asuransi kendaraan bermotor

Kenali Asuransi kendaraan bermotor dan 5 Alasan kenapa Bisa Menyelamatkan ALovers

Ada banyak contoh Kasus Asuransi Kendaraan Bermotor yang dapat ALovers jadikan sebagai patokan ataupun contoh sebelum menggunakan layanan asuransi kendaraan bermotor itu sendiri. Namun sebelum memperhatikan bagaimana contoh kasus yang dimilikinya, akan lebih baik apabila ALovers mengenal berbagai jenis asuransi kendaraan bermotor itu sendiri terlebih dahulu, seperti halnya yang akan Kula jelaskan berikut ini.

Asuransi kendaraan bermotor itu bisa ALovers dapatkan apabila ALovers selaku pemilik kendaraan melakukan perjanjian dengan pihak layanan asuransi  untuk melakukan pembayaran iuran asuransi atau premi yang umumnya dilakukan dalam jangka waktu per tahun. Dari pembayaran iuran tersebut maka pihak asuransi pun wajib untuk memberikan jaminan bagi kendaraan yang ALovers miliki atau kendaraan yang telah ALovers asuransikan tersebut.

Jenis asuransi untuk kendaraan bermotor itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang tentunya berkaitan pula dengan contoh Kasus Asuransi Kendaraan Bermotor itu sendiri. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

Yang pertama adalah Asuransi Comprehensive / all risk. contoh polis asuransi kendaraan bermotor yang satu ini berkaitan dengan jenis pertanggung jawaban yang tentunya harus ditanggung oleh pihak penyedia asuransi pada kendaraan yang telah diasuransikan, bentuk jaminan yang diberikannya pun terdiri dari jaminan kerusakan ringan, hingga jenis kerusakan berat, termasuk jaminan akan kehilangan kendaraan. Apabila kendaraan yang ALovers miliki mengalami kerusakan walau sedikit, maka pihak asuransi motor tetap akan menanggung biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan.

Yang kedua adalah Asuransi TLO atau Total Loss only. Berbeda dengan jenis asuransi mobil di bagian atas tadi, untuk jenis asuransi yang satu ini umumnya hanya diberikan apabila terjadi kehilangan pada kendaraan yang telah diasuransikan  atau pun jaminan untuk kecelakaan dengan tingkat kerusakan parah hingga mencapai hitungan lebih dari 75% dari harga kendaraan itu sendiri.

Dengan kata lain, jenis asuransi Comprehensive atau all risk ini adalah jenis layanan asuransi yang umumnya digunakan pada kendaraan umum atau mobil penumpang,. Berbeda halnya dengan jenis asuransi TLO yang lebih banyak digunakan pada kendaraan angkutan barang atau bahkan sepeda motor. Karena itulah setiap bentuk hal yang berkaitan dengan bentuk kecelakaan, atau bahkan kerusakan yang diakibatkan oleh kedua hal tersebut pun tentunya masuk ke dalam contoh Kasus Asuransi Kendaraan Bermotor yang berbeda pula.

Anggapan asuransi hanya buang-buang uang saja masih dipegang teguh sebagian besar orang Indonesia. Pandangangan tentang asuransi kendaraan pun tidak jauh berbeda. Asuransi kendaraan bermotor dianggap pengeluaran tambahan yang semakin membebankan diluar biaya perawatan mobil dan pajak tahunan.

Biaya asuransi mobil memang terbilang relatif mahal. Namun, kalau dilihat dari sisi manfaatnya, biaya yang dikeluarkan tersebut akan menyelamatkan ALovers saat terjadi risiko kecelakaan. Coba bayangkan, ALovers sudah membeli mobil dengan harga ratusan juta Rupiah dan ingin mendapatkan yang terbaik. Sudah barang tentu ALovers butuh perlindungan berkelas juga untuk aset yang satu ini.

