Pinjaman Uang Dadakan

Cari Pinjaman Uang Dadakan Nggak Ribet dengan 3 Solusi terbaik buat ALovers

Bank memang adalah tempat utama untuk bisa mendapatkan Pinjaman Uang Dadakan. Karena memiliki banyak program pinjaman atau kredit. Mulai dari Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Tanpa Agunan, dan jenis kredit lainnya. Kredit Tanpa Agunan biasanya menjadi produk kredit yang paling diminati masyarakat. Karena tidak perlu memberikan agunan apapun ke bank untuk bisa mendapatkan pinjaman untuk ALovers yang sedang butuh uang cepat.

Akan tetapi, biasanya persyaratan yang dimiliki perbankan untuk ALovers yang ingin mengajukan Pinjaman Uang Dadakan cukup rumit dan ketat. Karena bank memiliki prinsip prudent atau kehati-hatian dalam menyalurkan dana kredit. Persyaratan yang diminta biasanya berupa slip gaji, rekening tabungan 3 bulan terakhir, minimal pendapatan, NPWP, dan berbagai persyaratan lainnya. Sehingga tidak jarang banyak orang yang tidak bisa mengajukan pinjaman ke bank. Karena unbankable atau tidak memenuhi persyaratan kredit di bank.

Namun, apabila ALovers termasuk ke dalam orang yang unbankable ataupun tidak mau ribet dengan persyaratan yang ada di bank untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan, masih ada beberapa alternatif cara meminjam uang tanpa ke bank, antara lain:

1. Lembaga non bank seperti fintech

Alternatif utama untuk Pinjaman Uang Dadakan uang tanpa ke bank adalah dengan mengajukan pinjaman. Melalui aplikasi pinjaman online yang saat ini tengah marak.

ALovers bisa mengajukan pinjaman online melalui aplikasi teknologi finansial dengan cara sangat mudah dan cepat. Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman ke bank yang memerlukan persyaratan lebih detail. Karena prinsip kehati-hatian yang ada di perbankan.

Pinjaman melalui aplikasi pinjaman online bisa diajukan hanya dengan menggunakan aplikasi di telepon genggam. ALovers bisa melampirkan data diri berupa foto, KTP, dan identitas lainnya melalui aplikasi digital. Akan tetapi, karena proses pengajuan yang jauh lebih mudah dan cepat daripada pengajuan kredit di bank. Bunga cicilan pinjaman online juga lebih besar dibandingkan bunga kredit dari perbankan.

Pada saat mengajukan Pinjaman Uang Dadakan melalui aplikasi pinjaman online, hal yang perlu dipastikan pertama kali adalah status keabsahan dan legalitas dari aplikasi fintech pinjaman online  tersebut. Otoritas Jasa Keuangan telah mengumumkan hingga tanggal 31 Januari 2020 lalu, berdasarkan data dari Satuan Tugas Waspada Investasi OJK terdapat 120 entitas yang melakukan praktik pinjaman online langsung cair tanpa ribet secara ilegal dan tidak terdaftar di OJK.

Biasanya, aplikasi Pinjaman Uang Dadakan online ilegal tersebut melakukan operasi penawaran pinjaman melalui website, aplikasi, ataupun melalui pesan singkat kepada calon nasabahnya.

Oleh karena itu, jangan sampai sekalipun terjerat untuk mengajukan pinjaman melalui fintech aplikasi pinjaman yang ilegal. ALovers juga perlu memahami ragam biaya yang ada pada pinjaman online yang perlu ALovers cermati sebelumnya.

2. Pegadaian

Selain Pinjaman Uang Dadakan online, cara meminjam uang tanpa ke bank yang bisa dijadikan ALoverslan adalah dengan mengajukan pinjaman kepada Pegadaian saat membutuhkan dana yang mendesak untuk menjadi sumber uang tambahan ALovers. BUMN yang memiliki slogan mengatasi masalah tanpa masalah ini juga sudah lama menjadi kepercayaan masyarakat untuk bisa mendapatkan pendanaan karena risiko yang relatif ringan. Sementara proses pencairan dananya relatif cepat hanya sekitar 15 menit saja.

