 1 juta per bulan, Tidak ada biaya atau penalti jika pelunasan dipercepat, biaya administrasi dibagi rata selama jangka waktu pinjaman, Tenor fleksibel mulai dari 6 hingga 1 tahun, Pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK

Setiap produk pasti mempunyai sisi positif dan negatif. Selain keuntungan di atas KTA yang mudah diapprove baik Online maupun konvensional juga mempunyai kelemahan. Beberapa diantaranya seperti uraian berikut ini:

Kerugian jika mengajukan KTA melalui sistem Konvensional  dan Model KTA tanpa kartu kredit (Online) :

Pemrosesan aplikasi tergolong lama antara 1 – 2 minggu, Dokumen yang diperlukan relatif banyak (NPWP, slip gaji, dan sebagainya), Harus memiliki kartu kredit aktif minimal 1 tahun, Ada denda keterlambatan, Ada biaya administrasi, Tidak ada asuransi, Ada penalty/biaya jika pelunasan dipercepat

Sedangkan kerugian dari model KTA tanpa kartu kredit (online) adalah Plafon pinjaman terbatas, Area operasional masih terbatas, Ada biaya keterlambatan per hari, tidak ada asuransi.

Beragam keuntungan maupun kerugian dari kedua bentuk sistem KTA yang mudah di approve tadi tidak lain menjadi bagian dari kelemahan maupun kekuatan sistem perbankan itu sendiri. Paling utama dan harus kita perhatikan adalah hal-hal yang menyangkut penilaian personal, kebutuhan serta kemampuan kita dalam melakukan cicilan Kamui kata benar terjadi pencairan uang.

Lebih jauh lagi ALovers, baik kita akan mengambil KTA Online maupun Konvensional, kita tetap perlu untuk merancang dengan tepat hal-hal terkait dengan penggunaan pinjaman yang ada. Terutama terkait dengan model KTA Konvensional yang terkait dengan sistem bunga atau rate flat yang berlaku.

Ini penting karena perubahan besaran suku bunga yang tiba-tiba berubah bisa saja mempengaruhi nilai kewajiban kamu membayar cicilan tanpa kartu kredit ini dan menjadi sangat besar dibanding pokok hutang.

Pastikan juga bahwa Kamu mampu membayar angsuran tepat waktu karena jika mengalami gagal bayar, maka sangat mungkin Kamu masuk dalam black list perbankan.

Pilih Jenis Pinjaman dan Sesuaikan Dengan Kemampuan  

Seharusnya dunia perbankan dijalankan untuk melayani masyarakat dalam memecahkan kerumitan ekonomi dan finansial. Produk perbankan yaitu pinjaman, secara tematik dan minimal dihadirkan sebagai solusi bagi sebagian besar masyarakat yang mengalami kesulitan pendanaan.

Idealnya pinjaman dari bank diperlukan dan diajukan sebagai bagian dari permodalan, terkait dengan kebutuhan-kebutuhan untuk memperbesar atau memperluas usaha. Namun pada perkembangannya, banyak orang yang meminjam kepada bank untuk kebutuhan-kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Tips Menggunakan Produk KTA Konvensional dan KTA Tanpa Kartu Kredit

Pada dasarnya ALovers, KTA Konvensional dan Online memang tidak membutuhkan jaminan seperti misalnya, surat-surat tanah dan atau sertifikat berharga atau BPKB motor atau mobil seperti layaknya produk pinjaman lainnya.

Tetapi pada proses dan mekanisme pinjaman pihak perbankan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menganalisa berdasarkan perilaku Kamu dalam menggunakan kartu kredit. Dengan kata lain jaminan atau agunan yang dibutuhkan adalah data-data yang terkait dengan penggunaan kartu kredit yang kamu miliki.

Sekedar sebagai tambahan informasi dalam proses pencairan KTA Kamu perlu untuk memahami beberapa hal berikut;

Manfaatkan beberapa kali pagu kartu kredit mendekati limit. Hal ini akan menjadi penentu besarnya nilai pencairan pinjaman tanpa agunan yang Kamu ajukan. Pemakaian kartu yang hanya memanfaatkan sebagian kecil pagu akan berakibat kecilnya nilai cair.

Hindari mengalami “gagal bayar” atas tagihan kartu kredit Kamu. Semakin sering Kamu menunggak tagihan kartu kredit kamu, semakin besar kemungkinan penolakan dari pihak bank.

  1. Sebaiknya rekening pencairan juga berumur satu tahun.

  2. Sebaiknya ajukan pinjaman tanpa agunan ini jika credit card kamu telah berumur minimal 1 tahun.

  3. Pastikan data diri dan kemudahan Kamu untuk dihubungi.

  4. Sebaiknya rekening pencairan juga berumur satu tahun.

  5. Periksa saldo tabungan kamu, semakin besar saldo tabungan Kamu semakin besar kemungkinan KTA kamu disetujui

  6. Khusus kta tanpa kartu kredir secara online, salah satu yang utama harus diperhatikan dalam proses pengambilan KTA Online adalah bahwa besaran yang mungkin cair memiliki flat atau jumlah pencairan yang tidak terlalu besar. 

Ini mungkin menguntungkan dari segi kemudahan kamu menjalani masa angsuran yang tentu tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan KTA konvensional. Tetapi harus tetap dihitung kecukupan jumlah pinjaman Kamu jika dibandingkan dengan kebutuhan yang harus dicover. Contohnya ketika kamu membutuhkan hanphone untuk keperluan kerja kamu bisa kredit hp tanpa kartu kredit dengan mudah dan cepat. 

KTA tanpa kartu kredit dan konvensional memang bisa jadi solusi darurat saat Kamu butuh dana segera. Bagaimanapun setiap solusi keuangan dan produk perbankan tentu memiliki celah yang harus disikapi dengan bijaksana. Pastikan dan pahami untung-rugi, mekanisme dan sistemnya sebelum Kamu memutuskan ya ALovers!