Cara mengatasi laptop lemot

Pekerja Kantoran Wajib Tahu! 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Biar Kerja Jadi Produktif Lagi!

Di pembahasan kali ini, Kula ingin memberi tahu cara mengatasi laptop lemot biar performanya bisa ngebut lagi, bukankah menyebalkan sekali saat sedang enak browsing atau kerja, performa laptop kamu jadi lambat?

Kula yakin banget, di semua aspek pekerjaan dan hiburan, dari instansi sampai pekerja lepas, pasti rata-rata memakai laptop sebagai sarana penunjang melakukan pekerjaan, seperti menulis artikel, konten hingga desain gambar dan edit video.

Namun ALovers harus tahu kalau laptop, biarpun sudah dilengkapi memori besar dan layar dengan grafis HD, ternyata masih bisa lemot juga. Aneh kan? Nah.. Kali ini ALovers bakal membedah kenapa laptop jadi lemot dan gimana cara biar bisa ngebut lagi performanya.

Laptop ALovers lemot karena :

1. Harddisk di Laptop Jadul

Bisa jadi kenapa laptop lemot karena harddisk di laptop ALovers dah kelewat tua alias sudah lama. Harddisk juga bisa mempengaruhi kinerja laptop.

2. Isi Harddisk Penuh

Selain itu, laptop jadi lemot mungkin data yang ada di harddisk kebanyakan, kalau harddisk hampir penuh, sekiranya sampai 95 persen, sudah pasti nantinya jadi lemot. Mungkin ALovers ada install game online? Coba di uninstall dulu biar jadi kenceng lagi.

3. Add-Ons yang Kebanyakan

Periksa browser internet ALovers, apakah kamu memasang add-ons sampai melebihi batas wajar? Bisa jadi ini penyebab laptop kamu jadi lemot saat browsing internet. Jadi baiknya pasang add-ons yang seperlunya saja.

4. Aplikasi yang dibuka terlalu banyak

Salah satu permasalahan laptop lambat, mungkin karena membuka aplikasi yang banyak disaat bersamaan, ini juga mempengaruhi kinerja laptop jadi lemot, karena ukuran RAM yang terbatas.

5. Laptop kena Virus

Apakah laptop ALovers sudah terpasang Antivirus? Salah satu cara mempercepat kinerja laptop kembali adalah coba lakukan scanning menyeluruh di laptop sekarang juga, soalnya jika ada virus di perangkat apapun, bisa bikin lambat kinerja, bahkan rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Makanya ALovers wajib periksa saat mendapatkan file, dari download di internet atau lewat USB

6. RAM di Laptop Ukurannya Kecil

Jika RAM di laptop dirasa terlalu kecil dan sering menghambat produktifitas kamu, langsung aja ganti ke ukuran yang lebih besar. Makin besar RAM yang dipasang, performa di laptop ALovers pun makin tokcer performanya.

Jika ALovers mengalami hal-hal seperti di atas, Kula bakal ngasih tahu cara-cara biar laptop kamu kencang lagi, dan pastinya gak ribet buat dilakukan!

Ini dia nih cara mengatasi laptop lemot versi Akulaku!

cara mengatasi laptop lemot
mengatasi laptop lemot

1. Langsung Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama ALovers dapat lakukan adalah dengan menginstall aplikasi tak penting.Kebanyakan aplikasi di laptop tidak bagus juga loh, ALovers. Apalagi aplikasinya jarang digunakan, coba uninstall beberapa dan yang kamu anggap tidak penting lagi, pasti sistem drive bakalan lancar lagi dan harddisk akan membaca lebih cepat sistem di laptop

2. Ganti Harddisk dengan SSD

Kalau permasalahan yang terjadi ada di harddisk-nya, mungkin cara mengatasi laptop lemot yang dapat ALovers ambil adalah menggantinya ke Solid State Drive (SSD) yang pastinya performa nya lebih ngebut. Loh? Perbedaannya apa ya antara Harddisk biasa dengan SSD? Yang jelas selain performanya, proses boating nya nanti bakal cepat dan responsive. Disarankan jika ingin mengganti ke versi SDD, kamu memiliki dana yang cukup banyak karena harganya cukup mahal di pasaran. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menangani cara mengatasi laptop lemot.

3. Tambah Kapasitas RAM

Salah satu cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah ALovers bisa juga melakukan penambahan kapasitas RAM, sebagai salah satu solusi alternatif untuk upgrade di laptop. Pabrikan laptop biasanya membekali RAM di laptop dari 2 – 4 GB, dan untuk kamu yang biasanya memiliki pekerjaan dengan intensitas tinggi, sekiranya 8 GB saja sudah cukup

4. Hardware harus dirawat dengan secara berkala

Hardware merupakan salahs satu cara mengatasi laptop lemot juga ALovers. Performa laptop nggak bakal bisa tetap ngebut, kalau kamu nggak melakukan service berkala. Kalau sepeda motor aja setiap bulan ALovers rajin service, laptop kamu seharusnya juga dong. Bedanya, kalau laptop, perawatan berkalanya cukup setahun sekali.

Untuk pemeliharaannya, dimulai dari pembersihan kipas, motherboard hingga penggantian thermal paste di mesin prosesor laptop

5. Pakai Cooling Pad

Menggunakan cooling pad di laptop fungsinya memberi kesejukan agar tidak cepat panas, biasanya kalau sudah terlalu panas, laptop akan sering remot, dan yang paling parah, laptop bisa force shut down (mati sendiri) dengan sendirinya

6. Rutin melakukan full scan dengan Antivirus

Salah satu penyebab sering terjadinya laptop yang lambat dikarenakan adanya virus dan malware.
Virus bisa membuat kerja laptop menjadi berat dan cepat panas pada prosesor, dan pada akhirnya akan lemot dengan sendirinya. Makanya ALovers jangan lupa install software antivirus di laptop

Software Virus sudah sangat banyak digunakan, dari gratis maupun berbayar, dan Kula saranin kamu cukup 4 atau 5 hari sekali melakukan scanning. Cara mengatasi leptop lemot kali ini adalah dengan cara jangan pernah lupa juga Antivirus nya selalu diupdate, jika muncul notifikasi untuk meng-update software, agar antivirus di laptop kamu memiliki database apa saja virus-virus terbaru saat ini. Ini salah satu cara mengatasi laptop lemot kamu ALovers.

7. Pakai Software Booster

Jika menjalankan sebuah software masih terasa lemot dan tidak maksimal, Kula punya tips lainnya nih, seperti install software pendukung kinerja alias booster, seperti CCleaner dan Advance System Care

Software booster ini nantinya akan memaksimalkan kinerja laptop dengan mengoptimalisasi, seperti menghapus history browser, cookies dan cache, recycle bin dan sistem-sistem lainnya yang mempengaruhi kerja laptop.

8. Mungkin Melakukan Install Ulang pada Laptop ALovers (?)

Salah satu penyebab laptop lambat juga ada di OS Windows kamu loh, ALovers. Kejadian ini bisa ditemukan jika permasalahan ini dikarenakan setelah melakukan update windows. Jika sudah begini, ada baiknya ALovers melakukan instalasi ulang sistem operasi pada laptop. Cara mengatasi laptop lemot ini bisa dengan install ulang laptop kamu ALovers.

Sekian dulu tips dan trik dari Kula tentang cara mengatasi laptop lemot, rata-rata solusinya sama seperti cara mengatasi laptop lemot kalau laptop ALovers masih lemot juga setelah melakukan solusi semua diatas? Sudah saatnya ALovers membeli atau menukar dengan laptop baru, Yuk check berbagai macam jenis laptop terbaik disini.