Cara Menagih Hutang

Cara Menagih Hutang Pada Teman yang Tidak Mau Membayar agar sama sama senang!

Berbicara soal utang, ALovers pasti setuju bahwa bagian yang tersulit adalah menagih pada orang lain. Nah, pasti banyak dari ALovers yang merasakan betapa jengkelnya menagih hutang ke teman dan teman ALovers enggan membayar hutang tersebut dan pusing memikirkan bagaimana Cara Menagih Hutang yang tepat agar sama sama menguntungkan. mungkin sebagian besar dari ALovers pasti merasa benci dengan orang orang macam tersebut. Oleh karena itu, ALovers mungkin akan sepakat jika menagih hutang adalah sesuatu yang sangat sulit untuk ALovers lakukan.

Kita pasti sepakat bahwa utang memang problem kita sehari-hari. Dan sepertinya istilah ini berlaku di mana pun, bagi siapa pun. Ujung-ujungnya jika orang yang ngutang susah bayar, ALovers jadi segan untuk menjaganya. Sampai sampai ALovers bingung dan mencari cara dari mulai cara menagih hutang lewat telepon yang mungkin mudah ALovers lakukan hingga cara menagih hutang yang efektif agar hutang tersebut segera di bayarkan dan di lunaskan

Namun, tenang saja, berikut ini kula akan kasih beberapa panduan cara menagih hutang yang cukup ampuh membuat si pengutang merasa tertohok dan segera sadar untuk membayar utangnya. Yuk simak!

1. Coba tagih secara halus

Urusan utang, mungkin ada beberapa tipe orang di dunia ini. Salah satunya adalah orang yang segan dan gak berani menagih hutang ke orang lain. Ya, problem ini mungkin akan menimpa siapa saja. Gak jarang orang yang dipinjemin duit lebih galak dari yang minjemin. Akibatnya, si pemberi hutang malah nyerah duluan dan bingung cara menagih hutang yang baik dan benar yang mesti ALovers lakukan . ALovers nyerah? Jangan deh!

Nah, sudah saatnya ALovers memberanikan diri untuk memiliki hak mu kembali. Cara Menagih Hutang dapat ALovers lakukan dengan cara Tagih uangmu dengan cara halus tanpa harus membuat saudara, teman atau kerabatmu murka saat ditagih. ALovers bisa bikin beberapa alasan kenapa ALovers butuh banget duit yang ALovers pinjamkan.

Contoh yang dapat ALovers lakukan dalam Cara Menagih Hutang antara lain :  Bro/sis, maaf nih. Saya lagi butuh uang banget. Bisa gak dalam waktu dekat uang yang saya pinjamkan ke ALovers dibalikin. Soalnya buat saya gunakan untuk bayar keperluan mendesak lainnya dan sebagainya.

Dengan cara menagih hutang halus di seperti di atas, orang yang ngutang mungkin akan merasakan bahwa ALovers benar-benar membutuhkan uangnya. Dengan begitu, si penghutang akan mengusahakan untuk membayar hutangmu.

2. Keluarkan jurus sindiran maut

Urusan utang memang benar-benar sensitif. Kalau di antara dua pihak yakni si pengutang atau si pemberi hutang gak sabar atau gak bisa menahan emosi, maka mungkin ‘perang dunia ketiga’ akan terjadi.

Jika cara menagih hutang yang baik dan efektif dengan cara menagih secara halus ALovers masih sulit untuk melakukannya, maka ALovers bisa keluarkan jurus sindiran maut agar si penghutang merasa tertagih dan sadar akan kewajibannya untuk membayar hutangmu. ALovers dapat membuat sindiran melalui sosial media yang akan semakin membuat si pengutang makin merasa tidak nyaman.

Selain bikin sindiran di media sosial seperti di atas, ALovers juga bisa bilang langsung ke si pengutang baik secara lisan maupun melalui chat pesan. Misalnya: Bro/sis, aku boleh pinjem duit gak? Lagi butuh nih. Gak gede-gede amat sih, sebesar uang yang ALovers pinjem deh.

Nah, beberapa contoh di atas mungkin bisa ALovers praktikan di ‘lapangan’ saat ALovers tagih hutangmu. Namun, ALovers bisa mengembangkan cara menagih hutang dengan jurus sindiran lain tentunya yang benar-benar bisa bikin si pengutang ‘menyerah’ dan segera membayar hutangmu.

3. Bersikap tegas tapi jangan sampai ngegas

Satu cara menagih hutang yang paling heroik adalah secara terang-terangan ALovers bilang ke si pengutang untuk segera membayarkan hutangnya sesuai janjinya. ALovers bisa bilang langsung ke si pengutang: Bro/sis kapan nih mau bayar utang. Saya lagi butuh banget nih. Mohon dibayar segera ya.

Contoh menagih di atas adalah to the point tanpa tedeng aling-aling. Saat ALovers menagih hutang secara langsung seperti ini, mungkin si pengutang akan ‘kocar-kacir’ dan segera membayar hutangmu. Intinya sih, semakin ALovers rajin menagih hutang ke orang yang ALovers pinjemin, maka akan semakin dia merasa bertanggung jawab dan membayarkan hutangnya.

Sebaliknya, semakin ALovers malas menagih utang atau hak ALovers, maka si pengutang akan semakin malas dan lupa membayar kewajibannya. So, beranikan dirimu untuk menagih hutang bagaimana pun caranya.

4. Minta Tolong Sahabat

Nah jika teman ALovers masih belum membayar juga, ALovers bisa meminta tolong kepada sahabat ALovers yang menjadi pihak ketiga tadi untuk berbicara kepada teman ALovers yang meminjam uang. Sahabat tadi bisa bercerita kepada sang teman bahwa ALovers benar-benar sedang memerlukan uang untuk membiayai sekolah anak atau lainnya, sehingga akan sangat baik jika sang teman membayar hutangnya.

5. Bikin Perjanjian Bermaterai

Surat bermaterai memang sebaiknya dibuat pada saat awal sang teman meminjam uang. Namun jika ALovers tidak melakukan hal tersebut karena terlanjur percaya kepada sang teman dan ternyata ia tak kunjung membayar, ALovers bisa menghampirinya secara baik-baik, dan memberikan tenggat waktu baru lagi kepadanya. Hal ini dapat ALovers lakukan apabila ALovers enggan untuk banyak bicara layaknya cara menagih hutang ke customer yang sering dilakukan oleh perusahaan pinjaman online.

Tenggat waktu baru tersebut bisa seminggu kemudian atau sebulan kemudian, namun kali ini mintalah ia untuk menandatangani surat pernyataan tenggat waktu yang baru diatas MATERAI. Tentu saja surat tersebut telah ALovers siapkan sedemikian sehingga ia tinggal menandatanganinya saja. Sehingga ia mengerti bahwa ALovers benar-benar serius dalam cara menagih hutang ALovers dan perjanjian tersebut terikat hukum.