Apabila ingin mengajukan pinjaman melalui Pegadaian, ALovers perlu mempersiapkan barang maupun surat berharga sebagai agunan. Jangka waktu pinjamannya juga relatif pendek, hanya 4 bulan yang bisa diperpanjang kembali. Serta jangka waktu kredit paling lama adalah 36 bulan untuk jenis kredit tertentu. Yang membedakan pinjaman Pegadaian dengan pinjaman lainnya adalah Pegadaian tidak mengenal istilah bunga, yang ada adalah biaya sewa modal.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman dari Pegadaian ini juga relatif ringan dan mudah. Karena nasabah tidak perlu memiliki rekening, giro, ataupun persyaratan lainnya sebagaimana disyaratkan oleh bank untuk nasabah yang ingin mendapatkan Pinjaman Uang Dadakan.

Oleh karena itu, pembayaran cicilan di Pegadaian tiap bulannya tidak tetap, karena menyesuaikan kemampuan debitur. Sehingga sangat memudahkan dalam pembayaran cicilan tanpa mempengaruhi kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan lainnya.

Keuntungan lain dari pengajuan kredit di Pegadaian adalah biaya sewa modal atau bunga yang dibebankan kepada nasabah itu akan semakin mengecil dengan memperhitungkan sisa pinjaman yang ada. Semakin sedikit sisa pinjaman, maka bunga yang dibebankan juga semakin kecil.

3. Pinjam dana ke teman dekat atau saudara

Apabila ALovers enggan mengajukan pinjaman ke pinjaman online karena bunga besar ataupun ke Pegadaian karena perlu memberikan jaminan barang ataupun surat berharga, ALovers bisa coba mengajukan pinjaman ke kerabat dekat seperti saudara ataupun teman untuk mendapatkan dana pinjaman dadakan.

ALovers hanya memerlukan kepercayaan dari kerabat untuk bisa mendapatkan dana pinjaman, tanpa perlu ada persyaratan khusus yang rumit seperti persyaratan administrasi dan sebagainya.

Dengan meminjam uang ke kerabat juga tidak perlu ada biaya bunga yang harus dibayarkan seperti Pinjaman Uang Dadakan ataupun kredit yang berasal dari lembaga keuangan. Tenor kredit juga bisa didiskusikan dan dibicarakan baik-baik, sesuai kesepakatan kedua pihak.

Hanya saja, pinjaman uang dari kerabat memiliki risiko yang sangat besar, yakni rusaknya hubungan kekerabatan apabila ada komitmen yang dilanggar ataupun tidak adanya rasa tanggung jawab dari peminjam uang untuk mengembalikan pinjaman.

Oleh karena itu, jangan sampai mengorbankan hubungan baik dan kekerabatan hanya karena ketidakdisiplinan dan tidak adanya komitmen untuk mengembalikan pinjaman yang sudah diberikan oleh kerabat dengan rasa percaya kepadamu.

Hampir setiap orang memiliki masalah keuangan. Sehingga tidak jarang membutuhkan pinjaman dana dari pihak lain. Apabila ALovers tidak memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman ke bank, maka tempat-tempat yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi alternatif sumber pinjaman terbaik.

Sebelum mengajukan kredit, ALovers perlu mempertimbangkan dengan matang jumlah pinjaman yang akan diajukan, tempat pengajuan pinjaman, serta harus bisa mengukur kapasitas dan kemampuan diri dalam membayar ataupun mengembalikan pinjaman tersebut.

Setiap pilihan tempat mengajukan Pinjaman Uang Dadakan yang telah dipaparkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, carilah tempat pengajuan kredit yang sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan. Jangan sampai pinjaman ataupun kredit tersebut bukannya mempermudah masalah keuanganmu, namun justru semakin memperburuk kondisi finansialmu setelah pinjaman dicairkan.

Hal yang paling baik yang dapat ALovers lakukan pada dasarnya adalah dengan memisahkan sedikit dari pemasukan yang ALovers dapatkan. Pastinya guna ditabung yang dapat ALovers jadikan simpanan untuk kebutuhan mendadak. Dan juga ALovers harus lebih bijak dalam mengatur keuangan ALovers agar tidak lagi memerlukan pinjaman uang dadakan untuk kebutuhan mendesak.