akuntansi

Wajib Pahami Akuntansi Dasar ini Biar ALovers Lebih Banyak Tahu Dan Lebih Pintar!

ALovers pernah tahu enggak? Pada dasarnya Akuntansi punya kepentingan yang dalam di sebuah usaha yang berjalan di ALovers. Guna dapat membangun bisnis yang lebih baik, ALovers wajib memahami tentang apa yang ada dalam dasar-dasar akuntansi. Karena melalui paham akan dasar-dasar akuntansi, ALovers diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar akuntansi tersebut  menjadi dasar dasar dalam ALovers mengambil sebuah keputusan demi memajukan bisnis ALovers dengan baik.

Sebagian orang termasuk ALovers masih merasa kesulitan dalam menguasai akuntansi, karena banyak hal dan poin-poin tentang akuntansi yang harus dihafal dan diterapkan seolah akuntansi adalah ilmu yang memusingkan untuk ALovers. Padahal, jika sudah mengetahui kuncinya, dijamin akuntansi bukan lagi ilmu yang sulit. Oleh karena itu, kali ini ALovers akan temukan kunci dan cara mudah dalam memahami akuntansi dasar bagi pemula.

Untuk bisa mempelajari suatu ilmu, tentu saja ALovers harus memahami pengertian dan maksud dari ilmu tersebut. Termasuk juga dalam ilmu akuntansi. Sangat penting diketahui dan dipahami apa itu akuntansi.  Pada dasarnya Akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan secara sistematis dan komprehensif suatu bisnis selama periode tertentu. Akuntansi dasar juga diartikan sebagai suatu proses merangkum, menganalisis dan melaporkan transaksi keuangan bisnis. 

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis adalah memisahkan uang pribadi dengan uang perusahaan. Untuk itu, semua transaksi yang terjadi antara pemilik bisnis dengan bisnis itu sendiri harus diakui dan dicatat dengan jelas. Antara pemilik bisnis dan bisnis, ada dua transaksi yang terjadi, yaitu sebagai berikut Capital (Modal), yaitu sejumlah uang yang disetor oleh pemilik bisnis kepada bisnis atau usahanya. Dan juga Drawing (Prive), yaitu sejumlah uang yang diambil oleh pemilik bisnis dari bisnis atau usahanya. Itu lah sebabnya penting untuk ALovers belajar lebih dalam mengenai pengantar akuntansi.

Komponen Akuntansi

harta lancar akuntansi

Selanjutnya, ALovers akan membahas tentang komponen akuntansi. Dalam pencatatan akuntansi, suatu transaksi dicatat dan dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Berdasarkan kategori pencatatannya, ada 7 komponen utama pada akuntansi yaitu sebagai berikut:

Assets (Harta)

Ini adalah segala sesuatu yang memiliki nilai dan menjadi kepemilikan perusahaan. Jadi, harta adalah semua kekayaan perusahaan, baik yang terlihat wujudnya atau yang tidak terlihat, yang memiliki nilai uang atau bisa dikonversi menjadi uang dan berguna bagi perusahaan di masa depan. Kekayaan perusahaan ini digolongkan lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Current Assets (Harta Lancar)

harta lancar akuntansi

Akuntansi harta apapun yang waktu pencairannya kurang dari satu tahun. Harta lancar dapat disebut juga sebagai harta dengan likuiditas tinggi. Contoh dari harta lancar, yaitu kas, piutang usaha, persediaan barang dagangan, dan perlengkapan.

Fixed Assets (Harta Tetap)

Harta tetap berarti ada bentuknya untuk kegiatan operasional perusahaan digunakan lebih dari satu tahun dan tidak untuk dijual. Contohnya, gedung, mesin (peralatan), kendaraan operasional perusahaan, tanah, dan lain-lain.

Liabilities (Kewajiban atau Utang)

Tahukah ALovers apa itu liabilities? Liabilities adalah kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak lain. Salah satu sumber kekayaan pada sebuah perusahaan berasal dari orang-orang yang memberi pinjaman (kreditur).

Equity (Ekuitas atau Modal)

Kewajiban perusahaan terhadap pemilik modal yang menanamkan modalnya ke perusahaan. Segala sesuatu yang dimiliki sebuah perusahaan untuk menunjang kinerja dan jalannya sebuah perusahaan tersebut tergolong modal. Jadi selain uang tunai dapat berupa tempat usaha, mesin, komputer, dan lain-lain. Sumber modal dibagi menjadi dua, yaitu:

Income (Pendapatan)

Pendapatan itu adalah nominal yang didapatkan oleh sebuah perusahaan dari hasil penjualan barang atau jasa. Pendapatan bisa juga didapat dari sewa atau bunga. Jika perusahaan menyewakan tempatnya, pasti mendapatkan uang, dan itu masuk ke pendapatan (sewa) atau jika perusahaan meminjamkan uang ke pihak lain dan mendapatkan bunga itu disebut juga pendapatan (bunga). Jadi, pendapatan ada yang berasal dari kegiatan usaha, seperti jual-beli barang dagangan, dan pendapatan di luar usaha, seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, yaitu pendapatan sewa dan pendapatan bunga.

Expenses (Biaya/Pengeluaran atau Beban)

Uang yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai operasional usaha. Nah, ini kebalikan dari pendapatan. Segala nominal yang dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menjalankan usaha disebut beban. 

Tujuan Akuntansi

Setelah ALovers membahas komponen akuntansi, sekarang ALovers akan balik lagi ke dasar-dasar akuntansi, yaitu tujuan akuntansi. Tujuan akuntansi adalah untuk menyediakan informasi keuangan suatu usaha. Informasi keuangan tersebut biasanya meliputi kinerja, posisi keuangan, serta arus kas perusahaan. Informasi keuangan dirangkum dalam bentuk laporan keuangan. Banyak yang dapat ALovers temukan dalam akuntansi termasuk akuntansi biaya yang begitu penting dalam kehidupan sehari hari.

Sebenarnya, memahami akuntansi dasar bagi pemula tidaklah sulit seperti yang selama ini dibayangkan. Karena pada dasarnya akuntansi merupakan sesuatu yang sering terjadi di sekitaran ALovers.  sekolah tinggi akuntansi negara menjadi salah satu Pendidikan yang mengajarkan lebih mengenai akuntansi lebih dalam lagi. Karena dengan akuntansi yang lebih baik tentunya dapat memudahkan ALovers dalam menjalankan proses perhitungan bisnis di kehidupan sehari hari. ALovers dapat mengumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan, serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah melalui dasar akuntansi tersebut.