Kamu harus Lakukan Hal Ini Kalau ALovers Mau Financial Freedom dalam hidup ALovers

Apa itu financial freedom? Financial freedom merupakan situasi yang menggambarkan ALovers dapat bebas secara keuangan atau financial. Yang dimana itu berarti, situasi dimana ALovers yang mempunyai nominal kekayaan yang dapat memenuhi  semua yang diperlukan dalam hidup ALovers dengan tidak harus melakukan pekerjaan yang dapat dikatakan sangat keras demi mencukupi semua kebutuhan yang dimulai dari kebutuhan mendasar layaknya makan maupun kebutuhan dasar lainnya.

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya. Dengan financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

Contoh seseorang yang sudah mencapai financial freedom itu seperti ini. Bila total pengeluarannya dalam sebulan menembus angka Rp 5.000.000 sedangkan ia mampu menghasilkan Rp 17.000.000 dari asetnya seperti bisnis atau investasi, dan mendapatkan penghasilan dari gajinya sebesar Rp 7.000.000, maka total pendapatannya dalam sebulan adalah Rp 24.000.000.

Sedangkan, untuk menutupi pengeluarannya dalam sebulan, ia hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000.000 dari aset yang ia miliki, dan artinya, asetnya masih tersisa sebesar Rp 19.000.000 lagi.

Bila seperti itu, artinya orang tersebut sudah mencapai financial freedom.

5 Tips Mencapai Financial Freedom Untuk ALovers

1.Pahami Kondisi Finansial Sekarang

Sebenarnya, tidak penting berapa umur ALovers sekarang dan berapa penghasilan yang bisa ALovers dapatkan dalam sebulan. Financial freedom tidak diukur dari berapa besar pendapatan ALovers, melainkan, apakah pendapatan tersebut bisa menutupi segala kebutuhan ALovers.

Pahami kondisi finansial ALovers sekarang mulai dari berapa pengeluaran dan berapa pendapatan ALovers. Apakah pendapatan sudah mampu melunasi semua pengeluaran ALovers? Bila belum, maka ALovers belum bisa mencapai financial freedom. Di sisi lain, ALovers harus bisa menghitung berapa besar yang masih harus terpenuhi dalam sebulan agar pendapatan bisa lebih besar jumlahnya dibanding pengeluaran. Dengan begitu, ALovers kemudian bisa fokus dalam menentukan tujuan keuangan ALovers ke depan.

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Tips financial freedom selanjutnya adalah Menentukan tujuan keuangan ALovers terlebih dahulu agar untuk kedepannya ALovers bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk mencapainya. Misalnya, di bulan ini ALovers harus bisa menghemat sekitar 20% dari total pengeluaran ALovers di bulan sebelumnya. Kemudian, dalam beberapa bulan kedepan, ALovers harus bisa menambah sebesar 40% pendapatan dari pendapatan ALovers saat ini.

ALovers kemudian dapat menyusun strategi apa yang tepat dan cocok bagi ALovers untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut. Sama seperti ketika ALovers traveling, ALovers sudah harus menyusun itinerary sebelum benar-benar traveling, bukan? Dengan cara tersebut ALovers dapat dengan mudah dalam membentuk strategi mencapai financial freedom dalam hidup ALovers.

3. Cari Sumber Pendapatan Lain

Menciptakan aset yang mampu menghasilkan pendapatan tentu menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai financial freedom. Setelah ALovers menciptakan aset tersebut, biarlah pendapatan dari aset itu yang menutup segala pengeluaran atau kebutuhan ALovers. Sementara, pendapatan pokok digunakan untuk menciptakan aset lain atau pun memenuhi kepentingan lain di luar pengeluaran pokok ALovers.

Berbisnis adalah cara paling populer dan sering dianggap paling tepat untuk menciptakan sebuah aset baru yang mampu menghasilkan pemasukan. Dengan itu, banyak dari ALovers yang menyebut bisnis tersebut sebagai bisnis financial freedom. Maraknya perkembangan kewirausahaan dewasa ini tentu mampu menunjukkan bahwa berbisnis itu penting dan sangat bermanfaat. Memang, mayoritas bisnis itu pasti membutuhkan modal, besar kecilnya tentu tergantung pada bisnis seperti apa yang ingin ALovers bangun.

Jangan lewatkan pula bisnis berpotensi besar dengan modal minim seperti bisnis kepenulisan blog, terjemahan, dan masih banyak lagi. Bila pun ALovers ingin memulai sebuah bisnis dengan modal yang relatif besar, sisihkanlah uang ALovers untuk dijadikan modal dengan rutin. Atau ALovers juga bisa meminjam kepada keluarga dan kerabat.

Di internet, apapun kini bisa dijadikan sumber pemasukan. Cara yang paling mudah seperti membuat sebuah media berupa website/blog yang berisi informasi penting dan berguna bagi pembaca. Bila ALovers sering memperbaharui blog tersebut dengan tulisan-tulisan informatif, bukan tidak mungkin ALovers bisa menciptakan passive income dari blog tersebut.

Semakin banyak informasi penting dan bermanfaat yang tersedia di blog ALovers, semakin banyak pula pembaca yang mengunjungi blog ALovers. Kemudian, ALovers bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang terpasang di blog tersebut.

Dengan begitu, blog tersebut bisa menghasilkan pendapatan pasif untuk ALovers dan menjadi salah satu aset penting untuk pemasukan ALovers.

4. Investasi

Uang yang ALovers miliki saat ini tidak akan pernah sama lagi nilainya pada lima tahun ke depan. Hal itu terjadi karena adanya inflasi. Bila ALovers menyimpan uang di bank, nilainya akan terus tergerus entah itu karena potongan pajak, biaya administrasi, hingga inflasi.

Namun, bila ALovers menginvestasikan uang ALovers, uang tersebut seturut waktu akan terus bertambah nilainya. Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan uang ALovers diam dalam tabungan.Pilihlah instrumen investasi yang cocok dan tepat bagi ALovers, seperti investasi emas, saham, properti, hingga investasi online. Setiap instrumen tentunya memiliki risiko, oleh karena itu, pelajarilah cara kerja dan risiko masing-masing instrumen investasi sebelum memulai.

5. Lunasi Segala Hutang

Bila ALovers memiliki tagihan  dari pinjaman atau pun hutang yang masih berjalan, upayakan untuk melunasinya kapanpun ALovers memiliki uang yang cukup nominalnya. Pendapatan dari aset yang ALovers miliki saat ini paling tidak harus bisa menutupi segala hutang yang masih ada, sehingga financial freedom bisa terwujud.

Itulah tadi tips mencapai financial freedom seperti yang diidam-idamkan oleh banyak orang seperti ALovers dari Kula. Semoga Tips tersebut dapat bermanfaat untuk ALovers kedepannya!