Biar Gak Kudet! ALovers Wajib Tahu Lebih Dalam 3 Jenis Pinjaman Bank Paling Sering Didengar.

Secara umum, ALovers dapat mengkatagorikan jenis pinjaman bank berdasarkan beberapa kategori, yaitu penggunaan pinjaman, jangka waktu pengembalian,sifat pelunasan dan lainya. Namun  ALovers mesti tahu jenis pinjaman yang paling populer diambil oleh banyak dari ALovers sekalian. 

Berikut 3 jenis pinjaman bank yang paling sering ALovers jumpai:

1. Kredit Pemilikan Rumah atau biasa disebut (KPR)pinjaman bank KPR

Jenis pinjaman ini adalah dikhususkan bagi ALovers yang menginginkan rumah dengan metode pembayaran kredit. KPR merupakan pinjaman bank dengan jangka panjang yang diberikan kepada ALovers yang khusus menginginkan pembelian rumah tinggal. Nah, melalui KPR ini, ALovers tidak perlu lagi susah payah untuk menabung bertahun-tahun atau menggunakan pinjaman online OJK yang sedang marak sekarang ini guna membeli rumah idaman ALovers. Jika berkaca pada aturannya, hunian yang akan ALovers beli nantinya akan dijadikan agunan dalam kontrak KPR tersebut. Jadi ALovers harus memikirkan matang matang untuk perluasan rumah ALovers apabila tidak ingin rumah ALovers di ambil oleh pihak bank apabila terjadi gagal bayar.

Pada umumnya KPR dapat membiayai pembelian rumah yang ALovers inginkan, baik itu rumah baru maupun rumah bekas. Atau bahkan Rumah yang sedang dalam konstruksi ataupun rumah yang sudah siap pakai, semua kategori rumah tersebut  sangat bisa untuk dibiayai dengan menggunakan KPR. Bahkan untuk beberapa pinjaman bank menawarkan beberapa variasi untuk KPR yang dapat ALovers gunakan. Yang dimaksudkan dengan variasi tersebut antara lain, kredit pemilikan apartemen (KPA), kredit ruko dan rukan. Yang menggunakan prinsip dan sistem yang sama dengan saat ALovers mengajukan KPR. Dan juga kalkulasi  bunganya juga dapat dikatakan sama dengan KPR. Namun di beberapa bank terdapat perbedaan dalam hal suku bunga , jangka waktu dan lainnya.  

Dalam cara kerja KPR, ALovers yang menginginkan membeli rumah dengan menggunakan pinjaman bank melalui KPR ini harus mempersiapkan sejumlah dana terlebih dahulu. Karena yang ALovers wajib ketahui adalah dana yang diberikan kepada ALovers dalam membeli sebuah hunian yang ALovers inginkan tidak sepenuhnya ditanggung oleh pihak bank. Biasanya setiap bank memiliki persentase yang berbeda beda dalam memberikan plafon kredit berdasarkan nominal harga rumah yang ALovers inginkan.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan merupakan pinjaman bank yang memiliki keunggulan tanpa menggunakan jaminan di setiap akadnya. Biasanya pinjaman jenis ini dapat ALovers gunakan sebagai pinjaman jangka pendek berupa uang tunai guna memenuhi kebutuhan mendesak ALovers. Sejalan dengan Namanya, kredit jenis ini tidak mewajibkan ALovers memberikan jaminan kepada pihak bank sebagai sebuah agunan dalam akadnya. Namun di sisi lain, ALovers juga harus berhati – hati dengan kemudahan tersebut. Karena dengan tidak adanya jaminan dari ALovers maka pihak bank dapat menempuh jalur hukum apabila ALovers melalaikan kewajiban ALovers.

Nah untuk besaran nominal pinjaman uang tunai yang diberikan oleh pihak pinjaman bank melalui  produk KTA tidak sebesar nominal yang diberikan untuk KPR. Rata rata limit yang diberikan bisa mencapai Rp 300 juta. Hal itu tentu dapat ALovers gunakan untuk berbagai kebutuhan. KTA ini juga dapat ALovers gunakan sebagai salah satu pinjaman bank yang dapat ALovers jadikan alternatif dari pinjaman online langsung cair tanpa ribet yang sedang marak saat ini.  Untuk jangka waktu KTA ini ALovers dapat mencicilnya selama 5 tahun dan proses pencairan yang dikatakan cepat berkisar antara satu minggu saja. Saran dari Kula, ALovers harus dapat memilih KTA bunga rendah agar ALovers dapat menggunakan dana tersebut secara nyaman dan aman.

Untuk cara kerjanya Setelah KTA ALovers dicairkan, ALovers wajib membayar angsuran KTA diwaktu yang telah ditetapkan setiap bulannya. ALovers juga akan diajak diskusi mengenai besaran angsuran dan bunga yang akan ALovers bayarkan setiap bulanya. Hal ini sudah sangat lumrah dilakukan oleh penyedia KTA terbaik. Saran dari Kula ALovers harus mencermati lagi betul betul dalam memilih KTA terbaik dan tentunya dengan KTA bunga paling rendah.

3. Kredit Mobilpinjaman bank kredit mobil

Pinjaman bank berikutnya yang tidak kalah familiar adalah Kredit Kendaraan Bermotor atau lebih umum dikenal sebagai kredit mobil. Pinjaman bank jenis ini  adalah pinjaman yang diberikan bank kepada ALovers yang menginginkan membeli sebuah mobil dengan secara kredit. Nah dengan hadirnya pinjaman bank jenis ini maka ALovers tidak lagi perlu bersusah payah mengumpulkan pundi pundi ALovers selama bertahun tahun.  Kredit mobil ini masuk kedalam golongan pinjaman bank jangka pendek dan persentase bunga yang dikatakan serupa dengan besaran bunga kTA. Umumnya waktu yang diberikan berkisar di waktu 5 tahun dan jumlah plafon yang tergantung dengan harga mobil yang ALovers inginkan.

Untuk jenis Mobil yang dapat dibiayai beragam macamnya. Pihak pinjaman bank ini  dapat membiayai mobil baru ataupun mobil bekas. Untuk perbedaan antara mobil bekas dan mobil baru hanya terjadi pada bunga yang ALovers harus bayarkan. Biasanya mobil bekas memiliki bunga yang tinggi karena resiko yang ditimbulkan juga tinggi. Nah ALovers wajib tahu nih, sama seperti halnya KPR maka kali ini mobil juga akan dijadikan aset yang dijaminkan yang membuat apabila terjadi kegagalan pelunasan kredit ALovers, maka pihak pinjaman bank tersebut  berhak mengambil alih dari kepemilikan mobil tersebut.

Besaran Suku bunga pinjaman mobil pada umumnya  serupa dengan besaran KTA, yaitu suku bunga yang flat dan juga bersifat tetap. Hal ini membuat bunga dihitung dari nilai pokok pinjaman yang ALovers gunakan dan persentase suku bunga yang tidak berubah dalam waktu tenor kredit mobil ALovers. Umumnya Jumlah suku bunga kredit mobil yang biasa ditawarkan oleh pihak pinjaman bank saat ini berada di rentang 5% – 14% per tahun