Rambut rontok

5 Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami buat rambut ALovers semakin bagus!

Memiliki Rambut indah merupakan impian bagi banyak wanita termasuk ALovers. Rambut yang sehat ditandai dengan kilauan rambut yang menarik serta juga kuatnya akar rambut yang membuat rambut ALovers tidak menjadi rambut rontok. Dan apabila ALovers mengalami rambut ALovers yang lama kelamaan menjadi semakin tipis yang disebabkan rambut rontok hampir setiap harinya, hal tersebut juga dapat sangat membuat kekhawatiran bagi para penderitanya. Hal ini mengakibatkan menipisnya rambut ALovers dan membuat ALovers semakin takut lama kelamaan. Dan tentunya ALovers juga wajib untuk mencari tahu lebih dalam kenapa rambut rontok dapat ALovers alami serta bagaimana cara mengatasi rambut rontok versi ALovers.

Bagi laki-laki dan perempuan rambut rontok bisa disebabkan karena berbagai alasan. Apa Penyebab Penipisan Rambut? Ada beberapa alasan mengapa rambut ALovers sering rontok, beberapa di antaranya lain adalah Perubahan hormon karena faktor genetik yang menekankan kondisi medis tertentu seperti tiroid, diabetes dan lain-lain, Konsumsi alkohol yang berlebihan dan juga Kurang merawat rambut. Namun ALovers tidak perlu khawatir berlebihan, karena tanpa ALovers sadari sangat banyak obat rambut rontok yang dapat ALovers gunakan untuk mengobati rambut rontok yang sering ALovers jumpai di kehidupan sehari hari.

Jika ALovers merupakan seseorang yang berurusan dengan masalah ini, berikut beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok.

1.Telur dan minyak zaitun

Telur adalah sumber protein yang kaya yang memberi nutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut untuk melawan penipisan rambut. Bahan ini sebagai pelembab untuk kulit kepala, minyak zaitun memperkuat folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Bawang Bombay  

Bawang bombay memiliki vitamin C, B dan E, dan belerang yang bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain berfungsi mengatasi kerontokan, bawang juga punya manfaat untuk menambahkan kilau pada rambut.   Bahan yang diperlukan, yakni  satu siung bawang besar. Cara menggunakannya adalah dengan menggiling kapas hingga menjadi jus. Oleskan jus tersebut ke akar rambut secara perlahan dengan menggunakan kapas. Pijat kulit kepala dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Kemudian tunggu selama 10-15 menit menggunakan shampo seperti biasa.\

3. Teh Hijau 

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya yaitu dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau kaya antioksidan untuk membersihkan radikal bebas dan mengatasi masalah rambut rontok. Teh hijau juga akan membantu mengurangi DHT (dihydrotestosterone) – salah satu alasan di balik kerontokan rambut.   Selain itu, teh hijau juga bisa memperkuat rambut, melawan ketombe dan kulit kepala yang gatal. Bahan yang dibutuhkan, antara lain: 2-3 kantong teh hijau dan 1-2 gelas air panas. Cara menggunakannya, celupkan kantong teh hijau dengan air panas. Lalu biarkan dingin sampai suhu kamar. Bilas kulit kepala dan rambut dengan teh hijau dan pijat lembut kulit kepala. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih.  

4. Amla  

Amla atau gooseberry India memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut. Amla juga kaya akan vitamin C yang secara efektif merangsang folikel rambut untuk memerangi kerontokan rambut.   Bahan yang diperlukan, 1 sendok makan amla bubuk dan 1 sendok makan jus jeruk nipis.  Cara menggunakannya, campurkan jus jeruk nipis dan bubuk amla hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ke kulit kepala dan rambut dan diamkan satu jam. Bilas sampai bersih dan cuci rambut dengan sampo ringan.

5. Biji Fenugreek

Biji fenugreek kaya akan kandungan asam nikotinat dan protein yang tidak hanya mencegah rambut rontok tetapi juga mengobati ketombe dan rambut yang mulai menipis. Untuk mengatasi rambut rontok, rendam campuran 2 sendok makan biji fenugreek dengan semangkuk air semalaman. Setelah itu, saring bijinya dan giling hingga berbentuk pasta. Pasta yang sudah jadi bisa dioleskan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 25-30 menit dan bilas hingga bersih.

6. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi menguatkan akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan menambahkan kilau dan kelembapan pada rambut. Untuk menggunakannya, campurkan 1 buah alpukat matang, 1 sendok makan minyak zaitun dan perasan lemon hingga menjadi pasta halus. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya menggunakan sampo ringan.

7. Lidah Buaya 

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral dan enzim spesifik proteolitik yang bermanfaat menyehatkan kulit kepala dan menghentikan kerontokan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk melembabkan rambut. Maka dari itu ALovers pasti sering menjumpai shampo untuk rambut rontok parah yang berbahan dasar lidah buaya ini. Untuk mengatasi kerontokan, gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dan ratakan. Diamkan selama 45 menit dan bilas sampai bersih menggunakan air dingin. 

8. Rosemary Oil  

Rosemary oil memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan regenerasi sel untuk mengontrol kerontokan rambut. Sebuah studi menunjukkan bahwa rosemary oil cukup efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk mengatasi rambut rontok, campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 4-5 tetes rosemary oil. Setelah tercampur rata, oleskan ramuan tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 10 menit.   

9. Jojoba Oil  

Istilah jojoba oil sudah biasa menjadi campuran berbagai kosmetik. Selain itu, jojoba oil ternyata juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, melembabkan dan meningkatkan kemampuan penyerapan produk yang digunakan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni dengan memanaskan 2 sendok makan jojoba oil. Setelah cukup hangat, oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, lakukan pencucian rambut dengan shampo seperti biasa.

10. Santan  

Tak hanya digunakan sebagai campuran bahan masakan, ternyata santan juga bermanfaat mengatasi kerontokan rambut. Santan berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Cukup oleskan santan secukupnya ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Setelah menyerap, bilas rambut hingga bersih dan rambut ALovers pun tidak akan pernah menjadi rambut rontok lagi.