Hutang Kamu Segera Lunas Dengan Cara Ini

Beberapa dari kita mungkin masih belum tahu kalau ada banyak cara melunasi hutang, dan jika caranya banyak, itu adalah hal yang sangat lazim, ini dikarenakan setiap orang yang ada di muka bumi pernah melakukan proses transaksi hutang. Mungkin ada yang meminjam ke bank, teman atau tetangga. Hutang sendiri memiliki arti ada kejanggalan finansial yang harus selesai saat itu juga.

Dengan menunda-nunda pembayaran hutang akan mendatangkan kewajiban-kewajiban baru, mana lagi kalau ALovers meminjam di Fintech atau lembaga keuangan yang sudah memberikan bunga sekian persen. Beberapa orang juga menjadikan hutang sebagai kebiasaan, contohnya ALovers sudah melunasi satu hutang, malah berencana hutang lagi dengan pihak lain (istilah gali lubang, tutup lubang) dan parahnya aktivitas hutang piutang kamu tidak seimbang investasi yang kamu jalankan sekarang, yang bisa menghasilkan keuntungan.

Efek samping menjadikan hutang sebagai kebutuhan pemenuhan finansial, ternyata sangat mengerikan. Di kemudian hari, ALovers bisa kehilangan harta benda dan berharga seperti aset properti dari rumah dan tanah hingga aset-aset lainnya seperti menjual perhiasan hingga mobil pribadi. 

Sebelum mempelajari cara melunasi hutang dengan cepat, Kula mau ngasih tahu dulu kalau hutang itu terbagi banyak akan jenis-jenisnya. Hmm.. Apa-apa saja yaa?

1. Hutang Jangka Pendek

Hutang jangka pendek ini adalah hutang yang ALovers selesaikan antara 3 bulan, bahkan hingga setahun kemudian. Pihak Bank memiliki opsi ini untuk ditawarkan kita dengan kemasan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Agunan.

Tapi untuk solusi cicilan cepat, kamu nggak usah pusing-pusing untuk datang ke bank, karena Akulaku Finance Indonesia senantiasa akan memberikan opsi pinjaman cepat dan nggak ribet dengan dua jenis pinjaman andalannya, yaitu KTA Asetku dan Dana Cicil. Info lengkapnya ALovers bisa download apps-nya di Play Store atau Google.

Nggak usah khawatir karena Fintech Akulaku ini sudah berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadinya aman dong!

2. Hutang Jangka Panjang

Kalau tipe hutang ini, adalah kredit yang mesti diselesaikan untuk jangka waktu yang lama. Durasinya biasanya 2 tahun atau lebih. Biasanya transaksi yang melibatkan hutang ini seperti cicilan kendaraan atau kredit rumah.

Biarpun jangka panjang dan pendek sekalipun, dua tipe hutang ini akan memiliki efek dengan perekonomian ALovers. Maka dari itu, jika memang ingin berhutang, Kula menyarankan kamu memiliki dana darurat atau simpanan yang mencukupi, jika ada skenario tidak diinginkan, dan juga tidak mengambil hutang lebih dari 30% jumlah penghasilan selama sebulan.

Bagaimana jika ALovers terjebak dalam skenario gagal bayar? Kemungkinan kamu bakalan terjebak ambil hutang baru atau kehilangan aset barang berharga. Hutang juga termasuk dalam 2 kategori juga, yaitu produktif dan tidak produktif/konsumtif.

  • Hutang Produktif

Kenapa ada hutang yang bersifat produktif ya, ALovers? Karena ini jenis kredit yang diajukan buat memenuhi kebutuhan investasi atau bisnis. Jadinya hutang bisa menciptakan keuntungan bermanfaat untuk melunasi cicilan pinjaman.

Contohnya KPR, cicilannya memang cukup tinggi, hingga ratusan juta, namun nilai asetnya tidak menurun dari tahun ke tahun. Justru kalau kita jual lagi, ALovers mendapatkan untung.

  • Hutang Konsumtif

Kalau kredit jenis ini, untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti kredit kendaraan dan gadget. Nilai aset di jenis hutang ini, akan menurun, bahkan hilang beberapa tahun.

Jadi sudah tahu kan pembagian dan sifat-sifat dari hutang, ALovers? Sebelum memasuki tips-tipsnya, coba kamu ingat-ingat apakah masih punya hutang yang belum selesai, atau ingin mengambil hutang tapi jumlahnya besar?

Kalau sudah, saatnya ALovers mengimplementasikan tips-tips ini agar pembayaran utang selalu tepat waktu dan tidak membuat stres.

1. Buat Rencana Keuangan

Banyak kejadian jika orang kelilit hutang dimana-mana bingung bagaimana menyelesaikannya. Ini berimbas karena utang tersebar di berbagai tempat dan tagihannya datang tanpa jeda, hingga terjadi kepanikan.

Kalau sudah begini, ALovers lebih baik memulai perencanaan keuangan, terutama pelunasan utang. Mulailah membuat list daftar utang, urutkan dari jumlah pinjaman paling tinggi sampai ke rendah, jangan lupa tulis bunga nya.

Membuat catatan riwayat hutang bakalan memudahkan ALovers menentukan skala prioritas, mana hutang harus dilunasi dengan cepat. Utamakan dulu utang bunga terbesar, biar tidak membengkak.

Kalaupun ingin melunasi hutang kecil, tidak mengapa. Asal masih bisa mencapai target pelunasan.

2. Gaya Hidup Jangan Berlebihan

Salah satu faktor ketidakmampuan kita melunasi hutang diakibatkan manajemen keuangan yang amburadul karena gaya hidup berbau high class. Normalnya biaya hidup sehari-hari tidak boleh lebih besar 30% jumlah penghasilan bulanan.

Tetap saja, kita gagal melakukannya karena terlalu mengikuti gaya hidup seperti belanja barang mewah setiap akhir pekan atau hangout bersama teman ke tempat-tempat mewah.

ALovers bisa mengubah kebiasaan hangout biar lebih hemat, seperti membatasi volume ngumpul bersama menjadi 2 bulan sekali, atau kamu bisa mengganti kebiasaan makan diluar menjadi masak sendiri atau makan di Warteg untuk kamu yang ngekost.

Jika sukses, pengeluaran kamu berkurang hingga 50% dan kamu bisa mengalokasikan 70% gaji untuk bayar hutang.

3. Carilah Penghasilan Tambahan

Salah satu bantuan untuk mendapatkan dana adalah mencari penghasilan tambahan dari bisnis maupun kerja sampingan. 

Untuk opsi pekerjaan sampingan, kamu bisa memulainya dengan “menjual” bakat atau keahlian yang kamu punya, seperti guru les, penulis, desain grafis dan lainnya. Jika memiliki modal, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper produk online.

4. Jangan “Gali Lubang, Tutup Lubang”

Penyakit orang Indonesia adalah memiliki sifat “Gali Lubang, Tutup Lubang” atau meminjam utang baru untuk menutupi hutang lama, ini sangat berbahaya karena ALovers bisa terjerat hutang selama-lamanya.

Sebaiknya jangan mengajukan hutang baru jika belum menyelesaikan hutang yang sudah ada. Karena beban hutang kamu jadi bertambah dua kali lipat.

Sekian dulu beberapa cara melunasi hutang yang sebenarnya simpel dan terbukti cepat selesai, jika ALovers sungguh-sungguh mengimplementasikannya.