tips membeli mobil

8 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas untuk Pemula

Ketika ALovers berada di kota dan sangat memerlukan transportasi di hampir setiap harinya guna mobilitas bekerja, pastinya yang terpikir oleh ALovers adalah 2 alternatif yakni menaiki kendaraan umum yang banyak ditemukan atau membeli sebuah mobil pribadi. Kendaraan menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk menjadi pelindung dari udara panas dan sinar matahari juga dapat memprotect ALovers dari hujan. Namun ALovers perlu memperhatikan tips tips Membeli Mobil untuk kamu yang pemula.

Mobil pribadi sendiri bisa diperoleh dengan 2 alternatif, yakni mobil baru dengan tips membeli mobil baru dan juga membeli mobil bekas dengan tips tips terhindar dari penipuannya. Memang betul banyak yang lebih suka membeli mobil baru karena kualitasnya yang tentu terjamin dan meminimalisasi penipuan. Tetapi kelemahannya tentu harganya yang jauh lebih mahal daripada mobil bekas.

Tetapi tidak semua paham soal mobil dan salah membeli mobilnya. Akhirnya, tidak bisa ganti karena saat dijual harganya sudah turun jauh. Jika ALovers juga seorang pemula dalam membeli mobil baru, jangan khawatir. Melalui artikel ini, akan diberikan  Tips Membeli Mobil manjur untuk ALovers yang ingin membeli mobil baru bagi pemula.

1. Teliti dalam Memilih Kendaraan

Banyak orang berakhir dengan mobil yang salah karena tidak teliti mengecek spesifikasinya. Biasanya pemula dalam membeli mobil hanya mengecek body dan mesin, atau mungkin hanya tergiur harga yang murah.  Padahal, biasanya harga menjadi salah satu indikator kualitas yang cukup kuat. Jangan sampai kecerobohan membuat penyesalan besar bagi ALovers, karena harga mobil tidaklah murah. Setidaknya dibutuhkan ratusan juta rupiah untuk jenis kendaraan yang satu ini. Untuk ALovers yang menginginkan mobil yang bekas namun dengan penjual showroom pun tetap harus memperhatikan tips membeli mobil bekas di showroom agar tetap memiliki pengetahuan lebih akan hal tersebut.

2. Untuk Siapa Kendaraan Ditujukan?

Pertanyaan kedua yang perlu ALovers tanyakan pada diri sendiri sebelum memutuskan memilih sebuah mobil adalah “Untuk siapa kendaraan tersebut ditujukan?” Misalnya saja, jika ALovers masih single tentunya membutuhkan kendaraan yang berbeda dengan mereka yang sudah berumah tangga. Sebagai contoh mobil keluarga biasanya berukuran lebih luas. Nah maka dari itu Tips Membeli Mobil selanjutnya dari Kula adalah perhatikan kepada siapa mobil itu ditujukan agar fungsi dari mobil tersebut dapat lebih efektif. pilih tipe tipe mobil ALovers yang sesuai dengan kebutuhan ALovers

3. Utamakan Keamanan dan Kenyamanannya

Jika ALovers memiliki sebuah keluarga, tentu kendaraan bukan hanya sebatas melindungi diri dari hujan dan terik matahari. Kendaraan yang dipilih haruslah terbukti keamanan dan kenyamanannya sebagai salah satu dari Tips Membeli Mobil. Sebagai contoh, mobil harus bisa mengakomodasi jumlah penumpang dan barang bawaan yang biasa dibawa. Beberapa ciri utama dari kendaraan multi fungsi yang kerap dijadikan mobil keluarga antara lain adalah Kapasitas penumpang besar, Ukuran kabin luas, Nyaman, aman, dan fungsional bagi keluarga, Adanya fitur entertainment seperti radio atau televisi untuk buah hati ALovers

4. Konsumsi Bahan Bakar (Irit atau Tidaknya Mobil)

Jujur saja deh, tentu bahan bakar menjadi salah satu beban utama dalam memiliki kendaraan. Bagaimana tidak? Biaya bahan bakar semakin lama semakin naik, ditambah dengan macetnya jalan akhir-akhir ini, tentunya penggunaan bahan bakar pun semakin boros. Dengan demikian, penting untuk mengecek konsumsi bahan bakar sebuah mobil sebelum ALovers memutuskan untuk membelinya sebagai salah satu Tips Membeli Mobil yang wajib ALovers perhatikan.