Supaya tidak terbawa dengan pandangangan yang salah, simak sejumlah alasan ALovers harus segera mengambil Asuransi kendaraan bermotor sekarang!

1. Penyelamat Aset ALovers

Bukan hanya harus digunakan dengan baik, ALovers pun harus merawatnya dengan baik. Membawanya rutin ke bengkel dan mengganti suku cadang yang sudah mulai rusak jadi salah satu cara supaya mobil ALovers tetap dalam kondisi prima. Namun, siapa yang tahu kapan risiko kecelakaan menimpa?

Di sinilah asuransi kendaraan berperan besar menjaga aset besar ALovers. Mobil ALovers akan terjaga dengan adanya asuransi kendaraan. Dengan adanya asuransi kendaraan, ALovers juga bisa merasa tenang dalam menjalankan aktivitas berkendara sehingga tidak perlu khawatir terhadap risiko yang bisa menimpa kendaraan ALovers di jalan.

2. Menjamin ALovers saat Terjadi Risiko

Bukan berarti kerusakan yang terjadi adalah kesalahan ALovers. Sebagus-bagusnya ALovers menyetir, risiko terjadinya kecelakaan bisa tetap terjadi lantaran kecerobohan dari pengemudi lainnya. Bisa juga kerusuhan dan bencana alam yang sama sekali tidak bisa diatur jadi penyebab kerusakan mobil. Kalau sudah begini, satu-satunya tempat mengadu hanya asuransi.

Produk dasar asuransi biasanya menjamin kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan. Dengan menambahkan perluasan pertanggungan, ALovers pun bisa mendapatkan perlindungan dari kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam dan kerusuhan.

3. Penyelamat Finansial saat Dibutuhkan

Jika tidak memiliki polis asuransi kendaraan, perawatan mobil bisa memakan uang jutaan rupiah dari kantong ALovers. Bahkan, terkadang ALovers bisa mengambil dana darurat yang ALovers siapkan untuk keperluan mendadak agar mengatasi masalah tersebut.

Akan tetapi, dengan memiliki polis asuransi kendaraan, finansial ALovers akan terselamatkan. Setidaknya, ALovers tidak perlu lagi mengeluarkan uang membayar biaya perbaikan. ALovers memang harus membuat pendanaan untuk membayar polis asuransi setiap bulan atau tahunnya. Namun, pengembalian yang akan ALovers dapatkan akan lebih besar saat terjadi risiko kecelakaan.

4. Asuransi Kendaraan Melindungi ALovers Juga

Buat apa mobil sehat kalau ALovers tidak? Karena itu, asuransi akan melindungi pengendaranya saat terjadi risiko kecelakaan dengan adanya perluasan jaminan Personal Accident. Dengan perluasan jaminan tersebut, jika ALovers mengalami kecelakaan, perawatan atau pengobatannya akan dijamin oleh pihak asuransi.

5. Membuat ALovers Nyaman Berkendara

Dengan melakukan perjanjian dan membayar polis asuransi, apalagi yang harus ALovers khawatirkan? Saat risiko kecelakaan terjadi, asuransi akan mengurusnya. Waktu bencana alam membuat mobil ALovers rusak, asuransi akan membantu ALovers membetulkannya kembali. Waktu ALovers berurusan dengan kendaraan pihak ketiga, asuransi pun akan siap membantu ALovers.

Setidaknya, satu masalah dalam hidup ALovers lebih ringan dengan keberadaan asuransi kendaraan. Berkendara dengan mobil kesayangan pun akan menjadi lebih nyaman. Berbagai fasilitas ini bisa ALovers dapatkan jika menggunakan perluasan jaminan.

Pada era digital ini pun, ALovers akan makin dimanjakan guna mengeksplor layanan asuransi kendaraan bermotor. Dan juga ALovers juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang peraturan ojk tentang asuransi kendaraan bermotor agar nantinya ALovers dapat mengambil salah satu produk asuransi kendaraan bermotor tersebut.