Memang betul sih sebuah mobil dengan tenaga besar pasti membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak juga, tetapi cek kembali kebutuhan ALovers. Jangan sampai ALovers salah pilih mobil bertenaga super padahal kebutuhan tenaga tidak terlalu dibutuhkan.

5. Memilih Desain yang Baik

Selain dari segi fungsinya, mobil juga harus indah dipandang. Namun biasanya selera orang tentang kendaraan memang berbeda-beda. Ada yang menyukai tipe elegan dan mewah, ada juga yang menyukai desain imut dan compact. 

Bagi ALovers yang masih bingung dengan kendaraan seperti apa yang cocok bagi ALovers, cobalah tanyakan kembali tipe orang seperti apa ALovers. Pertimbangkan juga ya desain mobil yang dipilih cukup umum, agar kemudian bisa dijual lagi dengan harga yang cukup tinggi.

6. Memiliki Fitur Keamanan dan Keselamatan

Tidak peduli untuk siapa mobil digunakan, sendiri atau dengan keluarga, tentunya keamanan dan keselamatan menjadi yang utama. Tidak ada orangtua yang ingin anaknya mengalami kecelakaan bukan? Dengan demikian, sebaiknya ALovers mengecek beberapa fitur keselamatan berkendara sebagai berikut:

Fitur Dual SRS Airbags (dua Supplementary Restraint System Airbag dan Driver’s Knee Airbag),Kelengkapan seat belt, Fitur auto-lock sehingga anak tidak bisa membuka pintu atau jendela sembarangan, Fitur rem (Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD)) . Dengan adanya fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap dan terjamin, ALovers bisa berkendara dengan keluarga tanpa rasa resah dan takut.

7. Jika Kredit, Cari yang Uang Mukanya Rendah

Mobil memang tergolong sebuah kebutuhan yang mahal. Harganya biasanya berkisar di ratusan juta rupiah, namun tak jarang juga ada mobil yang nilainya miliaran rupiah Oleh karena itulah, muncul produk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk memfasilitasi mereka yang masih terbatas pemasukannya.

Nah, tetapi sayangnya kredit mobil pun membutuhkan uang muka yang harus dibayarkan di awal kredit. Dengan demikian, selalu cek dahulu tips membeli mobil baru secara kredit dan juga kemampuan finansial ALovers dan pilih mobil dengan uang muka yang masuk akal. Jangan sampai ALovers menambah utang untuk membayar uang muka kredit.

8. Pilih yang Harga Jualnya Stabil

Kendaraan biasanya berbeda dengan rumah, dimana masa pakainya tidak terlalu lama. Kendaraan pada umumnya digunakan selama 5 hingga 10 tahun. Namun tak jarang mereka yang mengganti mobilnya hanya dalam jangka waktu 2-3 tahun saja. 

Mobil bisa mengalami penurunan harga hingga 50% saat statusnya adalah mobil bekas. Oleh karena itu, Tips Membeli Mobil  yang ini sangat disarankan untuk mencari mobil umum dengan harga jual cukup tinggi agar ALovers bisa meminimalisasi kerugian kelak. kula juga menyarankan ALovers untuk memperhatikan tips membeli mobil baru di dealer agar ALovers memahami perbandingan harga mobil di pasaran. Harga jual yang stabil juga berarti mobil memang umum digunakan dan banyak dicari orang sehingga memudahkan ALovers untuk menawarkan mobil bekas pakai.